Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.320 views

Mencari Kunci Terkabulnya Doa, Makna Keikhlasan terhadap Takdir

 

Oleh: Erika Kartini

Setiap manusia pasti menginginkan sesuatu dalam hidupnya. Bagi yang single pasti sangat ingin memiliki pasangan. Yang telah menikah pasti ingin memiliki keturunan. Ketika sudah memiliki anak perempuan, ingin anak laki-laki atau sebaliknya. Materi atau harta terkadang juga menjadi keinginan bagi manusia. Baik dalam rangka kebaikan atau sekadar pemuas nafsu dan menaikkan harga diri. Bepergian ke suatu tempat seperti ibadah haji ke Mekah atau jalan-jalan ke Eropa terkadang juga menjadi cita-cita bagi banyak orang.

Semua itu adalah keinginan yang sebenarnya menjadi fitrah bagi tiap manusia. Fitrah yang termasuk dalam naluri yaitu eksistensi diri. Manusia akan merasa bahagia dan puas ketika keinginannya tercapai. Sebaliknya akan merasa gelisah bahkan merana ketika belum tercapai.

Allah Swt adalah pencipta yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Baik dan buruk sesuatu ditentukan oleh ridha dari-Nya. Ketika Allah ridha maka itu menjadi sebuah kebaikan. Dan sebaliknya, menjadi keburukan ketika Allah murka. Sebagai seorang muslim yang menghamba kepada Allah saja maka kita perlu taat kepada-Nya. Termasuk dalam hal keinginan kita. Sebisa mungkin memenej keinginan sesuai dengan keridhaan Allah. Meski terkadang keinginan baik kita belum juga tercapai.

Keinginan yang telah sesuai perintah-Nya tidak serta merta tercapai dengan segera. Terkadang lama atau bahkan tidak terwujud sampai ajal menjelang. Disinilah Allah Swt sedang menguji. Sejauh mana keikhlasan kita menerima ketentuan dari Allah. Terkadang Allah ingin melihat kesungguhan kita.

Agar Doa Dikabulkan

Agar terwujud segala keinginan kita tentu saja ada banyak cara yang harus ditempuh. Baik itu berupa amal fisik maupun amal hati. Berdoa sebagai sebuah amal hati menjadi tempat mengadu dan meminta. Doa-doa tulus harus senantiasa dipanjatkan kepada Sang Pemilik jagat raya. Siang malam tak pernah berhenti. Berharap Allah kabulkan segala permohonan.

Sedangkan amal fisik adalah sebab-sebab yang mengantarkan kepada hasil. Dengan kata lain, perlu usaha nyata. Tidak hanya berdoa saja. Berdoa tidak berarti meninggalkan usaha. Jika semua usaha sudah ditempuh kemudian berdoa juga terus dipanjatkan namun belum terkabul juga, maka kita perlu mengevaluasi diri.

Doa yang belum terkabulkan bisa jadi karena kita belum taat kepada Allah Swt.Allah telah menjelaskan agar kita berdoa kepada-Nya, disertai dengan memenuhi seruan-Nya, terikat dengan syariat-Nya, dan mengikuti Rasul-Nya.

Allah Swt telah berfirman:

Dan hendaklah kamu memenuhi seruan-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar kamu mendapatkan petunjuk” (TQS al-Baqarah [2]: 186).

Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah saw. dengan sabdanya:

“Ia berdoa kepada Allah, tapi makanan dan minumannya dari barang yang diharamkan, maka bagaimana mungkin akan dikabulkan doanya. (HR. Muslim).

Setelah semua usaha dilakukan, ketaatan sudah dilaksanakan maka insyaallah akan terkabul. Allah Swt pasti akan mengabulkan setiap doa orang yang berdoa, dan akan mengabulkan orang yang terdesak dengan kebutuhannya ketika ia berdoa kepada-Nya.

Allah Swt berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (TQS. Ghâfir [40]: 60).

