Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.993 views

Remaja, Pemuda & Warga Dukung Sepenuhnya Imam Masjid Airmata

Kupang (voa-islam) – Bukan sekali, Ketua Yayasan Al Baitul Qadim, Burhan Mustafa melayangkan surat kepada Imam Masjid Al-Baitul Qadim Haji Abdurrachim seputar kepemimpinannya sebagai imam. Mulai dari Surat perihal Pemberhentian, Surat Teguran dan Larangan, sampai Surat Somasi.

Surat yang pertama adalah perihal Surat Pemberhentian. Dalam surat itu dinyatakan, berdasarkan hasil musyawarah antara pihak yayasan bersama tokoh masyarakat Islam Airmata, para wakil imam dan unsur elemen umat Islam di lingkungan Masjid Agung Baitul Qadim Airmata pada 11 September 2011 lalu, diputuskan sebagai berikut:

“Dalam rangka perbaikan sistem organisasi masjid, terutama masalah yang terjadi selama ini, yang erat kaitannya dengan jabatan Bapak Haji Abdul Rachim Mustafa selaku Imam Masjid Agung Al-Baitul Qadin Airmata, maka berdasarkan hasil musyawarah telah menghasilkan keputusan, bahwa saudara Haji Abdul Rachim Mustafa diberhentikan dari jabatan sebagai Imam Masjid Agung Baitul Qadim, terhitung mulai tanggal 11 September 2011,” demikian surat pemberhentian sepihak Ketua Yayasan Burhan Mustafa (tertanggal 12 September 2011).

Selanjutnya, Ketua Yayasan Burhan Mustafa beserta sekretarisnya Abdul Syukur Dapubeang, juga meminta agar Haji Abdul Rachim dengan ikhlas menyerahkan Sertifikat Tanah Masjid Al-Baitul Qadim kepada Yayasan Al-Baitul Qadim.

Surat Pemberhentian itu ternyata juga disampaikan pihak Yayasan dengan tembusan kepada Walikota Kupang, Ketua MUI Kota Kupang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang (Bidang Urusan Agama Islam), Ketua Majelis Imam Kota Kupang, Kapolresta Kota Kupang, Lurah Airmata, dan para Wakil Imam Masjid Al-Baitul Qadim.

Atas tuduhan menggelapkan sertifikat Masjid, kemudian Haji Abdurrachim membuat surat tanggapan yang ditujukan kepada Burhan Mustafa dan Abdul Syukur Dapubeang (pengurus Yayasan) serta beberapa tembusan ke instansi terkait. Dalam surat tanggapannya, Abdurrachim Mustafa menyatakan: Bahwa tindakan saudara-saudara adalah illegal.

Imam Masjid Baitul Qadim itu menunjukkan surat keterangan No. 1/NOT/IV/2009 tanggal 03 April 2009 yang dibuat oleh Notaris Albert Wilson Riwukore SH. Surat tersebut telah didata serta memperoleh penjelasan dari Panitera Pengadilan Negeri Kupang, yang menerangkan bahwa benar Yayasan Al-Baitul Qadim belum berbadan hokum, karena belum mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Surat Notaris Albert Wilson Riwukore SH tentang penjelasan Yayasan yang ditujuan pada Dewan Pendiri Yayasan Al-Baitul Qadim, semakin memperjelas tindakan Burhan Mustafa dan Abdul Syukur adalah illegal. Karena itu, mereka tidak dapat bertindak atas nama Yayasan Al Baitul Qadim yang secara legal formal belum mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Dengan demikian, tuduhan mereka tidak sah dan batal demi hukum ,” ungkap sang Imam.

Menurut keterangan dari Kantor Notaris Albert Wilson Riwukore SH, para pendiri Yayasan Baitul Qadim sebagian besar telah meninggal dunia, yaitu Haji Birando bin Taher, Mustafa Taha, Haji Djakaria Thalib, Haji Syamsuddin Badruddin, sedangkan yang masih hidup adalah Haji Abdurrachim Mustafa. Adapun Ketua Pengurus Yayasan Burhan Mustafa telah berakhir masa baktinya pada bulan Maret 2009, oleh karena itu perlu adanya perubahan akta Pendirian Yayasan Baitul Qadim yang akan disesuaikan dengan UU No. 24 tahun 2008 dan PP. No, 63 tahun 2008.

Dalam penjelasan legalitas yayasan selanjutnya (pada 5 Mei 2009), Albert Wilson Riwukore menerangkan, telah dibentuk Tim Likuidasi untuk melikuidasi Yayasan, kemudian hasil likuidasi seluruh asset dan Badan Pengurus, Pengawas, dan Pembina dimasukkan dalam suatu yayasan baru yang dibentuk kemudian. Yayasan yang baru dibentuk selanjutnya diurus legalitas dan pengesahannya sesuai UU yang berlaku.

