Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.135 views

Remaja, Pemuda & Warga Dukung Sepenuhnya Imam Masjid Airmata

Kupang (voa-islam) – Bukan sekali, Ketua Yayasan Al Baitul Qadim, Burhan Mustafa melayangkan surat kepada Imam Masjid Al-Baitul Qadim Haji Abdurrachim seputar kepemimpinannya sebagai imam. Mulai dari Surat perihal Pemberhentian, Surat Teguran dan Larangan, sampai Surat Somasi.

Surat yang pertama adalah perihal Surat Pemberhentian. Dalam surat itu dinyatakan, berdasarkan hasil musyawarah antara pihak yayasan bersama tokoh masyarakat Islam Airmata, para wakil imam dan unsur elemen umat Islam di lingkungan Masjid Agung Baitul Qadim Airmata pada 11 September 2011 lalu, diputuskan sebagai berikut:

“Dalam rangka perbaikan sistem organisasi masjid, terutama masalah yang terjadi selama ini, yang erat kaitannya dengan jabatan Bapak Haji Abdul Rachim Mustafa selaku Imam Masjid Agung Al-Baitul Qadin Airmata, maka berdasarkan hasil musyawarah telah menghasilkan keputusan, bahwa saudara Haji Abdul Rachim Mustafa diberhentikan dari jabatan sebagai Imam Masjid Agung Baitul Qadim, terhitung mulai tanggal 11 September 2011,” demikian surat pemberhentian sepihak Ketua Yayasan Burhan Mustafa (tertanggal 12 September 2011).

Selanjutnya, Ketua Yayasan Burhan Mustafa beserta sekretarisnya Abdul Syukur Dapubeang, juga meminta agar Haji Abdul Rachim dengan ikhlas menyerahkan Sertifikat Tanah Masjid Al-Baitul Qadim kepada Yayasan Al-Baitul Qadim.

Surat Pemberhentian itu ternyata juga disampaikan pihak Yayasan dengan tembusan kepada Walikota Kupang, Ketua MUI Kota Kupang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang (Bidang Urusan Agama Islam), Ketua Majelis Imam Kota Kupang, Kapolresta Kota Kupang, Lurah Airmata, dan para Wakil Imam Masjid Al-Baitul Qadim.

Atas tuduhan menggelapkan sertifikat Masjid, kemudian Haji Abdurrachim membuat surat tanggapan yang ditujukan kepada Burhan Mustafa dan Abdul Syukur Dapubeang (pengurus Yayasan) serta beberapa tembusan ke instansi terkait. Dalam surat tanggapannya, Abdurrachim Mustafa menyatakan: Bahwa tindakan saudara-saudara adalah illegal.

Imam Masjid Baitul Qadim itu menunjukkan surat keterangan No. 1/NOT/IV/2009 tanggal 03 April 2009 yang dibuat oleh Notaris Albert Wilson Riwukore SH. Surat tersebut telah didata serta memperoleh penjelasan dari Panitera Pengadilan Negeri Kupang, yang menerangkan bahwa benar Yayasan Al-Baitul Qadim belum berbadan hokum, karena belum mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Surat Notaris Albert Wilson Riwukore SH tentang penjelasan Yayasan yang ditujuan pada Dewan Pendiri Yayasan Al-Baitul Qadim, semakin memperjelas tindakan Burhan Mustafa dan Abdul Syukur adalah illegal. Karena itu, mereka tidak dapat bertindak atas nama Yayasan Al Baitul Qadim yang secara legal formal belum mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Dengan demikian, tuduhan mereka tidak sah dan batal demi hukum ,” ungkap sang Imam.

Menurut keterangan dari Kantor Notaris Albert Wilson Riwukore SH, para pendiri Yayasan Baitul Qadim sebagian besar telah meninggal dunia, yaitu Haji Birando bin Taher, Mustafa Taha, Haji Djakaria Thalib, Haji Syamsuddin Badruddin, sedangkan yang masih hidup adalah Haji Abdurrachim Mustafa. Adapun Ketua Pengurus Yayasan Burhan Mustafa telah berakhir masa baktinya pada bulan Maret 2009, oleh karena itu perlu adanya perubahan akta Pendirian Yayasan Baitul Qadim yang akan disesuaikan dengan UU No. 24 tahun 2008 dan PP. No, 63 tahun 2008.

Dalam penjelasan legalitas yayasan selanjutnya (pada 5 Mei 2009), Albert Wilson Riwukore menerangkan, telah dibentuk Tim Likuidasi untuk melikuidasi Yayasan, kemudian hasil likuidasi seluruh asset dan Badan Pengurus, Pengawas, dan Pembina dimasukkan dalam suatu yayasan baru yang dibentuk kemudian. Yayasan yang baru dibentuk selanjutnya diurus legalitas dan pengesahannya sesuai UU yang berlaku.

