Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.907 views

Singapura Tangkap Remaja Kristen Yang Berencana Serang Masjid Seperti Di Christchurch

SINGAPURA (voa-islam.com) - Singapura telah menahan seorang anak berusia 16 tahun karena berniat menyerang dua masjid, rencana yang menurut pihak berwenang terinspirasi oleh pembunuhan jemaah Muslim di Christchurch, Selandia Baru pada Maret 2019.

Bocah itu, seorang Kristen etnis India yang tidak disebutkan namanya, telah membeli rompi taktis secara online dan juga bermaksud untuk membeli parang pada saat penangkapannya pada bulan Desember, Departemen Keamanan Dalam Negeri (ISD) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (26/1/2021).

Dia telah melakukan pengintaian terhadap masjid-masjid di dekat rumahnya, dimaksudkan untuk menyiarkan langsung serangannya dan menyiapkan pernyataan yang merujuk penyerang Christchurch Brenton Tarrant yang menjalani hukuman penjara seumur hidup karena membunuh 51 jemaah Muslim dan melukai puluhan lainnya pada 15 Maret 2019.

"Dia hanya bisa meramalkan dua hasil dari rencananya: bahwa dia ditangkap sebelum dia dapat melakukan serangan, atau dia melaksanakan rencananya dan kemudian dibunuh oleh Polisi," kata ISD, menambahkan dia berencana untuk melakukan serangan pada peringatan pembantaian Christchurch.

Undang-Undang Keamanan Internal

Bocah itu adalah orang termuda yang ditahan berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri era kolonial Singapura, yang memungkinkan pihak berwenang untuk menahan siapa pun yang dianggap sebagai ancaman keamanan hingga dua tahun.

Belum jelas berapa lama remaja berusia 16 tahun itu akan ditahan. Menteri Dalam Negeri K Shanmugam mengatakan pada hari Rabu bahwa dia akan diberikan konseling psikologis dan akan dapat melanjutkan pendidikannya selama dalam penahanan tetapi tidak akan menghadapi tuntutan pidana.

“Bisa dikatakan di pengadilan, bahwa dia hanya memikirkannya. Dia sudah merencanakannya, tapi dia belum benar-benar mengambil langkah.

Jadi, di banyak negara, tanpa undang-undang yang mirip dengan Internal Security Act, Anda tidak dapat bergerak lebih awal sampai ada tindakan persiapan lebih lanjut," klaim Shanmugam kepada penyiar lokal ChannelNewsAsia.

Kasus pertama ekstremis sayap kanan

Menteri Dalam Negeri K Shanmugam juga mengatakan hal itu mengkhawatirkan karena ini menandai kasus pertama ekstremis sayap kanan yang menargetkan Muslim di negara kecil Asia Tenggara itu.

Pihak berwenang mengatakan remaja tersebut akan menjalani proses rehabilitasi yang melibatkan konseling agama, psikologis dan sosial.

Memberikan perincian lebih lanjut, pernyataan departemen itu mengatakan remaja itu telah menjajaki berbagai opsi, termasuk mendapatkan senjata api secara online, membuat bom dan menggunakan bensin untuk menyiram masjid. Dia kemudian memutuskan untuk menggunakan parang dan telah mempelajari cara memotong arteri utama para korbannya.

Salah satu pernyataan yang dia siapkan mengacu pada serangan yang direncanakannya sebagai "pembantaian", "tindakan balas dendam" dan "seruan untuk perang" melawan Islam, kata pihak berwenang.

Yang lainnya adalah manifesto yang mirip dengan yang ditulis oleh pria bersenjata Christchurch, yang oleh remaja itu disebut sebagai "orang suci".

Departemen itu mengatakan remaja itu siap mati selama serangan itu.

Departemen tersebut mengatakan bahwa keluarga remaja dan orang lain yang dekat dengannya tidak tahu tentang rencananya atau kebenciannya terhadap Islam.

“Kasus ini sekali lagi menunjukkan bahwa ide-ide ekstrim dapat menemukan resonansi di antara dan meradikalisasi orang Singapura, tanpa memandang ras atau agama,” kata departemen itu. (TRT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X