Terkait soal penghentiannya sebagai Imam, Haji Abdurrachim selaku Imam Masjid Al-Baitul Qadim Airmata mengatakan, jika ia hendak diberhentikan, maka harus melalui forum musyawarah yang sah dan bermartabat serta dibuktikan kesalahannya sebagai imam.

“Tindakan Burhan Mustafa cs yang mengatasnamakan yayasan dapat menimbulkan resiko hukum dan sangat merugikan serta meresahkan kepentingan umat Islam di lingkungan Masjid Baitul Qadim. Diharapkan, Burhan Mustafa cs menghentikan segala kegiatan yang mengatasnamakan yayasan Al-BAitul Qadim. Jika tidak, dengan sangat menyesal akan saya tempuh jalur hukum baik pidana maupun perdata,” jelas Imam Abdurrachim Mustafa.

 Penolakan Pemuda & Remaja Masjid

Lantas apa pendapat remaja Masjid, pemuda dan masyarakat Muslim Airmata? Mendengar keputusan sepihak dari Ketua Pengurusan Yayasan Burhan Mustafa cs, yang memberhentikan Imam Masjid Abdurrachim Mustafa, membuat pemuda dan remaja Masjid Baitul Qadim Airmata serta warga Muslim Airmata dan sekitarnya menyatakan penolakannya. Melalui surat pernyataan sikapnya pada tanggal 16 September 2011, mereka menyatakan:

“Kami sangat mengecam dan mengutuk keras peristiwa pencegahan shalat Maghrib yang terjadi pada hari Senin, tanggal 12 September 2011, pukul 18.00 Wita, yang sangat mencoreng serta melukai hati umat Islam di Kelurahan Airmata.”

Oleh karena itu, remaja dan pemuda masjid serta warga Muslim Airmata dan sekitarnya menuntut: pelaku tersebut dipecat dari jabatan apa saja yang berkaitan dengan kepengurusan Masjid Al-Baitul Qadim Airmata. Kami mendukung sepenuhnya H. Abdurrachim Mustafa tetap sebagai Imam Masjid Agung Al-Baitul Qadim Airmata.

Surat Pernyataan sikap remaja dan pemuda masjid serta warga muslim Airmata itu ditandatangai oleh Ketua Remas (Remaja Masjid) Djamaluddin A. Baria atau yang biasa disapa Lala, lalu Abubakar Aseh yang mewakili Pemuda Kelurahan Airmata, serta H. Andi A. Al Katiri selaku warga Muslim Kelurahan Airmata.

Yang jelas, Haji Abdurrachim Mustafa selaku Imam Masjid Baitul Qadim mendapat dukungan dari kekuatan jamaah. Setidaknya terkumpul tandatangan dukungan pemuda, remaja dan masyarakat di Kelurahan Airmata dan sekitarnya sebanyak 210 dukungan tandatangan.

Somasi Kedua dan Ketiga

Pada tanggal 17 Oktober 2011, pihak Yayasan Al-Baitul Qadim yang dimotori Burhan Mustafa melalui kuasa hukumnya Lorensius Mega Man, SH, kembali membuat surat perihal teguran dan larangan kepada Haji Abdurrachim Mustafa selaku Imam.

Dalam surat teguran itu tertulis: “…saudara masih melakukan kegiatan dan bertindak sebagai Imam Masjid Airmata, walaupun sesunguhnya saudara tidak berhak lagi menjalankan kegiatan apapun dengan dalih apapun juga mengatasnamakan imam di dalam lingkungan Masjid Airmata. Sehubungan dengan itu, kami selaku kuasa hokum Yayasan Al Baitul Qadim, mengur dan melarang saudara untuk tidak melakukan kegiatan apapun juga di lingkungan Masjid Airmata.”

Tak bosan-bosan, untuk kesekian kali, Burhan Mustafa melalui kuasa hukumnya, mengeluarkan surat perihal Somasi (tertanggal 19 Oktober 2011). Surat itu sebagai warning kepada Imam Haji Abdurrachim Mustafa: “…kembali memperingati dan memberitahukan, bahwa terhitung sejak 11 September 2011, Saudara Abdurrachim Mustafa sudah diberhentikan dari jabatan sebagai Imam Masjid Al-Baitul Qadim Airmata dengan segala akibat hukumnya.”

Abdurrachim dianggap tidak berhak bertindak sebagai imam di lingkungan Masjid Baitul Qadim dan semua urusan di Masjid tersebut dilaksanakan oleh wakil imam yang ada, sampai pihak Yayasan mengangkat imam yang definitif.

