Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.801 views

Pemboman Tidak Pandang Bulu Israel Terhadap Gaza Semakin Berisiko Timbulkan Perang Regional

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Peringatan akan terjadinya perang regional, yang berpotensi menyeret AS, diikuti secara global setelah Hamas melancarkan serangan paling mematikan yang pernah disaksikan Israel.

Sementara itu, para pejabat Barat dan Arab khawatir invasi Israel ke Gaza akan kembali menelan kobaran api di Timur Tengah. Pemboman Israel yang tidak pandang bulu terhadap sasaran-sasaran sipil juga telah membuat marah para pembuat kebijakan regional dan internasional.

Bentrokan sebelumnya antara faksi-faksi Palestina dan Israel telah berakhir dengan kembalinya status quo pada beberapa dekade terakhir. Namun, para pejabat dan analis mengatakan bahwa serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober membalikkan potensi kembalinya keadaan seperti saat ini.

“Konflik tidak dimulai pada 7 Oktober 2023,” kata Direktur Carnegie Middle East Center, Maha Yahya, merujuk pada tanggal serangan Hamas terhadap Israel. Dia menunjuk pada Gaza yang berada di bawah pengepungan Israel selama hampir 20 tahun, yang berpuncak pada peningkatan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza setelah pembentukan pemerintahan Benjamin Netanyahu saat ini di Israel – yang paling ekstrem dalam sejarah negara tersebut.

Harapan masyarakat Palestina terhadap sebuah negara merdeka perlahan memudar dalam beberapa tahun terakhir, hal ini menyebabkan terjadinya berbagai kekerasan antara berbagai faksi Palestina dan pasukan Israel.

Perluasan permukiman, pendudukan wilayah Palestina, dan tidak adanya harapan masa depan cerah bagi generasi muda Palestina juga menyebabkan meningkatnya kekerasan terhadap warga Israel.

“Tetapi perasaan akan adanya kebutuhan untuk membalikkan keadaan membuat situasi menjadi kacau,” kata Yahya kepada Al Arabiya English. “Dan apa yang dilakukan Hamas pada tanggal 7 Oktober, walaupun hasilnya sangat mengerikan di banyak bidang, mereka berhasil membalikkan keadaan.”

Mengapa putaran kekerasan kali ini berbeda?

Terlepas dari skala dan cakupan serangan Hamas, yang merupakan serangan paling mematikan yang pernah dialami Israel, ini adalah operasi militer di wilayah Israel, kata para pengamat dan analis. “Ini merupakan kejutan bagi sistem… dan [Israel] praktis melakukan pemboman besar-besaran di Gaza,” kata Yahya. Dia menambahkan bahwa ada perasaan bahwa Barat dan AS memberikan “kekuasaan penuh” kepada Israel untuk melakukan apa yang dirasa perlu untuk membalas kematian rakyatnya sendiri.

Namun, kekerasan hanya akan menyebabkan lebih banyak kekerasan dan siklus kekerasan yang terus menerus, kata para analis. Israel telah menghadapi serangan dari Suriah, Yaman, Libanon dan Irak menyusul pemboman mereka di Gaza, yang telah menewaskan ribuan warga sipil Palestina – pria, wanita, dan anak-anak.

Israel juga telah membunuh warga sipil dalam serangan di Libanon selatan, yang terbaru pada hari Ahad menewaskan tiga anak perempuan di bawah usia 12 tahun dan seorang wanita yang lebih tua.

Sementara itu, Washington telah mengerahkan aset dan personel militernya ke wilayah tersebut, mengerahkan dua kelompok penyerang kapal induk AS ke Mediterania Timur dan memerintahkan penambahan jet tempur. Kelompok Serangan Kapal Induk USS Dwight D Eisenhower juga dikerahkan lebih dekat ke Israel, bersamaan dengan pengerahan baterai THAAD oleh AS dan batalyon Patriot tambahan ke wilayah tersebut.

Selain itu, ribuan tentara AS sedang menerima perintah persiapan untuk dikerahkan.

