Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.819 views

Keluarga & Kadisdik Tulungangung: Mugi Hartanto Guru Bukan Teroris

TULUNGAGUNG (voa-islam.com) - Keluarga Mugi Hartanto (38) membantah bahwa pria yang sehari-hari berprofesi sebagai pencari rumput itu adalah seorang teroris.

Mugi adalah salah seorang yang ikut ditangkap dalam penyergapan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di depan warung Jalan Pahlawan, Tulungagung, Senin (22/7/2013) pukul 08.45 WIB.

Selain itu Mugi juga berprofesi sebagai guru honorer di salah satu SDN, wilayah Tulungagung. Dia lahir dari Desa Prambon, tetangga Desa Gambiran, Pagerwojo tempat tinggalnya sekarang ini.

"Sehari hari mencari rumput untuk makan kambing itu," ujar Anik Sutrismi (32) istri Mugi ditemui di rumahnya di Desa Gambiran RT 01 RW 03 Kecamatan Pagerwojo Tulungagung, Selasa (23/7/2013) pagi.

Di depan rumah Mugi terdapat kandang kambing. Kambing-kambing itu milik Fajar, guru SMPN II Kauman Tulungagung yang dipelihara dengan sistem bagi hasil.

"Itu kambing untuk kurban. Semuanya milik pak Fajar. Suami saya hanya memelihara. Nanti hasilnya dibagi. Jadi sehari-hari itu hanya mencari rumput," jelas Anik.

Anik mengakui, suaminya juga berprofesi sebagai guru. Mugi mengajar bahasa Inggris di SDN Geger III. Dalam seminggu, dia hanya masuk sekali, yaitu hari Selasa.

"Suami saya guru honorer di SDN Geger III. Dia ngajar bahasa Inggris, karena jamnya dirangkap, seminggu hanya masuk sekali. Dia ngajar mulai pagi hingga siang hari," masih kata Anik.

SDN Geger III terletak di Kecamatan Sendang. Dari rumah Mugi terpaut jarak hingga 20 kilometer, berada di sebelah utara. Tetapi, aktivitas rutin Mugi tidak lepas dari memelihara kambing dan berkebun.

Anik mengatakan, suaminya pernah bertemu dengan Rizal, terduga yang ditembak mati. Dia pun mengaku hanya sekadar tahu karena aktivitas Rizal sebagai seorang da'i yang sering berceramah.

Selain itu, imbuh Anik, pertemuan Mugi dengan Rizal karena anak keduanya Husna bersekolah di TK/PAUD Aisyah, tempat di mana Rizal tinggal. Sementara Dayat, kata Anik, tidak mengenal sama sekali.

"Kalau yang namanya Dayat itu sama sekali tidak kenal. Kata orang-orang dia baru tiga hari di Desa Penjor," ungkap Anik.

Keluarga membantah Mugi Hartanto terlibat teroris. Keluarga yakin Mugi hanya tengah apes karena dimintai tumpangan gratis.

Mugi kebetulan hendak ke Tulungagung untuk membayar pajak sepeda motor Sepin, kakaknya. Saat mengantar buku dan mukena putrinya (Husna) di TK Aisyah berpapasan dengan Rizal dan Dayat.

"Suami saya pamit hendak Her (heregistrasi-membayar pajak) sepeda motor kakaknya, pak Sepin. Dia berangkat dari rumah pukul 07.30 WIB. Saya kebetulan berangkat lebih dahulu mengantar anak saya Husna (5,5) di TK Aisyah Penjor. Karena buku dan mukena Husna ketinggalan, saya minta tolong sekalian mengatarkan ke sekolahan," ungkapnya

 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Suharno mengatakan anak buahnya memiliki jejak rekam bagus selama ini. Dia bahkan tidak pernah mengenal dan bersinggungan sama sekali dengan dua teroris yang diburu Densus. "Mugi guru honorer kami dan mengajar agama," kata Suharno.

Keterangan yang sama disampaikan kepala sekolah dan beberapa guru yang dipanggil secara khusus oleh Suharno pagi tadi. Mereka menyatakan jika Mugi hanya berteman dengan Supari sebagai sesama aktivis masjid. Ketika penangkapan Densus berlangsung, Mugi hendak turun dari Desa Gambiran menuju Desa Penjor yang letaknya lebih rendah.

Saat berpapasan dengan Supari, dia diminta membantu mengantar Riza dan Dayat ke terminal bus di Tulungagung karena sepeda motornya kurang. [Widad/tmp, inl]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X