Burhan Mustafa lagi-lagi mengancam Abdurrachim (kakaknya) melalui kuasa hukumnya, dalam tempo 7 hari setelah somasi ini, saudara sudah harus menyerahkan sertifikat tersebut kepada pihak Burhan Mustafa selaku Ketua Yayasan. Jika mengabaikan somasi ini, Burhan Mustafa cs akan menempuh langkah hukum, baik pidana maupun perdata.  Desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News
SDF Buru Pejuang IS Tersisa Di Penjara Ghwayran

SDF Buru Pejuang IS Tersisa Di Penjara Ghwayran

Jum'at, 28 Jan 2022 21:45

Berlaku 2023, Pelat Nomor Dipasangi Cip untuk Hindari Pemalsuan

Berlaku 2023, Pelat Nomor Dipasangi Cip untuk Hindari Pemalsuan

Jum'at, 28 Jan 2022 21:35

Bertemu Wali Kota Padang, Pengurus Dewan Da’wah Sumbar Bahas Rakornas hingga LGBT

Bertemu Wali Kota Padang, Pengurus Dewan Da’wah Sumbar Bahas Rakornas hingga LGBT

Jum'at, 28 Jan 2022 21:00

Kelompok Oposisi Iran Retas TV Dan Radio Pemerintah, Serukan Pembunuhan Kamenei

Kelompok Oposisi Iran Retas TV Dan Radio Pemerintah, Serukan Pembunuhan Kamenei

Jum'at, 28 Jan 2022 21:00

Gadi Elzenkot: Israel Hampir Bunuh Jenderal Iran Qassem Soleimani Di Suriah

Gadi Elzenkot: Israel Hampir Bunuh Jenderal Iran Qassem Soleimani Di Suriah

Jum'at, 28 Jan 2022 20:13

Kaitkan Terorisme dengan Ponpes, HNW: Harusnya Polri dan BNPT Satukan Bangsa Lawan OPM

Kaitkan Terorisme dengan Ponpes, HNW: Harusnya Polri dan BNPT Satukan Bangsa Lawan OPM

Jum'at, 28 Jan 2022 18:39

Bapack-Bapack Lyfe

Bapack-Bapack Lyfe

Jum'at, 28 Jan 2022 14:53

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Jum'at, 28 Jan 2022 09:58

Indonesia Akan Dikepung Relawan Anies

Indonesia Akan Dikepung Relawan Anies

Kamis, 27 Jan 2022 20:29

Pasukan Pemerintah Yaman Tewaskan Lusinan Pemberontak Syi'ah Houtsi Di Distrik Abedia Marib Tengah

Pasukan Pemerintah Yaman Tewaskan Lusinan Pemberontak Syi'ah Houtsi Di Distrik Abedia Marib Tengah

Kamis, 27 Jan 2022 19:45

1 Tentara Filipina Tewas 2 Terluka Dalam Serangan Abu Sayyaf Di Sulu

1 Tentara Filipina Tewas 2 Terluka Dalam Serangan Abu Sayyaf Di Sulu

Kamis, 27 Jan 2022 19:00

Publikasi Daftar Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris oleh BNPT Timbulkan Kecemasan Masyarakat

Publikasi Daftar Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris oleh BNPT Timbulkan Kecemasan Masyarakat

Kamis, 27 Jan 2022 18:15

Prancis Akan Tutup Situs Web Islam Karena Bertentangan Dengan 'Nilai-nilai Nasional'

Prancis Akan Tutup Situs Web Islam Karena Bertentangan Dengan 'Nilai-nilai Nasional'

Kamis, 27 Jan 2022 18:15

Sesajen dan Seribu Dupa Mengiringi Doa, Layakkah Dilakukan?

Sesajen dan Seribu Dupa Mengiringi Doa, Layakkah Dilakukan?

Kamis, 27 Jan 2022 10:29

Peluang 2022: Kemitraan Padang Pariaman Raih Omset Puluhan Juta

Peluang 2022: Kemitraan Padang Pariaman Raih Omset Puluhan Juta

Kamis, 27 Jan 2022 07:23

Lantik Dewan Pakar, PKS Siap Bersinergi Bangun Indonesia

Lantik Dewan Pakar, PKS Siap Bersinergi Bangun Indonesia

Kamis, 27 Jan 2022 04:20

Api Bandung Menghangatkan Purnawirawan

Api Bandung Menghangatkan Purnawirawan

Rabu, 26 Jan 2022 23:14

Pernyataan Kepala BNPT Soal Pesantren Terafilisasi Jaringan Teroris Perlu Diluruskan

Pernyataan Kepala BNPT Soal Pesantren Terafilisasi Jaringan Teroris Perlu Diluruskan

Rabu, 26 Jan 2022 23:12

Legislator: Sejahterakan Rakyat, Penerimaan Pajak Akan Meningkat

Legislator: Sejahterakan Rakyat, Penerimaan Pajak Akan Meningkat

Rabu, 26 Jan 2022 23:10

Ketua MIUMI Aceh Isi Pengajian 'Urgensi dan Keutamaan Belajar Ilmu Syari' di Dayah Arun Lhokseumawe

Ketua MIUMI Aceh Isi Pengajian 'Urgensi dan Keutamaan Belajar Ilmu Syari' di Dayah Arun Lhokseumawe

Rabu, 26 Jan 2022 22:46


MUI

Must Read!
X