Direktur Program Keamanan Timur Tengah di Center for a New American Security yang berbasis di Washington, Jonathan Lord, mengatakan efektivitas langkah AS untuk menghalangi Hizbullah (baca: Hizbulata) dan “penjahat” lainnya sangat bergantung pada persepsi mereka terhadap kesediaan Presiden Joe Biden untuk menggunakan senjata tersebut. Dengan banyaknya warga Amerika di Israel, kata Lord, Biden akan memiliki otoritas hukum yang diperlukan untuk menengahi jika Hizbulata melepaskan persenjataan roket dan rudalnya ke Israel utara.

“Berdasarkan perkataan dan tindakan Presiden Biden selama ini, saya tidak akan mengujinya. Ada banyak orang Amerika yang berada dalam bahaya di Israel,” kata Lord.

Pada hari Ahad, Komando Pusat AS mengumumkan bahwa kapal selam kelas Ohio telah tiba di wilayah tersebut, meskipun tidak menyebutkan secara spesifik lokasi penempatannya. Kapal selam ini dilaporkan dapat membawa sekitar 150 rudal jelajah Tomahawk. Pentagon kembali mengatakan bahwa langkah ini dimaksudkan untuk mengirimkan pesan pencegahan kepada aktor-aktor negara dan non-negara yang mungkin bermain-main dengan gagasan membuka front baru melawan Israel.

Front baru dan intervensi AS

Serangan-serangan dari Timur Tengah yang menargetkan Israel memberikan gambaran sekilas tentang apa yang bisa terjadi.

Kekhawatiran utama Washington sejauh ini adalah mencegah perang habis-habisan antara Hizbulata dan Israel. Terakhir kali kedua kubu bertempur adalah pada tahun 2006, yang tidak menghasilkan pemenang yang jelas.

Sebaliknya, Hizbulata telah meningkatkan kemampuan militer dan persenjataannya sambil menegaskan kontrol yang lebih besar terhadap lembaga-lembaga negara di Libanon.

Para pejabat AS mengatakan bahwa penempatan aset militer baru-baru ini di titik-titik strategis di Timur Tengah dimaksudkan untuk menghalangi Iran dan proksinya berpikir untuk meningkatkan serangan bersenjata terhadap Israel. Meskipun AS sejauh ini mengesampingkan untuk tidak melakukan serangan, para pejabat Amerika secara rahasia mengakui bahwa Washington tidak akan hanya menjadi penonton jika roket mulai menghujani Israel.

Pidato yang sangat ditunggu-tunggu oleh pemimpin Hizbulata Hassan Nasralat pekan lalu meredakan kekhawatiran – untuk saat ini – bahwa kelompok yang didukung Iran akan menyatakan perang terhadap negara tetangga Israel. Nasralat mengancam Israel dengan konsekuensi yang mengerikan tetapi tidak mengumumkan perluasan operasi militer. Pemimpin Hizbulata berada di bawah tekanan domestik untuk tidak menyeret Libanon, yang sudah dilanda krisis ekonomi dan keuangan terburuk yang pernah ada, ke dalam perang lain yang akan semakin menghancurkan negara tersebut.

Sementara itu, Iran menahan diri untuk tidak melancarkan serangan langsung terhadap Israel dan lebih memilih membiarkan proksinya melakukan pekerjaan atas nama Teheran.

Namun, para pejabat dan mantan pejabat militer AS tidak mengesampingkan kemungkinan Iran memainkan peran yang lebih langsung.

“Saya pikir Iran akan menggunakan platform proksi apa pun yang paling mendukung tujuan mereka untuk menyakiti Israel dan melawan pengaruh AS di kawasan,” kata mantan kepala Komando Pusat AS, Jenderal Joseph Votel.

Ketika ditanya apakah Iran akan menyerukan pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman untuk membuka front dibandingkan Hizbulata untuk saat ini, Votel mengatakan: “Yaman lebih jauh dari Israel dan dengan demikian lebih sulit untuk terkena dampaknya, yang mungkin memberikan beberapa keuntungan.”

Mantan duta besar AS untuk Yaman, Gerald Feierstein, setuju bahwa hal ini mungkin terjadi namun mengatakan tidak ada kelompok lain yang memiliki kapasitas untuk mengancam Israel sebagaimana Hizbulata.

