Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.251 views

'Sel IS' Melarikan Diri Dari Kubu Suriah Selatan Setelah Serangan Oleh Mantan Pejuang Oposisi

DARAA, SURIAH (voa-islam.com) - Sebuah sel yang diduga kelompok Islamic State (IS) menarik diri dari kubunya di Suriah selatan pada hari Rabu (16/11/2022) setelah serangan oleh mantan pejuang oposisi.

Bentrokan antara Divisi Kedelapan yang terkait dengan Rusia - yang terdiri dari mantan anggota Tentara Pembebasan Suriah (FSA) - dan faksi Islamic State telah berkecamuk di provinsi Daraa selama lebih dari dua minggu.

Pada hari Rabu, Brigade Pembebasan Houran mengumumkan bahwa para agen operasi IS di Daraa Al-Balad telah meninggalkan lingkungan Al-Saad ke pedesaan sekitarnya, meninggalkan sembilan mayat - kemungkinan besar gerilyawan tewas dalam bentrokan.

Aktivis lokal membantah bahwa Brigade Kedelapan dibantu dalam serangan mereka oleh rezim Suriah yang telah memobilisasi di daerah tersebut. Al-Saad sekarang berada di bawah kendali pejuang lokal, kata para pemantau.

“Sel Islamic State meninggalkan lingkungan Daraa pada hari Rabu. Jalan keluar mereka adalah dari dua sisi Al-Nakhla dan Wadi Al-Zaidi menuju pedesaan Daraa,” Mohammed Al-Askara, seorang aktivis media yang bekerja untuk mendokumentasikan pelanggaran hak asasi manusia di Suriah selatan, kepada The New Arab.

"Kami tidak lupa bahwa mereka memiliki kontak dengan administrasi umum di Raqqa dan Deir az-Zour."

Ini menyusul pecahnya kekerasan lain antara operator ISIS dan mantan kelompok pemberontak di provinsi Daraa, sebuah daerah dengan kehadiran kelompok jihadis yang sangat terbatas di masa lalu.

Pada tanggal 28 Oktober, seorang pembom jibaku membunuh empat anggota mantan oposisi Suriah di Daraa. Pertempuran berminggu-minggu terjadi antara pemberontak dan tersangka agen operasi ISIS, yang menyebabkan kematian puluhan orang, termasuk seorang pekerja media.

Brigade Kedelapan menuduh pasukan keamanan rezim memiliki hubungan dengan sel-sel Islamic State.

Tidak jelas hubungan sel lokal dengan kelompok Islamic State yang lebih luas, yang masih menempati kantong kecil wilayah di wilayah Gurun Suriah meskipun kekalahan teritorialnya pada 2019 dalam serangan yang dipimpin AS.

Daraa sebagian besar dikendalikan oleh oposisi sampai serangan rezim yang didukung Rusia pada tahun 2018 membuat provinsi tersebut berada di bawah kendali rezim langsung atau nominal.

Beberapa pejuang pemberontak bergabung dengan milisi rezim sementara yang lain beroperasi dengan semi-otonomi di bawah pengawasan Rusia.

Telah terjadi serentetan pembunuhan, penculikan, dan proliferasi geng kriminal sejak pengambilalihan rezim pada 2018.

Daraa Al-Balad dan daerah lain telah menyaksikan pemberontakan bersenjata melawan rezim, yang telah ditekan secara brutal setelah pengepungan dan serangan yang menghancurkan, termasuk serangan rudal.

Rezim telah berusaha untuk meningkatkan pengaruhnya di provinsi selatan dalam beberapa bulan terakhir, kata para analis. (TNA)

%MCEPASTEBIN%

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X