Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
22.318 views

Agama Dinista, Umat Islam Jangan Bungkam!

 

Oleh: Dhiniaty Amandha

Kasus penistaan agama terjadi lagi. Baru-baru ini Ferdinand Hutahaean melalui postingan pada akun twitternya  menuliskan : "Kasian sekali Allahmu, ternyata lemah harus dibela, kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, DIA lah pembelaku selalu dan Allahku tidak perlu dibela."

Pernyataan ini sungguh mengiris hati kaum muslim yang berpegang teguh pada keimanan terhadap Allah Yang Maha Kuasa.  Namun yang lebih sakit adalah ketika melihat sebagian kaum muslim yang bersikap acuh dan tidak merespon hal ini. Seakan tidak mau ikut campur atas apa yang terjadi terhadap penistaan agama ini, mereka memilih diam hanya karena merasa tidak ada kaitannya dengan kehidupannya.

Bukan Allah yang lemah!

Bukan Allah yang lemah, tapi ilmu kitalah yang terbatas sehingga mengatakan hal yang demikian itu kepada Allah yang bersifat qudrat (Maha Kuasa). KalamNya yang termaktub di dalam Al-Qur'an, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

مَّن يَشْفَعْ شَفَٰعَةً حَسَنَةً يَكُن لَّهُۥ نَصِيبٌ مِّنْهَا ۖ وَمَن يَشْفَعْ شَفَٰعَةً سَيِّئَةً يَكُن لَّهُۥ كِفْلٌ مِّنْهَا ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ مُّقِيتًا

Artinya : Barang siapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang baik, niscaya dia akan memperoleh bagian dari (pahala)nya. Dan barang siapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang buruk, niscaya dia akan memikul bagian dari (dosa)nya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. An-Nisa' 4 yat 85).

Dalam ayat ini secara jelas bahwa Allah mengatakan bahwa DIA (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu. Artinya Allah tidak membutuhkan sesuatu apapun untuk membuatNya menjadi kuat, apatah lagi kepada manusia yang sifatnya lemah dan terbatas. Sekalipun semua manusia menolong agama Allah tentulah tak sedikitpun akan menambah kekuasaan Allah. Pun sama, sekalipun semua manusia yang ada di muka bumi ini berpaling daripada menyembah Allah, maka kekuasaan Allah tidak akan berkurang sedikitpun.

Untuk Apa Menolong Agama Allah?

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (QS. Muhammad 47 ayat 7).

Bagi orang yang membenci Islam, ayat ini digunakan seakan-akan Allah itu lemah, membutuhkan pertolongan manusia untuk menolong agamaNya. Tentulah ini merupakan kedangkalan berfikir. Sesungguhnya manusialah yang membutuhkanNya, sehingga menolong agama Allah untuk membuktikan keberpihakannya kepada yang haq atau bathil.

Tidak Memberikan Efek Jera

Seperti beberapa kasus penistaan agama yang pernah terjadi di negeri ini,  hukuman yang diberikan tidak memberikan efek jera. Bahkan ada beberapa kasus yang hanya diselesaikan dengan meminta maaf kepada umat penganut agama tersebut. Hal seperti ini akan terus berulang jika hukum yang diberikan tidak memberikan efek jera kepada pelakunya seperti sekarang. Padahal kehormatan dan kemuliaan Allah, RasulNya dan diin Islam adalah harga mati. Di pundak kaum muslim lah untuk menjaganya. Perlu adanya tindakan tegas dengan pemberlakuan hukum sesuai syari’at.

Umat Harus Bagaimana?

Masyarakat yang terbentuk saat ini adalah masyarakat kapitalis yang bersifat individualisme. Wajar saja, sekalipun mayoritas menganut agama Islam, akan tetapi individualisme tidak akan membuat umat saat ini bangkit untuk membela Islam. Sehingga umat saat ini seperti terkotak-kotak sesuai apa yang mereka terima dalam jalan hidupnya.

