Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
22.690 views

Selamatkan Ummat Islam Indonesia dengan Berjihad Fii Sabilillah

Shahabat Voa Islam yang dimuliakan Alloh,

Seringkali kita temui betapa banyak orang berbicara kebaikan secara fasih tapi ia melakukan hal yang sebaliknya dalam perbuatan. Atau juga kita mendapati tidak sedikit orang yang memiliki gelar dan prestasi akademik yang tinggi sekalipun, ternyata gagal memahami makna dan hakekat kebaikan itu sendiri. Maka sebagai hamba Alloh yang lemah, mari kita bermohon kepada Alloh Jalla wa ‘Alaa agar IA mengaruniai kita kebaikan dalam pemahaman dan pengamalan, amiin!

Dalam Diinul Islam yang kita cintai, setidaknya bisa dibuat Hirarki Kebaikan yang dengan itu kita juga bisa mengenali lawannya, yakni Keburukan. Silahkan koreksi jika apa yang kami gambarkan dibawah salah atau keliru.

Kebaikan Keburukan
Tauhid Syirk
Sunnah Bid'ah
Tho’at Maksiat
Mubah Makruh
Afdhol Mafdhul

Kegunaan table hirarki diatas adalah agar kita bisa mencermati langkah-langkah yang kita ambil. Sehingga manakala terjadi kekeliruan maupun ketepatan bergerak, maka kita juga bisa mengoreksi atau meningkatkannya secara proporsional. Lebih penting lagi adalah agar apa yang kita lakukan tidak keluar dari koridor kebaikan itu sendiri.

Oleh karenanya, Syekh Ibnul Qoyyim Al Jauziyah dalam sebuah kitabnya telah menjabarkan langkah-langkah Iblis dan balatentaranya untuk menyesatkan manusia dengan urutan sebagaimana table hirarki diatas. Setelah semua langkah-langkah menyesatkan manusia dengan urutan diatas gagal, maka Iblis akan mengerahkan seluruh balatentaranya dari kalangan manusia dan Jin untuk memerangi manusia.

Dimana dengan peperangan itu, bisa jadi Iblis mendapat peluang baru dan mendaur-ulang kesempatan agar kembali dapat menyesatkan manusia. Wallohul Musta’an.

Shahabat Voa Islam yang dimuliakan Alloh,

Mencermati apa yang sedang terjadi disekitaran kita, yakni saat gelombang demokrasi sedang pasang. Nampaknya tidak banyak yang dapat mendudukkan persoalan demokrasi itu secara tepat. Kebanyakan kita hanya melihat demokrasi sebagai sebuah wasilah (sarana) dan bukan sebagai sebuah sistim walaupun terkadang kita melafazkannya.

Menurut hemat kami, demokrasi adalah sebuah sistim yang memiliki nilai dan mekanisme terapan bahkan jaringan yang mengikat siapapun yang menempuhnya. Sehingga ia tidak bisa kita manfaatkan untuk memperjuangan nilai-nilai Islam yang kita yakini utuh, menyeluruh dan sempurna.

Jika kita memaksakan Islam untuk diperjuangkan melalui system ini maka yang terjadi adalah penggerusan nilai-nilai Islam sendiri atau minimal tercampurnya kejernihan Islam dengan kekotoran demokrasi. Walhasil, mekanisme demokrasi yang kita tempuh justru menyimpangkan tujuan perjuangan meninggikan Islam itu sendiri. Wallohu a’lam.

Sungguh kita sangat menyayangkan banyaknya orang yang berilmu dalam Islam namun melegalkan keterlibatan kaum muslimin dalam demokrasi. Sebagiannya bahkan mengajak ummat untuk menikmati demokrasi. Ummat Islam hari ini bukan saja tidak merasa bersalah saat berkubang demokrasi malah sampai satu titik dimana sebahagian mereka merasa tidak bisa melepaskan diri dari sistim yang bathil ini. Jika kita menyampaikan kepada mereka tentang kerusakan demokrasi maka mereka akan balik melempar soal, lalu dengan apa atau bagaimana kita berjuang?

Yang menarik adalah saat para ‘alim menggunakan kaedah fiqh untuk memilih mudharat yang lebih ringan dari dua pilihan. Qodarulloh, untuk pilpres 2014 ini kok ya calonnya juga pas 2 pasang. Maka meluncurlah ajakan dan himbauan untuk berdemokrasi ria dari para tokoh ummat dengan telah sebelumnya menakuti-nakuti ummat dengan berbagai hal-hal ghaib kedepannya jika salah satu calon berkuasa.