“Houtsi berada jauh; mereka telah meluncurkan beberapa rudal dan drone ke Israel, namun mereka tidak dapat berbuat lebih dari itu,” katanya. Milisi yang didukung Iran di Suriah dan Irak bisa menjadi masalah yang lebih besar, kata Feierstein. “Tetapi mereka tetap tidak bisa dibandingkan dengan Hizbullah.” (Aby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Buntut Perundungan Di Binus Serpong, MUI Dorong Program Anti Bullying di Sekolah

Buntut Perundungan Di Binus Serpong, MUI Dorong Program Anti Bullying di Sekolah

Kamis, 22 Feb 2024 12:23

Google Rilis Model 'Open' AI Mengikuti Langkah Meta

Google Rilis Model 'Open' AI Mengikuti Langkah Meta

Kamis, 22 Feb 2024 10:49

Jaksa Miiliter Israel: Perilaku Tentara Israel Di Jalur Gaza Telah 'Lampaui Ambang Batas Kriminal',

Jaksa Miiliter Israel: Perilaku Tentara Israel Di Jalur Gaza Telah 'Lampaui Ambang Batas Kriminal',

Kamis, 22 Feb 2024 09:15

Israel Larang Masuk Misi UNRWA Untuk Kirim Bantuan Di Gaza Utara

Israel Larang Masuk Misi UNRWA Untuk Kirim Bantuan Di Gaza Utara

Rabu, 21 Feb 2024 21:03

Ketum Persis: Kecurangan dan Hoaks adalah Musuh Bersama

Ketum Persis: Kecurangan dan Hoaks adalah Musuh Bersama

Rabu, 21 Feb 2024 17:00

Janda Usia Sekolah Meningkat, Bukti Sistem Sekuler Rusak Berat

Janda Usia Sekolah Meningkat, Bukti Sistem Sekuler Rusak Berat

Rabu, 21 Feb 2024 16:51

Istimewanya Anak Muda dalam Islam

Istimewanya Anak Muda dalam Islam

Rabu, 21 Feb 2024 16:17

Jum’at – Ahad Pekan ini Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Sya'ban 1445 H

Jum’at – Ahad Pekan ini Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Sya'ban 1445 H

Rabu, 21 Feb 2024 10:04

Ahli PBB: Perempuan Pelestina Ditelanjangi, Digeledah Dan Diperkosa Oleh Tentara Laki-laki Israel

Ahli PBB: Perempuan Pelestina Ditelanjangi, Digeledah Dan Diperkosa Oleh Tentara Laki-laki Israel

Rabu, 21 Feb 2024 09:33

Pasukan Zionis Tembaki Pengungsi yang Menunggu Bantuan Makanan di Gaza utara

Pasukan Zionis Tembaki Pengungsi yang Menunggu Bantuan Makanan di Gaza utara

Selasa, 20 Feb 2024 21:36

Hamas Hanya Sepakati Pertukaran Tahanan Dengan Gencatan Senjata Penuh

Hamas Hanya Sepakati Pertukaran Tahanan Dengan Gencatan Senjata Penuh

Selasa, 20 Feb 2024 20:36

Kementerian Kesehatan: Korban Tewas Warga Palestina Akibat Genosida Israel di Gaza Lampaui 29.000

Kementerian Kesehatan: Korban Tewas Warga Palestina Akibat Genosida Israel di Gaza Lampaui 29.000

Selasa, 20 Feb 2024 11:37

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadhan Pada 10 Maret 2024

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadhan Pada 10 Maret 2024

Selasa, 20 Feb 2024 08:38

Nasehat ‘Ilmu Padi’, Agar Tidak Sombong

Nasehat ‘Ilmu Padi’, Agar Tidak Sombong

Selasa, 20 Feb 2024 05:34

Ramadhan 1445 H, Ponpes Nuu Waar AFKN Siap Khataman Al-Qur'an 6000 Kali

Ramadhan 1445 H, Ponpes Nuu Waar AFKN Siap Khataman Al-Qur'an 6000 Kali

Senin, 19 Feb 2024 11:13

Israel Bersikeras Serang Rafah, Tidak Peduli Peringatan Internasional

Israel Bersikeras Serang Rafah, Tidak Peduli Peringatan Internasional

Senin, 19 Feb 2024 09:57


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X