Pertama, yang mengamalkan Islam hanya dari sudut pandang hubungan dirinya dengan Tuhannya. Dalam Islam, hubungan antara manusia dengan Allah wajib adanya. Karena hal itu sudah diatur dalam Islam. Namun, sebagai umat Islam yang memilih Islam sebagai agamanya, tentu konsekuensi yang harus ditempuh adalah dengan berislam secara kaffah (menyeluruh) bukan tebang pilih syariat. Di dalam Islam hubungan yang dibangun tidak hanya dengan Tuhan, melainkan dengan manusia dan juga dirinya sendiri.

Jika hanya mengamalkan ibadah ritual saja seperti sholat, mengaji dan berpuasa, tentu tidak akan sempurna dalam menjalani syariat Islam. Sangat wajar jika hanya menjalankan ibadah ritual saja membuat tidak peduli dengan apa yang terjadi pada kasus-kasus yang menyudutkan Islam. Karena beranggapan bahwa itu bukan urusan penting, yang menjadi urusan hanyalah beribadah kepada Allah SWT.

Kedua, yang menganggap segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan urusan dirinya mutlak bukan menjadi urusannya. Anggapan seperti ini timbul di tengah-tengah masyarakat kapitalis yang individualisme. Dengan demikian individu-individu masyarakat kapitalis tidak akan pernah ikut campur urusan yang bukan berkaitan dengan kepribadiannya. Hal ini tidak akan mampu membangkitkan umat Islam. Karena rasa individualisme yang menyebabkan ketidakpeduliannya terhadap orang lain, sekalipun orang lain tersebut membenci Islam dan memfitnah isi ajaran agamanya.

Ketiga, yang memperjuangkan Islam dengan segenap jiwa dan raganya, dengan keimanan yang kokoh yang tertanam dalam dirinya dan berpegang teguh pada syariat Islam kaffah. Yang menginginkan kebangkitan Islam kembali sebagaimana Islam dahulu pernah bangkit sekitar 1.300 tahun lamanya. Sudah seharusnya kaum muslim berpedoman kepada Al-Qur'an dan Sunnah dan berusaha mengamalkannya dengan menegakkan kembali syariat Islam di atas muka bumi ini yang dapat membawa kebangkitan dan melawan musuh-musuh Islam yang menginginkan kemunduran terhadap umat Islam.

Barisan yang ketiga inilah yang dapat melawan musuh-musuh Islam dengan kekuatan dakwah Islam dan mempersatukan umat dengan membentuk masyarakat Islam yang memiliki perasaan yang sama, pemikiran yang sama, dan aturan yang sama.

Sehingga sudah semestinya kasus penistaan agama yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam menjadi tanggung jawab umat Islam dengan memposisikan diri sebagai pembela Islam. Semoga dengan dakwah dalam mengemban qiyadah fikriyah Islam (kepemimpinan berfikir dalam Islam) dapat membangkitkan umat Islam saat ini. Aamiin ya rabbal'alamiin. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Pasukan Somalia Dan Milisi Sekutu Rebut Kembali Kota Kunci Adan Yabal Dari Al-Shabaab

Pasukan Somalia Dan Milisi Sekutu Rebut Kembali Kota Kunci Adan Yabal Dari Al-Shabaab

Rabu, 07 Dec 2022 13:37

Kalahkan Spanyol, Maroko Jadi Tim Arab Pertama Yang Capai Perempat Final Piala Dunia

Kalahkan Spanyol, Maroko Jadi Tim Arab Pertama Yang Capai Perempat Final Piala Dunia

Rabu, 07 Dec 2022 12:35

Tiga Polisi Terluka Dalam Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Bandung

Tiga Polisi Terluka Dalam Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Bandung

Rabu, 07 Dec 2022 11:06

Otoritas Denmark Kirim Surat Ancaman Deportasi Paksa Kepada Anak-anak Pengungsi Suriah

Otoritas Denmark Kirim Surat Ancaman Deportasi Paksa Kepada Anak-anak Pengungsi Suriah

Selasa, 06 Dec 2022 21:00

TIP Perbarui Fokus Jihad Anti-Cina, Serukan Pembebasan Tanah Air Dari 'Penjajah Tiongkok'

TIP Perbarui Fokus Jihad Anti-Cina, Serukan Pembebasan Tanah Air Dari 'Penjajah Tiongkok'

Selasa, 06 Dec 2022 20:45

Serangan Drone Tanpa Awak Kembali Targetkan Lapangan Udara Militer Rusia

Serangan Drone Tanpa Awak Kembali Targetkan Lapangan Udara Militer Rusia

Selasa, 06 Dec 2022 20:25

Konvoi Militer Turki Tabrak Hingga Tewas Seorang Wanita Dan Anak-anak Di Atareb Suriah

Konvoi Militer Turki Tabrak Hingga Tewas Seorang Wanita Dan Anak-anak Di Atareb Suriah

Selasa, 06 Dec 2022 20:05

Krisis Air Parah Landa Kamp Pengungsi Palestina Di Pedesaan Damaskus Suriah

Krisis Air Parah Landa Kamp Pengungsi Palestina Di Pedesaan Damaskus Suriah

Selasa, 06 Dec 2022 19:46

Piala Dunia 2022: Bagaimana Penggemar Arab Mengatakan Kebenaran Kepada Israel Tentang Palestina

Piala Dunia 2022: Bagaimana Penggemar Arab Mengatakan Kebenaran Kepada Israel Tentang Palestina

Selasa, 06 Dec 2022 07:01

JATTI Gelar Silaturahim Tokoh, Ini yang Dibahas

JATTI Gelar Silaturahim Tokoh, Ini yang Dibahas

Senin, 05 Dec 2022 20:09

Piala Dunia di Qatar, Sinyal Kebangkitan Islam?

Piala Dunia di Qatar, Sinyal Kebangkitan Islam?

Senin, 05 Dec 2022 19:30

Marak Perundungan, Salah Asuh dalam Sistem Sekuler

Marak Perundungan, Salah Asuh dalam Sistem Sekuler

Senin, 05 Dec 2022 19:16

Pengadilan Israel Hukum Ringan Sekelompok Tentara Yang Merampok Dan Menyiksa Warga Palestina

Pengadilan Israel Hukum Ringan Sekelompok Tentara Yang Merampok Dan Menyiksa Warga Palestina

Senin, 05 Dec 2022 15:31

Gerombolan Bersenjata Serbu Masjid Di Nigeria, Bunuh 12 Orang Termasuk Imam

Gerombolan Bersenjata Serbu Masjid Di Nigeria, Bunuh 12 Orang Termasuk Imam

Senin, 05 Dec 2022 14:05

Survey: Hanya 25 Persen Orang Rusia Yang Mendukung Perang Ukraina Berlanjut

Survey: Hanya 25 Persen Orang Rusia Yang Mendukung Perang Ukraina Berlanjut

Senin, 05 Dec 2022 12:35

Pengunjuk Rasa Anti-Iran Bocorkan Infromasi Pribadi Anggota IRGC Dan Milisi Basij Di Dark Web

Pengunjuk Rasa Anti-Iran Bocorkan Infromasi Pribadi Anggota IRGC Dan Milisi Basij Di Dark Web

Senin, 05 Dec 2022 10:05

Perbedaan Pendapat Menjawab ''Ash-Sholatu Khairum Minan Naum''

Perbedaan Pendapat Menjawab ''Ash-Sholatu Khairum Minan Naum''

Senin, 05 Dec 2022 05:45

Kelompok Pejuang Rohingya ARSA Bantah Terlibat Pembunuhan Intelijen Bangladesh

Kelompok Pejuang Rohingya ARSA Bantah Terlibat Pembunuhan Intelijen Bangladesh

Ahad, 04 Dec 2022 20:45

Angkatan Laut AS Cegat Kapal Yang Akan Menyeludupkan Amunisi Ke Pemberontak Syi'ah Houtsi

Angkatan Laut AS Cegat Kapal Yang Akan Menyeludupkan Amunisi Ke Pemberontak Syi'ah Houtsi

Ahad, 04 Dec 2022 19:55

Piala Dunia FIFA 2022 Qatar Catat Kehadiran Penonton Tertinggi Dalam Sejarah Turnamen

Piala Dunia FIFA 2022 Qatar Catat Kehadiran Penonton Tertinggi Dalam Sejarah Turnamen

Ahad, 04 Dec 2022 17:07


MUI

Must Read!
X