Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
23.276 views

Ketum PP Pemuda PERSIS 2021-2016 Usung Tagline #BerdakwahBerdampak

KABUPATEN BANDUNG (voa-islam.com) - Pimpinan Pusat (PP) Pemuda PERSIS masa jihad 2021—2026, di bawah kepemimpinan Ibrahim Nasrul Haq Al Fahmi, S.Pd., memopulerkan tagline #BerdakwahBerdampak sebagai semangat pergerakannya.

Pemilihan rangkaian kata tersebut tentu memiliki nilai, bukan hanya beralasankan adanya rima dalam kata.

Menurut Ibrahim, rangkaian kata ini bukanlah hal yang baru di dalam dunia dakwah, melainkan mimpi dari setiap aktivis dakwah. Menurutnya, adanya dampak dari dakwah yang dilakukan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain dan lingkungannya, merupakan tujuan perjuangan dan pengorbanan yang mereka lakukan.

“Para pelaku dakwah tentunya mencita-citakan gerakan dakwahnya dapat memberikan dampak,” demikian ungkap Ketua Umum PP Pemuda PERSIS tersebut saat memberikan kuliah Subuh pada Persada VIII Pemuda PERSIS Kab. Bandung, Sabtu (25/12/21).

Uraian singkat berdakwah berdampak dari Ibrahim tersebut setidaknya dapat menjadi gambaran, bagaimana paradigma dakwah Islam yang dilakukan para kader Pemuda PERSIS. 

Ibrahim menuturkan, keinginan menghadirkan dampak akan memantik adanya tujuan dalam setiap dakwah yang Pemuda PERSIS lakukan. Karena menurutnya, kesadaran untuk merencanakan tujuan akan menjadikan dakwah berjalan dengan baik. 

Adapun dakwah yang didasarkan pada keyakinan yang penting dakwah, urusan hasil urusan kemudian tanpa perencanaan yang baik, maka hasilnya pun akan seadanya. Gerakan dakwah sporadis seperti itu diibaratkan melempar tanpa arah tujuan, satu kesempatan mungkin ada salah satu yang kena, tetapi hasilnya tidak dapat diukur.

Lebih lanjut Ia memaparkan tantangan dakwah yang dihadapi. Menurutnya, tantangan yang datang setiap harinya tidak menjadi semakin mudah. Meskipun rintangannya sama, yaitu bagaimana mendegradasikan nilai Islam di tengah umat, tetapi berwujud dalam kemasan beragam yang menarik perhatian umat.

“Oleh karena itu, gerakan dakwah pun tidak bisa dilakukan dengan satu cara,” tutur Ibrahim yang juga kader Pemuda PERSIS dari Kabupaten Bandung.

Menguatkan penjelasan paradigma berdakwah berdampak, Ibrahim menjadikan ayat 11 surah Ar-Ra’du sebagai landasan.

Melalui ayat tersebut, menurutnya Allah mengharapkan kesalehan yang terwujud secara berjamaah. Ia menyotori bersandingnya dua kata, yaitu qaum (kaum) yang dipengaruhi oleh anfus (diri-diri). 

“Perubahan kolektif diawali dengan adanya perubahan inidvidu, yang kemudian perubahan tersebut dilakukan dengan skala yang lebih besar,” katanya seperti dikutip dari laman resmi persis.or.id.

Ibrahim menegaskan, itulah dampak. Ia berpesan untuk merekonstruksi tujuan dakwah agar dapat merespon juga tantangan di tengah masyarakat, tidak hanya bertujuan kesalehan diri sendiri atau untuk jamiyyah saja.

Namun demikian, jika ingin mengubah masyarakat agar tidak tercabik oleh nilai-nilai yang menggerogoti Islam, tentu dimulai dari inividu masing-masing.

Adapun mengenai persoalan dalam dakwah Islam, Ia menyebut tidak hanya dalam masalah akidah, akhlak, dan muamalah, tetapi juga soal sosial, politik, hukum, dan sebagainya. Ranah ini juga harus disentuh oleh Pemuda PERSIS.

“Berdakwah dengan uswah, berdampak ke segala arah. Bukan mengubah jihad PERSIS, tetapi menambah kerja dakwahnya. Jika direncanakan dengan baik, tentunya dapat membawa dampak yang baik,” jelasnya. 

Di akhir pemaparan, Ibrahim mengajak untuk bersama-sama mengembangkan dakwah tidak hanya melalui satu cara. Jadikan setiap aktivitas sebagai lahan dakwah. Ia mencontohkan, Persada yang diselenggarakan bukan hanya pertandingan olahraga merebutkan piala, melainkan salah saju jalur untuk berdakwah. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X