Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.676 views

Prinsip-Prinsip Islam Dalam Kehidupan (4)

Tauhid Uluhiyyah

• Mengesakan Penuhanan dan Ibadah

Kita mengimani bahwa Allah semata yang berhak diibadahi. Dan kita berlepas diri dari setiap yang diibadahi selain-Nya. Ibadah adalah sebuah nama yang meliputi apa saja yang dicintai dan diridlai Allah, baik berupa perkataan atau perbuatan, yang dzahir maupun yang batin. Sedangkan memberikan ibadah kepada selain Allah membatalkan tauhid dan mengingkari keimanan.

  • Firman Allah, QS. Al-An'am: 162-163,

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

"Katakanlah: 'Sesungguhnya shalat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)'."

Allah memerintahkan nabi-Nya untuk memberitahu kaum musyrikin yang menyembah selain Allah dan menyembelih dengan selain nama-Nya, bahwa beliau tidak seperti mereka. Beliau memurnikan seluruh amalnya untuk Allah semata.

  • Firman Allah, QS. Al-Kautsar: 2,

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah."

Maksudnya, ikhlaskan shalatmu dan sembelihan (korban) mu untuk-Nya. Karena kaum musyrikin menyembah berhala dan berkorban untuknya. Maka Allah memerintahkan rasul-Nya untuk menyelisihi mereka dan memurnikan ibadahnya untuk Allah semata.

Ibadah adalah sebuah nama yang meliputi apa saja yang dicintai dan diridlai Allah, baik berupa perkataan atau perbuatan, yang dzahir maupun yang batin.

  • Firman Allah yang menunjukkan sia-sianya doa kepada selain Allah, bahwasanya yang dipertuhankan selain Allah tidak kuasa menolong dirinya sendiri, apalagi menolong orang lain.

(artinya): "Jika kamu menyeru mereka, mereka tiada mendengar seruanmu; dan kalau mereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan di hari kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui." (QS. Faathir: 14)

Bahwasanya yang dipertuhankan selain Allah tidak kuasa menolong dirinya sendiri, apalagi menolong orang lain.

  • Firman Allah yang mencela kaum musyrikin yang menyembah selain Allah dan menjelaskan kelemahan sesembahan-sesembahan ini,

(artinya), "Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu seru selain Allah itu adalah makhluk (yang lemah) yang serupa juga dengan kamu. Maka serulah berhala-berhala itu lalu biarkanlah mereka memperkenankan permintaanmu, jika kamu memang orang-orang yang benar. Apakah berhala-berhala mempunyai kaki yang dengan itu ia dapat berjalan, atau mempunyai tangan yang dengan itu ia dapat memegang dengan keras, atau mempunyai mata yang dengan itu ia dapat melihat, atau mempunyai telinga yang dengan itu ia dapat mendengar? Katakanlah: "Panggillah berhala-berhalamu yang kamu jadikan sekutu Allah, kemudian lakukanlah tipu daya (untuk mencelakakan) ku, tanpa memberi tangguh (kepada-ku)." (QS. Al-A'raf: 194-195)

Dalam ayat ini, Allah mengecam kaum musyrikin yang menyekutukan Allah dengan berhala-berhala dan sesembahan selain-Nya. Padahal berhala dan sesembahan itu adalah makhluk ciptaan Allah. Tidak mampu berbuat apa-apa. Tidak bisa memberi manfaat atau menimpakan madharat. Tidak bisa  melihat dan mendengar. Tidak pula bisa menolong para penyembahnya. Bahkan, para penyembahnya lebih sempurna, bisa melihat, mendengar dan berbuat. Bagaimana mereka bisa menyembahnya selain Allah?.

  • Firman Allah Ta'ala, QS. Al-Furqan: 3,

(artinya): "Kemudian mereka mengambil tuhan-tuhan selain daripada-Nya (untuk disembah), yang tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk (menolak) sesuatu kemudaratan dari dirinya dan tidak (pula untuk mengambil) sesuatu kemanfaatan pun dan (juga) tidak kuasa mematikan, menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan."


Jika berhala-berhala ini tidak bisa berbuat apa-apa untuk dirinya, bagaimana dia bisa berbuat sesuatu untuk manusia yang menyembahnya? Jika berhala itu lemah, tidak bisa berbuat apa-apa, bagaimana dia bisa disembah? Sungguh tak masuk akal.

  • Firman Allah Ta'ala, QS. Al-Isra': 56-57

(artinya): "Katakanlah: 'Panggillah mereka yang kamu anggap (tuhan) selain Allah, maka mereka tidak akan mempunyai kekuasaan untuk menghilangkan bahaya dari padamu dan tidak pula memindahkannya'. Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan adzab-Nya; sesungguhnya adzab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti."

Tuhan-tuhan yang mereka sembah selain Allah tidak mampu menghilangkan madharat dari penyembahnya, bagaimana mungkin berhak disembah selain Allah? Lebih aneh lagi, sebagian sesembahan itu berserah diri kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya, tetapi orang-orang musyrik masih saja tetap meyembah mereka.

Dalam shahih Bukhari dan Muslim, tentang makna ayat ini, dari Abdullah bin Mas'ud, berkata: "Ada sekelompok jin, yang disembah orang-orang musyrik, masuk Islam. Sementara para penyembahnya terus saja menyembah sekelompok jin tersebut, padahal jin-jin itu telah masuk Islam." Dan dalam riwayata Muslim, "ada sekelompok manusia yang menyembah sekelompok jin. Kemudian sekelompok jin tersebut masuk Islam sementara penyembahnya dari manusia masih saja melakukan hal itu. Lalu turunlah ayat: أُولَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمُ الْوَسِيلَةَ  "Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka . . . "

  • Firman Allah Ta'ala, QS. Yunus: 106:

وَلَا تَدْعُ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ فَإِنْ فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِنَ الظَّالِمِينَ

"Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah; sebab jika kamu berbuat (yang demikian) itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang dzalim."

