Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.414 views

Brigade Al-Qassam Terbitkan Publikasi 'Evolusi Taktik Militer' Terbaru Untuk Melawan Israel

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Sayap militer gerakan Hamas, Brigade Izzuddine al-Qassam, baru-baru ini menerbitkan pernyataan tentang "evolusi taktik militer" termasuk "pengembangan dan akumulasi kekuatan sejak 2006." Publikasi ini memungkinkan sekilas melihat kemampuan militer yang berkembang dari kelompok militan yang telah mendapat banyak manfaat dari dukungan militer Iran.

Terowongan

Kelompok itu merinci operasi bawah tanahnya dengan mengatakan telah menggali terowongan sepanjang puluhan kilometer sejak 2006. Terowongan ofensif dan pertahanan juga digali berisi ruang komando dan kontrol yang memungkinkan kelompok itu untuk secara efisien mengarahkan serangan dari posisi yang dilindungi. Terowongan ofensif digunakan untuk meluncurkan operasi infiltrasi di dalam wilayah Israel yang menghasilkan beberapa serangan yang berhasil. Beberapa operasi yang dicatat termasuk penculikan Gilad Shalit pada tahun 2006 dan serangan mendadak terhadap pos IDF di dekat Nahal Oz pada tahun 2014.

Operasi Tawanan

Menyoroti upaya gigih kelompok perlawanan Palestina itu untuk meniru keberhasilan penculikan Gilad Shalit, total 27 operasi telah diluncurkan untuk menangkap tentara IDF untuk memaksa Israel melepaskan pejuang Palestina yang menjalani hukuman penjara yang lama karena tindakan terorisme.

Pada tahun 2014, Hamas berhasil menangkap mayat tentara IDF Oron Shaul dan Hadar Golden selama Operation Protective Edge. Kelompok itu juga menyebutkan penangkapan warga Israel Avraham Mengistu dan Hisham al-Sayed sebagai operasi yang berhasil.

Komando Angkatan Laut

Kelompok itu mencatat operasi angkatan lautnya yang paling sukses yang terjadi pada tahun 2014 ketika sekelompok komando angkatan laut Brigade Izzuddine Al-Qassam menyusup ke wilayah Israel di dekat kota Ashkelon di Israel selatan. Semua kecuali satu dari pasukan komando tewas saat mereka melawan pasukan udara IDF, angkatan laut dan darat menangkis infiltrasi tersebut.

Brigade Al-Qassam lebih lanjut menekankan bahwa unit maritimnya terus dilatih untuk operasi lebih lanjut dalam konflik di masa depan dengan Israel.

Taktik Tempur

Brigade Al-Qassam mengatakan bahwa mereka telah mengalami "lompatan kuantum" dalam operasi yang dapat dilakukannya terhadap Israel sejak 2006. Kelompok itu juga mengatakan bahwa para pejuangnya sering beroperasi dengan "cara yang terdesentralisasi" dengan "senjata dan metode sederhana.”

Selain itu, kelompok tersebut menganggap dirinya sebagai "tentara reguler" karena "puluhan ribu senjata dan berbagai variasi tempur yang pekerjaannya didasarkan pada taktik [militer] yang canggih."

IDF Memegang Keuntungan Besar Meskipun Ada Kemajuan Militer Brigade Al-Qassam

Kemajuan militer yang disorot dalam publikasi itu luar biasa dan itu tanpa menyebutkan persenjataan yang luas dari roket jarak pendek hingga jarak jauh, termasuk pengembangan berkelanjutan dari teknologi drone yang dipersenjatai.

Kelompok pejuang Palestina, terutama Brigade al-Qassam, tidak malu-malu memuji secara terbuka Iran dan mantan kepala Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC), Qasem Soleimani, atas keterlibatan mereka dalam transfer senjata dan pengetahuan militer. Sangat diragukan bahwa Brigade Al-Qassam dan berbagai mitranya di Jalur Gaza akan maju secara drastis secara militer jika bukan karena dukungan Iran.

Namun, untuk semua kemajuan Brigade al-Qassam yang disebut-sebut dalam publikasinya, IDF telah berhasil menangkalnya dengan sarana teknologi dan pelatihan militer berkelanjutan.

Ancaman terowongan di dalam wilayah Israel telah ditiadakan dengan penyelesaian baru-baru ini dari penghalang terowongan bawah tanah dan pagar keamanan di perbatasan Gaza-Israel. Dengan sensor canggih, penghalang mendeteksi dan mencegah penggalian terowongan ke Israel.

Ancaman serangan angkatan laut juga telah diatasi ketika Kementerian Pertahanan Israel menyelesaikan penghalang laut di lepas perbatasan utara Gaza. Penghalang tersebut dilaporkan memiliki tinggi 20 kaki, panjang 200 meter dan dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi aktivitas seismik.

Kemampuan canggih yang dapat dikumpulkan Brigade al-Qassam sangat mengesankan mengingat Jalur Gaza telah berada di bawah blokade militer selama hampir 15 tahun. Kecil kemungkinannya itu akan dapat mencapai kesuksesannya tanpa dukungan besar dari Iran dan mantan jendralnya yang terkenal Qasem Soleimani. Tetapi IDF terus memiliki keuntungan yang cukup besar dari militer yang berfungsi penuh dengan kemampuan dan teknologi terbaru yang terus memberinya keuntungan besar dalam konflik di masa depan dengan kelompok militan tersebut. (TLWJ)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X