Padahal kalau kita timbang dengan hirarki kebaikan dan keburukan yang kita buat diatas, demokrasi masuk pada peringkat pertama (soal ushul, antara Tauhid dengan Syirk) atau paling tidak antara Sunnah dengan Bid’ah, yakni peringkat hirarki kedua. Dimana bid’ahnya demokrasi (kalau kita sepakat)pun bisa tergolong bid’ah mukafiroh, laa haula wa laa quwwata illa billah. Wallohu a’lam.

Shahabat Voa Islam yang dimuliakan Alloh,

Ciri orang beriman menurut Alloh Jalla wa ‘Ala adalah bertawakkal kepadaNya semata, sebagaimana firmanNya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.”(QS Al Anfaal:2)

Dan kalau sikap tawakkalnya orang-orang beriman tetap harus disertai usaha maka usaha itu juga harus tidak boleh menyelisihi syari’at Alloh dan RasulNya. Contohnya, banyak kalangan awam mendatangi dukun-dukun yang mengaku orang pintar dan mengikuti setiap arahan mereka sekalipun syirk namun kalangan awam menganggapnya itu sebagai usaha dalam rangka ikhtiar.

Maka tentu saja sikap tawakkal semacam ini adalah bathil dan tidak diperbolehkan, karena syirk adalah mudharat yang paling besar dan wajib dijauhi bukan malah diikuti.

Dalam konteks gelombang pasang demokrasi sekarang, sikap yang kita harus ambil adalah bertawakkal kepada Alloh saja dengan tetap berusaha yang dituntunkan dalam Syari’atNya. Bukan menghasung diri kita dan ummat kebanyakan untuk menceburkan diri kedalam sistim demokrasi yang merusak ketauhidan kita kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Salah satu usaha yang syar’i dalam menerapkan sikap tawakkal kita kepada Alloh adalah dengan memperhebat upaya I’dad dan men-tahridh ummat untuk berjihad!

Alloh Azza wa Jalla berfirman:

“Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu, jika kamu benar-benar orang yang beriman.”(QS Ali Imron:175)

Jadi jangan menakut-nakuti ummat akan syetan Syi’ah, syetan Preman, atau bahkan syetan PKI sekalipun, kemudian malah ummat kita ceburkan kepada kubangan syetan demokrasi. Sebaliknya, kita mesti menyadarkan ummat akan bathilnya demokrasi dan menyiapkan mereka untuk berjihad fii sabilillah!

Kami berfikir, mestinya kita bersungguh-sungguh mendakwahi tokoh yang kita anggap pro Islam itu untuk mau berjihad fii sabilillah sehingga kita dan beliau itu serta seluruh kaum muslimin Indonesia terselamatkan dunia akheratnya. Bukan malah kita ikut menceburkan diri kedalam sistim demokrasi yang bathil dan tidak mendakwahi 'beliau' itu secara serius dan lurus. Dimana justru kita semua jadi malah terancam azab dan neraka Alloh Azza wa Jalla, wa'iyyadzubillah!

Semoga Alloh Jalla wa 'Alaa membimbing kita kejalanNya yang lurus, amiin! Wallohu Ta'ala a'lamu bis showwab. (AF/Voa Islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Ajak Sinergi dan Kolaborasi, Muslimah Wahdah dan Mushida Siap Berkontribusi untuk Indonesia

Ajak Sinergi dan Kolaborasi, Muslimah Wahdah dan Mushida Siap Berkontribusi untuk Indonesia

Jum'at, 22 Oct 2021 22:45

 Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah dan Industri Halal Dunia

Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah dan Industri Halal Dunia

Jum'at, 22 Oct 2021 22:31

ACN Membentangkan Spanduk Protes Kebebasan Seksual di Pancoran

ACN Membentangkan Spanduk Protes Kebebasan Seksual di Pancoran

Jum'at, 22 Oct 2021 21:36

43 Negara PBB Serukan Cina Buka Akses 'Segera' Ke Xinjiang Untuk Para Pengamat

43 Negara PBB Serukan Cina Buka Akses 'Segera' Ke Xinjiang Untuk Para Pengamat

Jum'at, 22 Oct 2021 17:35

Laporan: Hampir Setengah Dari Seluruh Pengungsi Afghanistan Di AS Anak-anak

Laporan: Hampir Setengah Dari Seluruh Pengungsi Afghanistan Di AS Anak-anak

Jum'at, 22 Oct 2021 16:45

Pihak Berwenang Filipina Klaim Tangkap Anggota Abu Sayyaf Yang Terlibat Penculikan 2 Warga Kanada

