Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.243 views

Saudi Wajibkan Calon Jemaah Haji Dari Barat Lakukan Pendaftaran Secara Online Untuk Hindari Penipuan

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi telah mewajibkan calon jemaah haji dari banyak negara Barat untuk mengajukan visa melalui portal online pemerintah, sebuah langkah yang dimaksudkan untuk menindak agen perjalanan "palsu", kata para pejabat kepada AFP, Senin (13/6/2022).

Sistem baru diberlakukan ketika kerajaan bersiap untuk menyambut 850.000 Muslim dari luar negeri untuk pelaksanaan ibadah haji setelah dua tahun di mana jamaah yang belum berada di Arab Saudi dilarang karena pembatasan pandemi COVID.

Ini berlaku untuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Eropa dan Australia, kata salah satu pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim.

Sebelumnya, jamaah dapat mendaftar melalui agen perjalanan yang menyelenggarakan perjalanan haji, sebuah sistem yang kadang-kadang menyebabkan penipuan, dengan "agen palsu" mengambil uang korban, kata seorang pejabat kedua.

Arab Saudi mengumumkan pada bulan April akan mengizinkan satu juta Muslim dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam haji tahun ini.

Media pemerintah mengumumkan portal online seminggu yang lalu, dan periode pendaftaran berakhir Senin, kata kementerian haji di Twitter.

Mereka yang mendaftar akan diikutsertakan dalam undian untuk visa haji.

Seorang pejabat yang berbicara kepada AFP mengakui bahwa beberapa Muslim di negara-negara yang terkena dampak mungkin sudah mencoba mendaftar melalui agen perjalanan, sebelum portal online diumumkan.

Dia mengatakan mereka juga akan diikutsertakan dalam undian - yang belum dijadwalkan - asalkan mereka telah memesan melalui agen yang diakreditasi oleh kementerian haji.

Salah satu dari lima rukun Islam, haji harus dilakukan oleh semua Muslim yang memiliki kemampuan setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Ini terdiri dari serangkaian ritual ibadah yang diselesaikan selama lima hari di kota paling suci Islam, Mekah, dan daerah sekitarnya di barat Arab Saudi.

Itu akan dimulai pada awal Juli, dan gelombang pertama jamaah asing sejak sebelum pandemi Covid-19 tiba dari Indonesia lebih dari seminggu yang lalu.

Aturan masker

Pandemi telah sangat mengganggu kegiatan haji dan umroh, yang biasanya merupakan penghasil pendapatan utama bagi Arab Saudi, menghasilkan sekitar $ 12 miliar per tahun.

Menjadi tuan rumah haji adalah masalah prestise dan sumber legitimasi yang kuat bagi para penguasa Saudi.

Pada tahun 2021, wabah virus Corona memaksa otoritas Saudi untuk secara dramatis mengurangi haji untuk tahun kedua, dan hanya 60.000 warga dan penduduk kerajaan yang divaksinasi penuh yang ambil bagian.

Ibadah haji tahun ini akan dibatasi untuk Muslim yang divaksinasi di bawah usia 65 tahun, kata kementerian haji.

Mereka yang berasal dari luar Arab Saudi diharuskan menyerahkan hasil PCR negatif COVID-19 dari tes yang dilakukan dalam waktu 72 jam perjalanan.

Arab Saudi mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak akan lagi membutuhkan masker di sebagian besar ruang tertutup, dengan alasan kemajuan dalam memerangi pandemi.

Namun, masker masih akan diperlukan di Masjidil Haram Mekah, yang mengelilingi Ka'bah, tempat umat Islam berdoa, dan Masjid Nabawi di Madinah, menurut sebuah laporan yang diterbitkan Senin oleh Saudi Press Agency, mengutip sebuah sumber kementerian dalam negeri.

Pemilik tempat usaha juga bisa bersikeras memakai masker jika mereka mau, kata laporan itu, meskipun pemakaian masker sudah jarang diberlakukan dalam beberapa bulan terakhir.

Sejak awal pandemi, Arab Saudi telah mencatat lebih dari 778.000 kasus virus Corona, lebih dari 9.100 di antaranya fatal, dalam populasi sekitar 34 juta. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X