Terkait soal penghentiannya sebagai Imam, Haji Abdurrachim selaku Imam Masjid Al-Baitul Qadim Airmata mengatakan, jika ia hendak diberhentikan, maka harus melalui forum musyawarah yang sah dan bermartabat serta dibuktikan kesalahannya sebagai imam.

“Tindakan Burhan Mustafa cs yang mengatasnamakan yayasan dapat menimbulkan resiko hukum dan sangat merugikan serta meresahkan kepentingan umat Islam di lingkungan Masjid Baitul Qadim. Diharapkan, Burhan Mustafa cs menghentikan segala kegiatan yang mengatasnamakan yayasan Al-BAitul Qadim. Jika tidak, dengan sangat menyesal akan saya tempuh jalur hukum baik pidana maupun perdata,” jelas Imam Abdurrachim Mustafa.

 Penolakan Pemuda & Remaja Masjid

Lantas apa pendapat remaja Masjid, pemuda dan masyarakat Muslim Airmata? Mendengar keputusan sepihak dari Ketua Pengurusan Yayasan Burhan Mustafa cs, yang memberhentikan Imam Masjid Abdurrachim Mustafa, membuat pemuda dan remaja Masjid Baitul Qadim Airmata serta warga Muslim Airmata dan sekitarnya menyatakan penolakannya. Melalui surat pernyataan sikapnya pada tanggal 16 September 2011, mereka menyatakan:

“Kami sangat mengecam dan mengutuk keras peristiwa pencegahan shalat Maghrib yang terjadi pada hari Senin, tanggal 12 September 2011, pukul 18.00 Wita, yang sangat mencoreng serta melukai hati umat Islam di Kelurahan Airmata.”

Oleh karena itu, remaja dan pemuda masjid serta warga Muslim Airmata dan sekitarnya menuntut: pelaku tersebut dipecat dari jabatan apa saja yang berkaitan dengan kepengurusan Masjid Al-Baitul Qadim Airmata. Kami mendukung sepenuhnya H. Abdurrachim Mustafa tetap sebagai Imam Masjid Agung Al-Baitul Qadim Airmata.

Surat Pernyataan sikap remaja dan pemuda masjid serta warga muslim Airmata itu ditandatangai oleh Ketua Remas (Remaja Masjid) Djamaluddin A. Baria atau yang biasa disapa Lala, lalu Abubakar Aseh yang mewakili Pemuda Kelurahan Airmata, serta H. Andi A. Al Katiri selaku warga Muslim Kelurahan Airmata.

Yang jelas, Haji Abdurrachim Mustafa selaku Imam Masjid Baitul Qadim mendapat dukungan dari kekuatan jamaah. Setidaknya terkumpul tandatangan dukungan pemuda, remaja dan masyarakat di Kelurahan Airmata dan sekitarnya sebanyak 210 dukungan tandatangan.

Somasi Kedua dan Ketiga

Pada tanggal 17 Oktober 2011, pihak Yayasan Al-Baitul Qadim yang dimotori Burhan Mustafa melalui kuasa hukumnya Lorensius Mega Man, SH, kembali membuat surat perihal teguran dan larangan kepada Haji Abdurrachim Mustafa selaku Imam.

Dalam surat teguran itu tertulis: “…saudara masih melakukan kegiatan dan bertindak sebagai Imam Masjid Airmata, walaupun sesunguhnya saudara tidak berhak lagi menjalankan kegiatan apapun dengan dalih apapun juga mengatasnamakan imam di dalam lingkungan Masjid Airmata. Sehubungan dengan itu, kami selaku kuasa hokum Yayasan Al Baitul Qadim, mengur dan melarang saudara untuk tidak melakukan kegiatan apapun juga di lingkungan Masjid Airmata.”

Tak bosan-bosan, untuk kesekian kali, Burhan Mustafa melalui kuasa hukumnya, mengeluarkan surat perihal Somasi (tertanggal 19 Oktober 2011). Surat itu sebagai warning kepada Imam Haji Abdurrachim Mustafa: “…kembali memperingati dan memberitahukan, bahwa terhitung sejak 11 September 2011, Saudara Abdurrachim Mustafa sudah diberhentikan dari jabatan sebagai Imam Masjid Al-Baitul Qadim Airmata dengan segala akibat hukumnya.”

Abdurrachim dianggap tidak berhak bertindak sebagai imam di lingkungan Masjid Baitul Qadim dan semua urusan di Masjid tersebut dilaksanakan oleh wakil imam yang ada, sampai pihak Yayasan mengangkat imam yang definitif.