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.” (TQS. al-Baqarah [2]: 186)

Keinginan yang telah sesuai perintah-Nya tidak serta merta tercapai dengan segera. Terkadang lama atau bahkan tidak terwujud sampai ajal menjelang. Disinilah Allah Swt sedang menguji. Sejauh mana keikhlasan kita menerima ketentuan dari Allah. Terkadang Allah ingin melihat kesungguhan kita.

Perlu dipahami bahwa ijabah doa mempunyai pengertian syar’i tersendiri (hakikat syar’iyah) yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw.

Beliau Saw bersabda:

“Tak seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah dengan suatu doa yang di dalamnya tidak dosa dan memutuskan silaturahmi, kecuali Allah akan memberinya salah satu dari tiga perkara, yaitu bisa jadi Allah akan mempercepat terkabulnya doa itu saat di dunia; atau Allah akan menyimpan terkabulnya doa di akhirat kelak, dan bisa jadi Allah akan memalingkan keburukan darinya sesuai dengan kadar doanya. Para sahabat berkata, “Kalau begitu kami akan memperbanyak doa.” Rasulullah saw. bersabda, “Allah akan lebih banyak lagi (mengabulkannya).” (HR. Ahmad, al-Bukhâri dalam al-Adab al-Mufrad)

Maksud hadits di atas adalah bahwa terkabulnya doa tidak mesti terwujud di dunia. Doa itu kadang bisa kabulkan di dunia atau Allah akan menyimpannya di akhirat kelak. Dan di akhirat itu akan terdapat pahala yang sangat besar dan banyak. Atau Allah akan memalingkan keburukan darinya sesuai kadar doanya. Jadi kita harus terus berdoa kepada Allah. Apabila kita percaya dan ikhlas, serta taat kepada Allah, maka kita akan bisa meyakini terkabulnya doa di sisi Allah dengan makna yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw.

Dari penjelasan hadist tersebut dapat kita temukan bahwa ada amal hati yang harus dilakukan selain berdoa. Amal hati itu adalah ikhlas. Ketika segala cara sudah ditempuh namun belum juga terkabul maka ikhlaskan. Mungkin Allah sedang menguji kita. Sejauh mana kita sudah menyerahkan semuanya kepada Allah Swt. Memasrahkan kehidupan kita kepada-Nya. Ketika hati telah ikhlas, diri sudah menerima sepenuhnya ketetapan Allah, datanglah jawaban itu. Allah mengabulkan doa-doa kita di saat hati sudah betul-betul ikhlas.

Keikhlasan menjadi Kunci

Terkadang keinginan kita yang dilantunkan dalam setiap doa kering dari keikhlasan. Doa yang menggebu tanpa ikhlas akan membuat kita putus asa dan berhenti berharap. Padahal berputus asa dilarang oleh Allah, apalagi berputus asa dalam doa kemudian berhenti meminta kepada Allah Swt.

Betapa banyak fakta yang menunjukkan tentang hal ini. Sepasang suami istri yang menginginkan keturunan sekian lama. Terus berdoa. Ketika sudah ikhlas dan tidak lagi tergesa-gesa, pada saat itulah Allah berikan keturunan. Ketika keinginan berhaji menggebu-gebu. Doa dan usaha selalu diupayakan. Namun belum juga bisa berangkat. Ketika keihklasan muncul dan sudah dipasrahkan kepada-Nya maka pada saat itulah Allah berangkatkan ke Baitullah.

Maka kunci dari segala doa adalah keikhlasan. Ketika setiap doa dibarengi dengan keihklasan akan ringan terasa. Tidak tergesa-gesa. Terus meminta tanpa kenal lelah. Andai dikabulkan sungguh bahagia. Andai belum, biasa saja. Tidak kecewa kemudian berhenti berdoa. Karena ikhlas membuat kita bersabar dan berpikir positif. Senantiasa bersemangat menjalani segala aktivitas serta optimis dalam menatap masa depan.

Ikhlas itu ketika tak ada lagi beban dalam meminta

Pasrah terhadap segala ketentuan-Nya

Karena Allah saja pemilik segalanya

Manusia hanya tinggal berusaha dan berdoa

Serta taat kepada syariat-Nya.

Waallahu’alam bisshowwab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Beranikah SBY Geruduk Istana?

Beranikah SBY Geruduk Istana?

Selasa, 09 Mar 2021 10:35

Bertemu Menag, Parmusi Tegaskan Komitmen Organisasi Dakwah

Bertemu Menag, Parmusi Tegaskan Komitmen Organisasi Dakwah

Selasa, 09 Mar 2021 09:33

Varian Baru Covid-19, Strateginya Makin Disiplin 5M, Tingkatkan 3T dan Percepat Vaksinasi

Varian Baru Covid-19, Strateginya Makin Disiplin 5M, Tingkatkan 3T dan Percepat Vaksinasi

Selasa, 09 Mar 2021 08:29

Politik Devide Et Impera

Politik Devide Et Impera

Selasa, 09 Mar 2021 07:25

Perpres Miras Dicabut, Kenapa DPRD DKI Ngotot Pertahankan Saham Miras?

Perpres Miras Dicabut, Kenapa DPRD DKI Ngotot Pertahankan Saham Miras?

Selasa, 09 Mar 2021 06:05

Presiden Suriah Bashar Al-Assad Dan Istri Positif Terinfeksi COVID-19

Presiden Suriah Bashar Al-Assad Dan Istri Positif Terinfeksi COVID-19

Senin, 08 Mar 2021 21:46

Senator AS Kecam Kebijakan 'Santai' Biden Terhadap Iran Untuk Serangan Fasilitas Energi Saudi

Senator AS Kecam Kebijakan 'Santai' Biden Terhadap Iran Untuk Serangan Fasilitas Energi Saudi

Senin, 08 Mar 2021 21:00

Kembali Terjadi Kasus Suap, Kinerja Perpajakan Harus Dievaluasi Besar-Besaran

Kembali Terjadi Kasus Suap, Kinerja Perpajakan Harus Dievaluasi Besar-Besaran

Senin, 08 Mar 2021 20:27

Cinta dalam Sepotong Coklat

Cinta dalam Sepotong Coklat

Senin, 08 Mar 2021 19:57

Perintah Agama Vs Toleransi Terhadap Keragaman

Perintah Agama Vs Toleransi Terhadap Keragaman

Senin, 08 Mar 2021 19:21

Nikah Muda, Why Not?

Nikah Muda, Why Not?

Senin, 08 Mar 2021 18:47

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Sejalan dengan Muhammadiyah, Fraksi PKS Tegaskan Agama Jadi Bagian Integral Visi Pendidikan Nasional

Senin, 08 Mar 2021 18:13

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Mulianya Perempuan dengan Jilbab

Senin, 08 Mar 2021 17:51

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Pemerintah Rencana Impor 1 Juta Ton Beras, Legislator Pertanyakan Food Estate

Senin, 08 Mar 2021 17:21

Mendidik Anak dari Rumah

Mendidik Anak dari Rumah

Senin, 08 Mar 2021 16:47

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Moeldoko Merampas Partai Mau Menjadi Presiden?

Senin, 08 Mar 2021 16:11

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Llyod Austin Sebut AS Akan Balas Menyerang Jika Kepentingannya Diganggu

Senin, 08 Mar 2021 16:00

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Ketum Muhammadiyah Soroti Tak Ada Frasa Agama di Draf Peta Jalan Pendidikan

Senin, 08 Mar 2021 15:23

Pemerintah Terlihat Bingung

Pemerintah Terlihat Bingung

Senin, 08 Mar 2021 15:00

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Di Negeri Kartun, Orang Mati Jadi Tersangka

Senin, 08 Mar 2021 13:08


MUI

Must Read!
X

Selasa, 09/03/2021 07:25

Politik Devide Et Impera