Pihak Berwenang Filipina Klaim Tangkap Anggota Abu Sayyaf Yang Terlibat Penculikan 2 Warga Kanada

Jum'at, 22 Oct 2021 15:45

DDII: Hari Santri Momentum Kebangkitan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Terbaik

DDII: Hari Santri Momentum Kebangkitan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Terbaik

Jum'at, 22 Oct 2021 15:34

Laporan: Apple Akan Mulai Paksa Karyawan Yang Tidak Divaksin Untuk Tes COVID-19 Setiap Masuk Kantor

Laporan: Apple Akan Mulai Paksa Karyawan Yang Tidak Divaksin Untuk Tes COVID-19 Setiap Masuk Kantor

Jum'at, 22 Oct 2021 14:50

Murid Kiai Ahmad Dahlan Jelaskan Bahwa Maulid Nabi Adalah Hal yang Baik

Murid Kiai Ahmad Dahlan Jelaskan Bahwa Maulid Nabi Adalah Hal yang Baik

Kamis, 21 Oct 2021 16:35

2 Mantan Tentara Jerman Ditangkap Karena Berusaha Bentuk Unit Paramiliter Untuk Bertempur Di Yaman

2 Mantan Tentara Jerman Ditangkap Karena Berusaha Bentuk Unit Paramiliter Untuk Bertempur Di Yaman

Kamis, 21 Oct 2021 15:12

Mulianya Nabi Hinanya Kita

Mulianya Nabi Hinanya Kita

Kamis, 21 Oct 2021 14:14

Maraknya Pinjaman Online Ilegal, Waketum PERSIS: Dampak Krisis Ekonomi dan Perilaku Konsumtif

Maraknya Pinjaman Online Ilegal, Waketum PERSIS: Dampak Krisis Ekonomi dan Perilaku Konsumtif

Kamis, 21 Oct 2021 13:14

Ketua Bidgar Ekonomi PP PERSIS: Semua Pihak Harus Bersatu Berantas Pinjol Ilegal

Ketua Bidgar Ekonomi PP PERSIS: Semua Pihak Harus Bersatu Berantas Pinjol Ilegal

Kamis, 21 Oct 2021 13:02

Hanya Satu: Islam

Hanya Satu: Islam

Kamis, 21 Oct 2021 12:55

Rizal Ramli: Kereta Cepat dan Ibu Kota Baru Bukan Prioritas

Rizal Ramli: Kereta Cepat dan Ibu Kota Baru Bukan Prioritas

Kamis, 21 Oct 2021 09:27

HNW Dukung Perkuat Hubungan Indonesia-Turki tapi Tolak  Attaturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta

HNW Dukung Perkuat Hubungan Indonesia-Turki tapi Tolak Attaturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta

Rabu, 20 Oct 2021 22:58

Mungkinkah, Nama Jalan Mustafa Kemal Atuturk Diganti dengan Osman Bey?

Mungkinkah, Nama Jalan Mustafa Kemal Atuturk Diganti dengan Osman Bey?

Rabu, 20 Oct 2021 22:05

Laporan: Facebook Berencana Ubah Nama Untuk Fokus Pada Metaverse

Laporan: Facebook Berencana Ubah Nama Untuk Fokus Pada Metaverse

Rabu, 20 Oct 2021 21:30

Rezim Teroris Assad Bombardir Pasar di Kota Ariha Idlib, 11 Warga Sipil Tewas 35 Lainnya Terluka

Rezim Teroris Assad Bombardir Pasar di Kota Ariha Idlib, 11 Warga Sipil Tewas 35 Lainnya Terluka

Rabu, 20 Oct 2021 21:20

Menkes: Vaksinasi di Indonesia Capai 171,9 Juta Dosis

Menkes: Vaksinasi di Indonesia Capai 171,9 Juta Dosis

Rabu, 20 Oct 2021 21:07


MUI

Must Read!
X