Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.150 views

Mencari Kunci Terkabulnya Doa, Makna Keikhlasan terhadap Takdir

 

Oleh: Erika Kartini

Setiap manusia pasti menginginkan sesuatu dalam hidupnya. Bagi yang single pasti sangat ingin memiliki pasangan. Yang telah menikah pasti ingin memiliki keturunan. Ketika sudah memiliki anak perempuan, ingin anak laki-laki atau sebaliknya. Materi atau harta terkadang juga menjadi keinginan bagi manusia. Baik dalam rangka kebaikan atau sekadar pemuas nafsu dan menaikkan harga diri. Bepergian ke suatu tempat seperti ibadah haji ke Mekah atau jalan-jalan ke Eropa terkadang juga menjadi cita-cita bagi banyak orang.

Semua itu adalah keinginan yang sebenarnya menjadi fitrah bagi tiap manusia. Fitrah yang termasuk dalam naluri yaitu eksistensi diri. Manusia akan merasa bahagia dan puas ketika keinginannya tercapai. Sebaliknya akan merasa gelisah bahkan merana ketika belum tercapai.

Allah Swt adalah pencipta yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Baik dan buruk sesuatu ditentukan oleh ridha dari-Nya. Ketika Allah ridha maka itu menjadi sebuah kebaikan. Dan sebaliknya, menjadi keburukan ketika Allah murka. Sebagai seorang muslim yang menghamba kepada Allah saja maka kita perlu taat kepada-Nya. Termasuk dalam hal keinginan kita. Sebisa mungkin memenej keinginan sesuai dengan keridhaan Allah. Meski terkadang keinginan baik kita belum juga tercapai.

Keinginan yang telah sesuai perintah-Nya tidak serta merta tercapai dengan segera. Terkadang lama atau bahkan tidak terwujud sampai ajal menjelang. Disinilah Allah Swt sedang menguji. Sejauh mana keikhlasan kita menerima ketentuan dari Allah. Terkadang Allah ingin melihat kesungguhan kita.

Agar Doa Dikabulkan

Agar terwujud segala keinginan kita tentu saja ada banyak cara yang harus ditempuh. Baik itu berupa amal fisik maupun amal hati. Berdoa sebagai sebuah amal hati menjadi tempat mengadu dan meminta. Doa-doa tulus harus senantiasa dipanjatkan kepada Sang Pemilik jagat raya. Siang malam tak pernah berhenti. Berharap Allah kabulkan segala permohonan.

Sedangkan amal fisik adalah sebab-sebab yang mengantarkan kepada hasil. Dengan kata lain, perlu usaha nyata. Tidak hanya berdoa saja. Berdoa tidak berarti meninggalkan usaha. Jika semua usaha sudah ditempuh kemudian berdoa juga terus dipanjatkan namun belum terkabul juga, maka kita perlu mengevaluasi diri.

Doa yang belum terkabulkan bisa jadi karena kita belum taat kepada Allah Swt.Allah telah menjelaskan agar kita berdoa kepada-Nya, disertai dengan memenuhi seruan-Nya, terikat dengan syariat-Nya, dan mengikuti Rasul-Nya.

Allah Swt telah berfirman:

Dan hendaklah kamu memenuhi seruan-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar kamu mendapatkan petunjuk” (TQS al-Baqarah [2]: 186).

Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah saw. dengan sabdanya:

“Ia berdoa kepada Allah, tapi makanan dan minumannya dari barang yang diharamkan, maka bagaimana mungkin akan dikabulkan doanya. (HR. Muslim).

Setelah semua usaha dilakukan, ketaatan sudah dilaksanakan maka insyaallah akan terkabul. Allah Swt pasti akan mengabulkan setiap doa orang yang berdoa, dan akan mengabulkan orang yang terdesak dengan kebutuhannya ketika ia berdoa kepada-Nya.

Allah Swt berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (TQS. Ghâfir [40]: 60).

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.” (TQS. al-Baqarah [2]: 186)

Keinginan yang telah sesuai perintah-Nya tidak serta merta tercapai dengan segera. Terkadang lama atau bahkan tidak terwujud sampai ajal menjelang. Disinilah Allah Swt sedang menguji. Sejauh mana keikhlasan kita menerima ketentuan dari Allah. Terkadang Allah ingin melihat kesungguhan kita.

Perlu dipahami bahwa ijabah doa mempunyai pengertian syar’i tersendiri (hakikat syar’iyah) yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw.

Beliau Saw bersabda:

“Tak seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah dengan suatu doa yang di dalamnya tidak dosa dan memutuskan silaturahmi, kecuali Allah akan memberinya salah satu dari tiga perkara, yaitu bisa jadi Allah akan mempercepat terkabulnya doa itu saat di dunia; atau Allah akan menyimpan terkabulnya doa di akhirat kelak, dan bisa jadi Allah akan memalingkan keburukan darinya sesuai dengan kadar doanya. Para sahabat berkata, “Kalau begitu kami akan memperbanyak doa.” Rasulullah saw. bersabda, “Allah akan lebih banyak lagi (mengabulkannya).” (HR. Ahmad, al-Bukhâri dalam al-Adab al-Mufrad)

Maksud hadits di atas adalah bahwa terkabulnya doa tidak mesti terwujud di dunia. Doa itu kadang bisa kabulkan di dunia atau Allah akan menyimpannya di akhirat kelak. Dan di akhirat itu akan terdapat pahala yang sangat besar dan banyak. Atau Allah akan memalingkan keburukan darinya sesuai kadar doanya. Jadi kita harus terus berdoa kepada Allah. Apabila kita percaya dan ikhlas, serta taat kepada Allah, maka kita akan bisa meyakini terkabulnya doa di sisi Allah dengan makna yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw.

