Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.565 views

Selandia Baru Berkabung, Heningkan Cipta untuk Korban Pembantaian di Masjid Christchurch

CHRISTCHURCH, SELANDIA BARU (voa-islam.com) - Panggilan adzan bagi umat Muslim untuk melaksanakan shalat terdengar di seluruh Selandia Baru pada hari Jum'at (22/3/2019) diikuti oleh dua menit mengheningkan cipta secara nasional untuk memperingati satu pekan sejak seorang teroris supremasi kulit putih menembak mati 50 jamaah Muslim di dua masjid di kota Christchurch.

Ketika adzan itu disiarkan ke seluruh negeri, ribuan orang - termasuk Perdana Menteri Jacinda Ardern - berdiri diam di sebuah taman di seberang masjid tempat pembunuhan dimulai, ketika negara berpenduduk 4,5 juta jiwa itu berkabung.

"Selandia Baru berduka denganmu. Kami adalah satu," katanya dalam pidato singkat.

Sebagian besar korban penembakan massal terburuk di Selandia Baru adalah migran atau pengungsi dari negara-negara seperti Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Turki, Somalia, Afghanistan, dan Bangladesh.

Pembantaian oleh teroris kulit putih Brenton Tarrant, seorang warga Australia, telah mengejutkan negara yang dikenal karena toleransinya tersebut.

Ini telah mendorong warga Selandia Baru yang ngeri untuk merespons dengan penjagaan dan pertunjukan tarian tradisional Maori haka, dan untuk membentuk barisan di belakang umat Islam untuk secara simbolis melindungi mereka saat mereka shalat.

Seorang muadzin berkopiah putih menyerukan panggilan adzan untuk sholat Jum'at reguler pukul 13:30 waktu setempat ketika ribuan orang mendengarkan di Taman Hagley Christchurch di seberang Masjid Al Noor.

Negara itu kemudian mengheningkan cipta secara nasional selama dua menit, bersama pertemuan publik di Auckland, Wellington dan kota-kota lain.

Di negara tetangga Australia, orang-orang berhenti di jalan-jalan dan di toko-toko untuk memperingati momen itu.

Imam Al Noor Gamal Fouda kemudian naik ke mimbar untuk mengecam kebencian, tetapi juga untuk memuji rasa kebersamaan orang -orang Selandia Baru.

"Hari ini, dari tempat yang sama, aku melihat keluar dan aku melihat cinta dan kasih sayang," katanya. "Selandia Baru tidak bisa dipecahkan.

"Teroris ini berusaha untuk menghancurkan bangsa kita dengan ideologi jahat yang telah menghancurkan dunia. Tetapi, kami telah menunjukkan bahwa Selandia Baru tidak dapat dipecahkan."

Banyak wanita yang hadir mengenakan jilbab sebagai solidaritas dengan komunitas Muslim Selandia Baru.

Kirsty Wilkinson bergabung dengan kerumunan di Hagley Park bersama dengan dua teman wanita, semuanya berjilbab.

"Saya pribadi melakukan ini untuk merobohkan tembok-tembok pelupaan pribadi saya terhadap teror yang dirasakan orang Muslim setiap hari, mengkhawatirkan keselamatan mereka," kata Wilkinson kepada AFP sebelum shalat dimulai.

"Aku bisa melepas jilbab saya jika aku merasa takut. Mereka tidak bisa.

"Pesan yang ingin saya kirim adalah bahwa kebencian tidak bisa menang. Kita semua hanyalah orang biasa. Apa yang terjadi tidak baik."

Teroris bersenjata itu menewaskan 50 pria, wanita, dan anak-anak - korban berusia antara tiga hingga 77 tahun - dan menyebabkan puluhan orang terluka dalam serangan yang ia siarkan secara langsung, memicu kemarahan global.

Pertemuan yang suram itu terjadi sehari setelah negara itu memberlakukan larangan senapan serbu dan semi-otomatis gaya militer, berjanji untuk membersihkan negara dari jenis senjata yang digunakan dalam pembantaian 50 orang pekan lalu.

Langkah itu memicu seruan baru dari para politisi terkemuka Amerika untuk tanggapan serupa di Amerika Serikat, yang telah mengalami serangkaian pembantaian senjata api tetapi membiarkan reformasi senjata tidak tersentuh.

Polisi dan para pedagang telah bekerja secara intensif dengan harapan memperbaiki interior masjid yang penuh bekas luka dan percikan darah menjelang sholat subuh.

Tetapi pihak berwenang Kamis malam mengumumkan shalat akan diadakan di taman.

Berkabung nasional dan saat mengheningkan cipta tersebut disiarkan di jaringan televisi, radio dan di beberapa situs media lokal.

"Kami sangat senang bahwa shalat ini akan disiarkan ke seluruh dunia sehingga semua orang dapat menjadi bagian dari itu," Mustafa Farouk, presiden Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan sesi shalat pada hari Kamis.

Pemakaman korban dilanjutkan pada hari Jum'at pagi, dengan mobil jenazah membawa ke pemakaman di tepi timur Christchurch di mana banyak yang telah dimakamkan.

Ardern, yang dengan cepat mengecam serangan itu sebagai terorisme, mengumumkan larangan semi-otomatis dan senapan serbu gaya militer di bawah undang-undang senjata baru yang keras pada hari Kamis.

Brenton Tarrant, 28, seorang teroris supremasi kulit putih, telah didakwa dengan satu pembunuhan setelah serangan Christchurch dan dikirim ke penjara tanpa permohonan.

Tarrant dijadwalkan kembali ke pengadilan pada 5 April, ketika polisi mengatakan dia kemungkinan akan menghadapi lebih banyak dakwaan.

Ardern, dikelilingi oleh para menteri dan pejabat keamanan, mengenakan jilbab hitam dan jas hitam. Polisi wanita di taman juga mengenakan jilbab, dengan mawar merah di jas tubuh mereka.

Dalam pidato yang kuat yang berlangsung sekitar 20 menit, Imam Gamal mengatakan melalui cinta dan kasih sayang, Selandia Baru tidak bisa dihancurkan. Dia berterima kasih kepada Ardern atas belas kasihnya.

"Ini telah menjadi pelajaran bagi para pemimpin dunia," kata Imam tersebut tentang sang perdana menteri.

"Terima kasih telah membuat keluarga kita erat dan menghormati kita dengan jilbab sederhana," tambahnya.

Dia mengatakan Islamophobia tidak memanusiakan umat Islam, dan menyerukan dunia untuk mengakhiri pidato kebencian dan politik ketakutan.

"Kejadian pekan lalu adalah bukti dan bukti bagi seluruh dunia bahwa terorisme tidak memiliki warna, ras atau agama. Bangkitnya supremasi kulit putih adalah ancaman global yang besar bagi kemanusiaan dan ini harus berakhir sekarang," katanya. (st/CNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X