Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.594 views

Kelompok Pejuang Rohingya ARSA Bantah Terlibat Pembunuhan Intelijen Bangladesh

DHAKA, BANGLADESH (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Rohingya ARSA pada hari Jum'at (2/12/2022) membantah tuduhan Dhaka bahwa mereka membunuh seorang perwira intelijen militer Bangladesh bulan lalu, dengan mengatakan dia tewas dalam baku tembak antara pasukan Myanmar dan Bangladesh.

Pejabat di negara Asia Selatan mengatakan bahwa petugas Rizwan Rushdie dan seorang wanita Rohingya dibunuh oleh tersangka anggota Tentara Penyelamat Rohingya Arakan pada 14 November selama operasi kontra-narkoba di tanah tak bertuan dekat perbatasan dengan Myanmar.

Ini "bukan [sebuah] laporan akurat tentang insiden itu," kata ARSA dalam sebuah pernyataan.

“Kami kemudian memperoleh bukti audio visual dari insiden tersebut. Kami ingin mengklarifikasi bahwa terjadi baku tembak antara pasukan Bangladesh dan Burma, di mana nyawa seorang ibu muda yang tidak bersalah, setelah 11 hari melahirkan, hilang dan banyak lainnya terluka,” tambah ARSA.

Pada hari Jum'at, ARSA mengatakan, “kegiatan kami dibatasi dalam batas politik Burma.”

BenarNews menghubungi Menteri Dalam Negeri Asaduzzaman Khan Kamal untuk komentar tentang pernyataan ARSA pada hari Jum'at, tetapi dia menolak, merukuk pada Penjaga Perbatasan Bangladesh (BGB) atau polisi untuk komentar mereka.

BGB tidak menerima telepon, sementara bagian komunikasi militer tidak segera berkomentar.

BenarNews juga menghubungi petugas di kantor polisi di distrik  Naikhangchhari di mana seorang perwira dan wanita Direktorat Jenderal Intelijen Pasukan (DGFI) tewas.

Inspektur Shohag Rana dari kantor polisi mengatakan kepada BenarNews bahwa dia tidak akan mengomentari kasus yang sedang diselidiki.

"Pernyataan dari organisasi mana pun tidak akan memengaruhi penyelidikan," katanya.

“Kami telah melanjutkan upaya kami untuk menangkap para tersangka.”

ARSA, sebelumnya dikenal sebagai Al-Yaaqin, adalah kelompok pejuang  Rohingya yang melancarkan serangan mematikan terkoordinasi terhadap militer pemerintah Burma dan pos-pos polisi negara bagian Rakhine di perbatasan Myanmar pada Agustus 2017.

Serangan-serangan ini memicu tindakan keras yang memaksa hampir tiga perempat juta orang mencari perlindungan di Bangladesh, tempat mereka sekarang tinggal di kamp-kamp yang luas di Cox's Bazar.

ARSA mengatakan pihak berwenang Bangladesh menandai pengungsi yang tidak bersalah sebagai anggota kelompok itu dan menghukum mereka.

“[A] setiap kejahatan dan insiden yang terjadi di kamp-kamp seperti insiden terakhir yang disebutkan di titik nol, dalam semua kejadian seperti itu, sebagian besar pengungsi Rohingya yang tidak bersalah dari kamp diberi label sebagai anggota ARSA dan ditangkap di luar hukum oleh pihak berwenang.”

Titik nol adalah nama lain dari tanah tak bertuan.

Polisi Bangladesh menyalahkan ARSA atas pembunuhan pemimpin Rohingya Cox's Bazar pada September 2021, Muhib Ullah, yang telah menarik perhatian internasional atas penderitaan para pengungsi dan mengunjungi Gedung Putih di Washington.

Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada bulan Juni, polisi Bangladesh menuduh bahwa pemimpin ARSA Ataullah Abu Ahmmar Jununi telah memerintahkan pembunuhan Muhib Ullah karena dia populer.

Beberapa pengungsi juga menyalahkan ARSA karena membunuh para pemimpin Rohingya yang menyerukan agar pengungsi dipulangkan ke Rakhine, negara asal mereka di dekat Myanmar.

Sementara itu, polisi mengatakan kepada kantor berita Agence France-Presse bahwa pemimpin ARSA Ataullah hadir selama operasi kontra-narkoba di mana petugas intelijen dan wanita tersebut tewas.

DGFI telah mendakwa Ataullah dan 60 lainnya atas pembunuhan 14 November, kata AFP. (BN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X