Dari penjelasan hadist tersebut dapat kita temukan bahwa ada amal hati yang harus dilakukan selain berdoa. Amal hati itu adalah ikhlas. Ketika segala cara sudah ditempuh namun belum juga terkabul maka ikhlaskan. Mungkin Allah sedang menguji kita. Sejauh mana kita sudah menyerahkan semuanya kepada Allah Swt. Memasrahkan kehidupan kita kepada-Nya. Ketika hati telah ikhlas, diri sudah menerima sepenuhnya ketetapan Allah, datanglah jawaban itu. Allah mengabulkan doa-doa kita di saat hati sudah betul-betul ikhlas.

Keikhlasan menjadi Kunci

Terkadang keinginan kita yang dilantunkan dalam setiap doa kering dari keikhlasan. Doa yang menggebu tanpa ikhlas akan membuat kita putus asa dan berhenti berharap. Padahal berputus asa dilarang oleh Allah, apalagi berputus asa dalam doa kemudian berhenti meminta kepada Allah Swt.

Betapa banyak fakta yang menunjukkan tentang hal ini. Sepasang suami istri yang menginginkan keturunan sekian lama. Terus berdoa. Ketika sudah ikhlas dan tidak lagi tergesa-gesa, pada saat itulah Allah berikan keturunan. Ketika keinginan berhaji menggebu-gebu. Doa dan usaha selalu diupayakan. Namun belum juga bisa berangkat. Ketika keihklasan muncul dan sudah dipasrahkan kepada-Nya maka pada saat itulah Allah berangkatkan ke Baitullah.

Maka kunci dari segala doa adalah keikhlasan. Ketika setiap doa dibarengi dengan keihklasan akan ringan terasa. Tidak tergesa-gesa. Terus meminta tanpa kenal lelah. Andai dikabulkan sungguh bahagia. Andai belum, biasa saja. Tidak kecewa kemudian berhenti berdoa. Karena ikhlas membuat kita bersabar dan berpikir positif. Senantiasa bersemangat menjalani segala aktivitas serta optimis dalam menatap masa depan.

Ikhlas itu ketika tak ada lagi beban dalam meminta

Pasrah terhadap segala ketentuan-Nya

Karena Allah saja pemilik segalanya

Manusia hanya tinggal berusaha dan berdoa

Serta taat kepada syariat-Nya.

Waallahu’alam bisshowwab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Kepala HAM PBB Sebut Pengungsi Rohingya Tidak Aman Kembali Ke Myanmar

Kepala HAM PBB Sebut Pengungsi Rohingya Tidak Aman Kembali Ke Myanmar

Kamis, 18 Aug 2022 19:26

Sedikitnya 21 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri Di Sebuah Masjid Di Kabul Afghanistan

Sedikitnya 21 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri Di Sebuah Masjid Di Kabul Afghanistan

Kamis, 18 Aug 2022 18:57

Bersihkan Dulu Tubuh Polri, Baru Bicara Isu Radikalisme di Dunia Pendidikan

Bersihkan Dulu Tubuh Polri, Baru Bicara Isu Radikalisme di Dunia Pendidikan

Kamis, 18 Aug 2022 15:03

Apa itu Puasa Mutlak dan Bagaimana Niatnya?

Apa itu Puasa Mutlak dan Bagaimana Niatnya?

Kamis, 18 Aug 2022 14:03

Anis: Pemerintah Harus Fokus Benahi Inflasi dan Kesejahteraan Rakyat

Anis: Pemerintah Harus Fokus Benahi Inflasi dan Kesejahteraan Rakyat

Rabu, 17 Aug 2022 20:47

Mengawal Generasi Muslim

Mengawal Generasi Muslim

Rabu, 17 Aug 2022 20:39

Pelajar SMP Luqman al Hakim Surabaya Tulis Surat Perdamaian untuk Kepala Negara di Dunia

Pelajar SMP Luqman al Hakim Surabaya Tulis Surat Perdamaian untuk Kepala Negara di Dunia

Rabu, 17 Aug 2022 20:31

Tanggapi Pidato Jokowi, Fahira Idris: Masih Banyak UMKM Jalan di Tempat

Tanggapi Pidato Jokowi, Fahira Idris: Masih Banyak UMKM Jalan di Tempat

Rabu, 17 Aug 2022 20:25

Oposisi Afghanistan 'Sangat Lemah' Meskipun Kemarahan Meningkat Terhadap Taliban

Oposisi Afghanistan 'Sangat Lemah' Meskipun Kemarahan Meningkat Terhadap Taliban

Rabu, 17 Aug 2022 13:30

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Selasa, 16 Aug 2022 21:18

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Selasa, 16 Aug 2022 21:15

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Selasa, 16 Aug 2022 20:30

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Selasa, 16 Aug 2022 20:19

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Selasa, 16 Aug 2022 19:49

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Selasa, 16 Aug 2022 10:42

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Selasa, 16 Aug 2022 10:29

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Selasa, 16 Aug 2022 09:00


MUI

Must Read!
X