  • Firman Allah Ta'ala yang menyebutkan syirik mahabbah (syirik kecintaan),

(artinya): "Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah." (QS. Al-Baqarah: 165)

Barangsiapa mencintai selain Allah sebagaimana ia mencintai Allah, berarti ia telah membuat tandingan bagi Allah (menyekutukan-Nya). Ini yang disebut syirik mahabbah (kecintaan). Dalam ayat ini, Allah mencela kaum musyrikin yang menyamakan kecintaan kepada selain Allah dengan kecintaan kepada-Nya. Tidak memurnikan kecintaan mereka kepada Allah sebagaimana kecintaan orang beriman kepada-Nya.

  • Firman Allah Ta'ala, QS. Al-Jinn: 6:

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

"Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan."

Meminta perlindungan kepada Allah termasuk ibadah yang di perintahkan-Nya dalam banyak ayat. Siapa yang memberikannya, sedikit saja, kepada selain Allah, ia telah menyekutukan Allah dalam ibadah. Orang-orang Arab di zaman Jahiliyah, ketika melewati lembah atau tempat yang seram, meminta perlindungan kepada jin penguasa tempat itu, agar tidak ditimpa hal-hal yang tidak diinginkan. Dan ketika jin melihat hal seperti itu, makin menakut-nakuti mereka sehingga manusia tadi bertambah takut dan sering meminta perlindungan kepada jin-jin tersebut.

Meminta perlindungan kepada Allah termasuk ibadah yang di perintahkan-Nya dalam banyak ayat. Siapa yang memberikannya, sedikit saja, kepada selain Allah, ia telah menyekutukan Allah dalam ibadah.

  • Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Allah melaknat orang yang menyembelih (berkorban) untuk selain Allah." (HR. Muslim)
  • Mengkultuskan orang shalih adalah sumber pertama kesyirikan anak Adam. Patung yang disembah kaum Nabi Nuh pada dasarnya adalah gambar visual orang-orang shaleh. Dan syetan, lewat para pengikutnya, senantiasa menghiasi penyembahan kepada mereka, di samping menyembah Allah.

وَقَالُوا لَا تَذَرُنَّ آَلِهَتَكُمْ وَلَا تَذَرُنَّ وَدًّا وَلَا سُوَاعًا وَلَا يَغُوثَ وَيَعُوقَ وَنَسْرًا

"Dan mereka berkata: "Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) wadd, dan jangan pula suwaa`, yaghuts, ya`uq dan nasr." (QS. Nuh: 23)

Mengkultuskan orang shalih adalah sumber pertama kesyirikan anak Adam.

Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, dari Ibnu Abbas, dia berkata: berhala-berhala yang disembah oleh kaum Nabi Nuh: Wadd, asalnya adalah milik Kalb di daerah Daumatul Jandal. Suwaa', milik Hudzail. Yaghuts, milik Murad. Dan Ya'uq, milik Hamadzan. Serta nasr, milik Himyar. Semua itu adalah nama-nama orang shaleh dari kaum Nabi Nuh. Setelah orang-orang shaleh itu meninggal, kaum Nabi Nuh, sesuai petunjuk syetan, memerintahkan untuk mendirikan patung di majelis orang-orang shaleh tadi. Dan diberi nama sesuai nama mereka. Lalu mereka melaksanakan perintah syetan itu. Tetapi patung itu belum disembah. Sehingga ketika mereka telah meninggal, dan ilmu sudah redup, maka patung-patung tersebut disembah.

  • Karena sebab itu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang umatnya berlaku ghuluw ini (sikap berlebih-lebihan dalam menghormati seseorang/kultus).

Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah kalian berlebih-lebihan dalam menyanjungku (kultus) sebagaimana kaum Nashari menyanjung (Isa) ibnu Maryam. Aku hanyalah seorang hamba. Maka panggillah aku dengan hamba Allah dan utusan-Nya." (HR. Bukhari)

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Jauhilah sikap ghuluw. Dan ketahuilah, bahwa sikap ghuluw dalam beragama telah menghancurkan kaum sebelum kalian." (HR. an-Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mendengar seorang budak wanita mengatakan bahwa beliau mengetahui perkara ghaib, beliau melarang budak itu mengatakan demikian, karena perkataan tersebut bernilai ghuluw.

Imam Bukhari dalam shahihnya, meriwayatkan dari Rubayyi' binti Mu'awwidz bin 'Afraa' berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam masuk menemuiku, beliau duduk di atas ranjangku seperti tempatmu dariku sekarang. Para budak pun mulai menabuh "duff" dan menyitir nama bapak-bapakku yang gugur di perang Badar. Salah seorang mereka berkata: "Di antara kita ada Nabi yang mengetahui apa yang akan terjadi besok. (mendengar hal itu) beliau bersabda: "Jangan katakana itu, tapi katakanlah apa-apa yang sudah saudari katakan sebelumnya." (PurWd/voa-islam)

Klik : lihat tulisan sebelumnya  


Bersambung ke Prinsip-prinsip Islam dalam Kehidupan (5) . . . . . Insya Allah

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X