Burhan Mustafa lagi-lagi mengancam Abdurrachim (kakaknya) melalui kuasa hukumnya, dalam tempo 7 hari setelah somasi ini, saudara sudah harus menyerahkan sertifikat tersebut kepada pihak Burhan Mustafa selaku Ketua Yayasan. Jika mengabaikan somasi ini, Burhan Mustafa cs akan menempuh langkah hukum, baik pidana maupun perdata.  Desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Pelapor Khusus PBB Sebut Serangan Israel di Gaza 'Ilegal Dan Tidak Bertanggung Jawab'

Pelapor Khusus PBB Sebut Serangan Israel di Gaza 'Ilegal Dan Tidak Bertanggung Jawab'

Ahad, 07 Aug 2022 21:50

Proyek Kereta Cepat Jauh dari Perencanaan dan Bebankan APBN

Proyek Kereta Cepat Jauh dari Perencanaan dan Bebankan APBN

Ahad, 07 Aug 2022 21:25

Korban Tewas Di Gaza Akibat Serangan Israel Naik Jadi 31, Sepuluh Di Antaranya Anak-Anak Dan Wanita

Korban Tewas Di Gaza Akibat Serangan Israel Naik Jadi 31, Sepuluh Di Antaranya Anak-Anak Dan Wanita

Ahad, 07 Aug 2022 21:15

IDEAS: Pemerintah Minim Visi Besarkan Industri Perbankan Syariah

IDEAS: Pemerintah Minim Visi Besarkan Industri Perbankan Syariah

Ahad, 07 Aug 2022 20:59

Garis Waktu: Serangan Zionis Israel Ke Jalur Gaza Sejak 2005

Garis Waktu: Serangan Zionis Israel Ke Jalur Gaza Sejak 2005

Ahad, 07 Aug 2022 20:55

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU

Ahad, 07 Aug 2022 20:41

Korupsi Penyakit Terbesar di Indonesia

Korupsi Penyakit Terbesar di Indonesia

Ahad, 07 Aug 2022 16:00

Mindset Bunuh Diri Nodai Generasi

Mindset Bunuh Diri Nodai Generasi

Ahad, 07 Aug 2022 15:55

Sudah 11 Orang Tewas 80 Lainnya Terluka Akibat Serangan Udara Baru Israel Di Jalur Gaza

Sudah 11 Orang Tewas 80 Lainnya Terluka Akibat Serangan Udara Baru Israel Di Jalur Gaza

Sabtu, 06 Aug 2022 22:36

Serangan Terbaru Zionis Israel Ke Gaza: Bagaimana Dunia Bereaksi Atas Agresi Israel

Serangan Terbaru Zionis Israel Ke Gaza: Bagaimana Dunia Bereaksi Atas Agresi Israel

Sabtu, 06 Aug 2022 21:31

MER-C Mengutuk Serangan Israel ke Jalur Gaza

MER-C Mengutuk Serangan Israel ke Jalur Gaza

Sabtu, 06 Aug 2022 21:06

MUI Daerah Didorong Optimalkan Lembaga Seni Budaya

MUI Daerah Didorong Optimalkan Lembaga Seni Budaya

Sabtu, 06 Aug 2022 08:22

Saudi Umumkan Upaya Untuk Jadi Tuan Rumah Asian Winter Games 2029

Saudi Umumkan Upaya Untuk Jadi Tuan Rumah Asian Winter Games 2029

Jum'at, 05 Aug 2022 22:00

Israel Serang Gaza Menyusul Ketegangan Setelah Penangkapan Anggota Senior Hamas Di Tepi Barat

Israel Serang Gaza Menyusul Ketegangan Setelah Penangkapan Anggota Senior Hamas Di Tepi Barat

Jum'at, 05 Aug 2022 21:25

Resensi: Pembuka Hidayah Jilid 3: Novel Biografi KH. Choer Affandi (Bagian 2-Selesai)

Resensi: Pembuka Hidayah Jilid 3: Novel Biografi KH. Choer Affandi (Bagian 2-Selesai)

Jum'at, 05 Aug 2022 20:49

Fraksi PKS DPR Usul Pembentukan Pansus Hak Angket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Fraksi PKS DPR Usul Pembentukan Pansus Hak Angket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jum'at, 05 Aug 2022 18:09

Penyucian Jiwa dalam Menghadapi Kesulitan

Penyucian Jiwa dalam Menghadapi Kesulitan

Jum'at, 05 Aug 2022 15:37

Resensi: Pembuka Hidayah Jilid 3: Novel Biografi KH. Choer Affandi (Bagian-1)

Resensi: Pembuka Hidayah Jilid 3: Novel Biografi KH. Choer Affandi (Bagian-1)

Jum'at, 05 Aug 2022 10:00

Komnas HAM Sulit Dipercaya

Komnas HAM Sulit Dipercaya

Jum'at, 05 Aug 2022 09:45

PW Daiyat Parmusi Babel Dikukuhkan, Fahira Idris: Muslimah Adalah Rahim Peradaban

PW Daiyat Parmusi Babel Dikukuhkan, Fahira Idris: Muslimah Adalah Rahim Peradaban

Jum'at, 05 Aug 2022 08:10


MUI

Must Read!
X

Ahad, 07/08/2022 20:41

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU