Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.601 views

BPIP Serius Mengajak Perang Dunia dengan Corona?

 

Oleh:

Ainul Mizan

Pemerhati Sosial Politik

 

DALAM rangka Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020, Kemenpan R&B mengadakan diskusi virtual. Kepala BPIP menegaskan bahwa saat ini Pancasila perang dunia dengan Corona.  modal utamanya adalah sila ke-1, Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurutnya, semua harus menurunkan ego politik kembali kepada kesepakatan bersama. Dengan itu akan diraih keberhasilan untuk kembali ke kondisi yang normal (www. kumparan. com, 8 Juni 2020). 

Mencermati pernyataan Kepala BPIP tersebut, setidaknya terdapat 3 catatan mendasar sebagai berikut ini.  

Pertama, BPIP termasuk berani mengemukakan adanya perang antara Pancasila dengan Corona. Sementara pemerintah sudah mencanangkan New Normal sebagai bentuk hidup damai dengan Corona. Jadi sebenarnya Indonesia ini mau perang atau damai? 

Kalau disebut perang,  tapi kok PSBB sudah diakhiri, portal penjagaan perumahan dan desa - desa dibuka, pokoknya kondisi sekarang seperti kondisi tidak ada pandemi. Yang tersisa hanya protokol kesehatan berupa pakai masker dan cuci tangan pakai sabun. Apakah perangnya sudah berhasil? 

Justru yang ada di lapangan, kasus positif corona mengalami peningkatan. Per 9 Juni 2020, 33.076 positif. Yang sembuh ada 11.414. Dan yang meninggal sebanyak 1.923 orang. 

Sungguh disayangkan para penyelenggara negara masih bermain retorika yang membingungkan. Ujung - ujungnya secara teratur melepaskan tanggung jawab. Sementara rakyat harus berjuang sendiri di tengah pandemi.  

Kedua, Pernyataan Kepala BPIP tentang Sila ke-1 sebagai modal utama adalah sebuah kejujuran. Karena sesungguhnya asas kehidupan bangsa Indonesia ini adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini dengan dinyatakan di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea kedua yang menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia itu atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa. 

Jadi sendi kehidupan bangsa bukanlah gotong - royong. Gotong royong berada dalam ranah sebuah harapan dan cita - cita. Tentunya tidak bisa dijadikan sebagai asas dan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sendi dan asas yang seharusnya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan begitu, arah, panduan, nilai dan cita - cita bangsa dan negara bersumber dari asas Ketuhanan tersebut. 

Ketiga, terkait modal utama memerangi Corona adalah sila ke-1 Pancasila. Pertanyaannya, bentuk dan penerapan Sila ke-1 Pancasila sebagai modal perang melawan Corona itu seperti apa dan bagaimana?

Apakah menundukkan ego politik kembali pada kesepakatan bersama sebagai penerapan Sila ke-1 melawan Corona? Kesepakatan bersama yang seperti apa yang dimaksud? 

Kalau merujuk kepada RUU HIP yang BPIP ikut membidaninya, terdapat istilah Ketuhanan yang Berkebudayaan. Sementara Pancasila diperas menjadi trisila hingga menjadi ekasila yakni gotong royong. Artinya Ketuhanan yang berkebudayaan merujuk pada sendi gotong royong. Hal ini berpotensi mereduksi ajaran agama khususnya Islam bila dianggap tidak sesuai dengan nilai gotong royong. Ambil contoh, dalam penanganan pandemi ini.  Islam menetapkan bahwa negara bertanggung jawab penuh menjamin kebutuhan rakyatnya selama masa karantina wilayah. Termasuk penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai, pendidikan di masa pandemi dan pembiayaan proyek penelitian guna menemukan vaksin. 

Akan tetapi pemusatan tanggung jawab pada negara, dipandang kurang sesuai dengan prinsip gotong royong. Secara masif pula diiklankan rakyat diminta saling membantu menghadapi pandemi. Di lain pihak, negara mengumumkan New Normal. Alasannya, biar kegiatan ekonomi masyarakat tetap berjalan. Bisa dibilang alasan ekonomi lebih penting bagi negara. Bukankah dalam Kapitalisme Sekuler seperti saat ini, ekonomi adalah faktor utama penyangga kehidupannya. Sementara negara abai terhadap keselamatan rakyatnya. 

Di lain pihak, Islam Nusantara dipandang lebih sesuai dengan budaya asli Indonesia. Pertanyaannya, budaya asli Indonesia yang mana? Justru Islam menjadi budaya asli Indonesia yang diterapkan oleh sekitar 33 Kesultanan Islam di seluruh nusantara dalam masa beratus-ratus tahun lamanya. 

Terdapat upaya yang sistematis menggeser Islam dari kehidupan bangsa dan negeri ini. Tentunya Islam Nusantara tidak berkepentingan dengan Ideologi Kapitalisme maupun Komunisme yang menjajah negeri ini.  Sedangkan Islam kaffah yang menjadi batu sandungan kepentingan penjajahan Neo-Kapitalisme dan Neo-komunisme.  

Dengan demikian, ajakan perang dunia dengan Corona yang digaungkan BPIP hanya akan menjadi isapan jempol belaka, bila tidak mengadopsi konsepsi Islam secara paripurna dalam menanggulangi pandemi. Termasuk konsep Islam dalam menata New Normal yang menenteramkan dan menyejahterakan.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X