Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.794 views

Pejabat Qatar Dan Saudi Bantah Negara Mereka Akan Menormalisasi Hubungan Dengan Israel

DOHA / RIYADH (voa-islam.com) - Pejabat Qatar dan Saudi saat ini dan sebelumnya telah membantah klaim bahwa mereka berencana untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel di tengah spekulasi yang dipicu oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjelang pemilihan hari Selasa (24/3/2023).

Netanyahu telah menyatakan empat negara hampir menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Menteri intelijen negara itu kemudian menyebut Arab Saudi dan Qatar di antara keempatnya.

Pejabat tinggi dari kedua negara Teluk membantah mereka sedang mempertimbangkan normalisasi.

Selama akhir pekan, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir mengatakan bahwa Riyadh tidak akan menjalin hubungan formal dengan Israel sampai kesepakatan dengan Palestina ditemukan.

Edisi-Opini yang ditulis oleh mantan penasihat pemerintah Saudi untuk surat kabar Palestina pada hari Senin mengambil kalimat serupa, mengatakan bahwa Riyadh tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel sampai negara Palestina didirikan.

Nawaf Obaid, yang menulis komentar di surat kabar Al-Quds, mengklaim pandangannya mewakili pandangan Putra Mahkota dan penguasa de facto Saudi Mohammed bin Salman.

Pada hari Ahad, seorang pejabat kementerian luar negeri Qatar, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Doha juga akan membutuhkan perjanjian perdamaian Israel-Palestina sebelum menjalin hubungan dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani tahun lalu menggambarkan upaya normalisasi sebagai "merusak" kenegaraan Palestina.

"Saya pikir lebih baik memiliki front persatuan (Arab) untuk menempatkan kepentingan Palestina (pertama) untuk mengakhiri pendudukan (Israel)," katanya.

Kemarahan pemilu

Perdana Menteri Israel Netanyahu secara luas dipandang berusaha menggunakan kemenangan diplomatiknya baru-baru ini untuk memenangkan pemilih yang gagal memberinya suara mayoritas yang jelas dalam tiga pemilihan sebelumnya selama dua tahun terakhir.

UEA dan Bahrain - keduanya sekutu Arab Saudi - setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel tahun lalu sebagai bagian dari perjanjian yang ditengahi oleh pemerintahan Trump. Maroko dan Sudan kemudian bergabung dengan inisiatif tersebut.

Namun, Abu Dhabi menolak upaya untuk melibatkan UEA dalam kampanye pemilu Israel.

Kunjungan yang direncanakan oleh Netanyahu ke negara Teluk itu secara luas ditafsirkan sebagai bagian dari kampanye pemilihan pemimpin Likud, meskipun perjalanan itu dibatalkan karena pertengkaran diplomatik dengan Yordania.

Anwar Gargash, mantan menteri luar negeri Emirat dan penasihat utama presiden, mengklaim negaranya tidak akan ambil bagian dalam "pemilihan internal di Israel, sekarang atau selamanya".

"UEA menandatangani Kesepakatan untuk harapan dan peluang yang mereka berikan kepada rakyat kami, bukan pemimpin individu," kata seorang pejabat Emirat kepada CNN pekan lalu.

"Mempersonalisasi dan mempolitisasi Persetujuan dengan cara ini merendahkan pencapaian bersejarah. UEA tidak akan menempuh jalan itu," klaim pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.

Sebagian besar negara Arab dan mayoritas Muslim secara historis menahan diri dari membangun hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Israel karena solidaritas dengan Palestina.

Kesepakatan yang ditengahi AS antara Israel dan negara-negara Arab telah ditanggapi dengan protes di seluruh dunia. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X