Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.867 views

Kronologis Penganiayaan Sipir LP Cipinang terhadap Napi Aktivis Islam

JAKARTA (voa-islam.com) - Sipir tahanan kerap bertindak arogan dan tak jarang melakukan penganiayaan. Bulan April 2012 yang lalu Enam sipir Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara (Sumut) resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan anggota Brimob Polda Sumut di dalam tahanan. Para tersangka kemudian dijebloskan ke dalam ruang tahanan Mapolresta Medan, Kamis (5/4/2012) sore. Briptu Nimrod yang dipenjara lantaran kasus judi tersebut dianiaya karena menolak apel setiap pagi.

Di bulan yang sama seorang tahanan kasus narkoba di bawah umur berinisial D, telah mengalami penganiayaan dari dua sipir di Rumah Tahanan Salemba. Akibatnya remaja ini mengalami sejumlah luka di tubuhnya.

D (15), sebelumnya diculik dan dianiaya pada malam hari lantaran melanggar aturan Rutan karena bertukar kamar dengan rekannya sesama tahanan.

Arogansi sipir yang berbuntut penganiayaan ternyata juga menimpa narapidana kasus i’dad Aceh di Lapas Klas I A LP Cipinang, Jakarta Timur. Namun seolah ada pemutarbalikan fakta, berita yang tersebar di media umum justru pihak petugas Lapas yang dianiaya Napi ‘Teroris’.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, Jum’at (15/6/2012) redaksi voa-islam.com mewawancarai Abu, salah seorang saksi mata yang membesuk Anwar Rabu sore (13/5/2012).

Rabu (13/5/2012), sekitar pukul 15.30 WIB, Abu mendatangi Lapas Klas I A LP Cipinang, Jakarta Timur. Dengan membawa sejumlah barang bawaan ia berniat membesuk salah satu terpidana kasus i’dad Aceh, Anwar Efendi alias Alung di blok khusus.

Berbeda dengan pemberitaan media umum yang menuding pihak Napi ‘teroris’ yang melakukan penganiayaan, Abu justru menjelaskan bahwa petugas Lapas (sipir) LP Cipinang yang lebih dulu melakukan provokasi dengan mencaci dan melakukan penganiayaan. Berikut ini kronologis penganiayaan petugas (sipir) LP Cipinang.

Setelah itu kemudian saya menemui anwar lagi, terus temannya Anwar (La Ode alias Hadid) bertanya; “tadi sudah di periksa, koK kenapa diperiksa lagi?” Kemudian petugas itu mencaci; “dasar teroris rese! Anjing!”

 

“Saya datang ke cipinang untuk mebesuk anwar, setelah tiba di sana loket sudah tutup, terus saya mendatangi dan bertanya ke petugas pintu gerbang pertama “apa besukan sudah tutup?” lalu petugas itu mengatakan dengan nada tinggi “loketnya sudah tutup kan?”

Terus saya bertemu kepada petugas lain dan bertanya; “bisa kah saya berteu dengan napi teroris dari blok khusus?” Kemudian petugas itu mengatakan; “emang mau ngapain?” saya menjawab; “mau mengantarkan madu dan baju.”

Kemudian pertugas lain datang dan membuka pintu, kemudian saya diperiksa dan saya melihat pada saat itu ada beberapa pengunjung lain bisa masuk, tapi kenapa saya tidak bisa?

Terus setelah diperiksa (barang bawaan) saya akhirnya bisa masuk dan bertemu Anwar di belakang pintu, selanjutnya saya menyerahkan baju dan madu kepada Anwar dan juga menyerahkan amplop kepada Anwar.

Saat menyerahkan amplop itu kemudian petugas bertanya; “apa itu?” Kemudian saya menjawab; “surat” terus diminta sama petugasnya, kemudian saya disuruh ke ruang pemeriksaan lagi.

Setelah itu kemudian saya menemui anwar lagi, terus temannya Anwar (La Ode alias Hadid) bertanya; “tadi sudah di periksa, koK kenapa diperiksa lagi?” Kemudian petugas itu mencaci; “dasar teroris rese! Anjing!”

Kemudian saya melihat banyak petugas membuka pintu dan memukuli temannya anwar, kemudian saya sama petugas disuruh keluar, terus saya disuruh pulang.” Demikian penjelasan Abu terkait kronologis penganiayaan terpidana kasus i’dad Aceh di LP Cipinang.

Abu juga menambahkan dari provokasi dan penganiayaan itulah diduga menjadi penyebab terjadinya aksi perkelahian antara petugas Lapas (sipir) dan tahanan blok khusus pada Rabu sore (15/6/2012). [Ahmed Widad]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X