Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.933 views

Hamas Tolak Upaya Untuk Mengaitkan Gencatan Senjata Dengan Pertukaran Tahanan

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Hamas pada hari Senin (31/5/2021) mengatakan bahwa mereka akan menolak setiap upaya oleh Israel untuk menghubungkan rekonstruksi Gaza dengan masalah tahanan Israel yang ditahan oleh Hamas.

Mesir sebelumnya memberi tahu Hamas bahwa Israel akan menghubungkan setiap negosiasi untuk gencatan senjata jangka panjang di Gaza dengan pertukaran tahanan.

Hamas saat ini menahan dua tentara Israel. Dikatakan bahwa mereka masih hidup tetapi Israel bersikeras bahwa mereka sudah mati dan menuntut pengembalian jenazah mereka.

Mereka juga menahan dua warga Israel lainnya yang menyeberang ke Jalur Gaza, salah satunya berasal dari Palestina, sementara lebih dari 4.000 tahanan Palestina ditahan di penjara-penjara Israel.

Israel melancarkan serangan mematikan selama 11 hari di Jalur Gaza pada 10 Mei dan Mesir saat ini sedang menengahi upaya untuk memastikan bahwa gencatan senjata saat ini antara kedua belah pihak berubah menjadi gencatan senjata jangka panjang.

Namun, Khalil al-Haya, anggota biro politik Hamas, bersikeras bahwa masalah pertukaran tahanan tidak boleh dikaitkan dengan gencatan senjata.

 “Kami tidak menerima tautan apa pun. Kami membuat kemajuan dalam pertemuan [tentang masalah tahanan] sebelum serangan, tetapi pendudukan [Israel] belum serius tentang ini sampai sekarang,” katanya di Gaza setelah pertemuan dengan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel, yang mengunjungi wilayah Palestina.

"Jika mereka serius tentang ini, kami dapat melanjutkannya dengan cepat," tambahnya.

Tapi Yahya Sinwar, kepala sayap politik Hamas mengatakan kepada AFP bahwa kelompok itu "tidak keberatan" untuk pembicaraan tentang rekonstruksi dan diakhirinya pengepungan Israel selama satu dekade di Gaza "bergerak maju secara paralel" dengan negosiasi pertukaran tahanan.

"Namun, kami menolak mentah-mentah adanya keterkaitan antara kedua aspek tersebut," tambahnya.

Sinwar optimis pertukaran tahanan bisa dinegosiasikan.

"Sekarang ada peluang nyata untuk memajukan file ini. Kami siap untuk negosiasi tidak langsung, mendesak dan cepat untuk menyelesaikan kasus ini."

Al-Haya mengatakan bahwa Hamas dan delegasi Mesir yang dipimpin oleh Kamel telah membahas penghentian serangan Israel di Gaza, Yerusalem, dan "semua wilayah Palestina lainnya", menurut situs berita Arab Arabi 21.

Serangan Israel di Gaza dimulai setelah Hamas meluncurkan roket ke Israel sebagai tanggapan atas serangan pasukan keamanan Israel terhadap jamaah Palestina di Masjid Al-Aqsa, yang melukai ratusan orang dan juga penggusuran .

Jalur Gaza telah berada di bawah pengepungan yang melumpuhkan oleh Israel selama 15 tahun terakhir dan al-Haya mengatakan bahwa dia telah membahas pencabutan pengepungan dengan para pejabat Mesir, serta upaya untuk mencapai kesepakatan antara Hamas dan kelompok saingannya, Fatah, faksi Palestina yang dominan di Tepi Barat.

Al-Haya mengatakan bahwa para pejabat Mesir telah setuju bahwa rekonstruksi Jalur Gaza harus dilakukan dengan cepat, dengan rumah, menara, dan infrastruktur yang dihancurkan oleh Israel dibangun kembali dengan cepat.

“Kami menegaskan kembali peran Mesir dan hubungan bilateral antara kami dan Mesir. Kami memiliki hubungan strategis dengan Mesir dan memainkan peran besar dalam mendukung rakyat Palestina, ”katanya.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi baru-baru ini mengirim bantuan ke Gaza dan menjanjikan $500 juta untuk rekonstruksi wilayah itu, tetapi hubungan antara pemerintah Sisi, yang berkuasa setelah kudeta militer 2013, dan Hamas telah tegang dalam beberapa tahun terakhir.

Sisi menggulingkan mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi, seorang anggota Ikhwanul Muslimin, dalam kudeta 2013 dan Mesir menganggap Hamas sebagai cabang dari Ikhwanul Muslimin, memasukkan kelompok itu ke daftar hitam pada 2015. Namun, hubungan membaik pada 2017 ketika pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengunjungi Kairo. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X