Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.294 views

Tsunami Selat Sunda, Peringatan Allah di Penghujung Tahun

Oleh: Azrina Fauziah (Aktivis Dakwah, Tim Penulis “Pena Langit”)

Sedih, itulah yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak di sepanjang tahun 2018 ini telah banyak bencana yang melanda beberapa daerah di Indonesia.

Belum usai bencana gempa di Lombok, Palu pun di goncang dengan gempa, tsunami serta liquifikasi,  sampai hari ini pun kedua daerah tersebut belum usai berbenah. Kini giliran Banten dan Lampung yang diterjang tsunami akibat longsoran di bawah laut.

Pada malam, 22 Desember 2018 ombak sekitar 3-2 m menerjang pesisir pantai banten. Tercatat banyak korban yang meninggal dan hilang dari pantai anyer, tanjung lesung, pantai pesisir banten dan lampung. Dilansir dari bbc.com (25/12/2019) korban jiwa yang akibat gelombang tsunamimenyebabkan 373 orang meninggal dunia. Tsunami Banten ini seolah menjadi bencana penutup di penghujung tahun 2018.

 

Sikap yang Benar dalam Menghadapi Musibah

Tentunya bagi seorang muslim kita sangat perlu memahami sebab musibah secara benar agar kita dapat menyikapinya dengan tepat sesuai syariah.

Seorang muslim harus cermat dalam memahami kejadian ini, Ridho dan bersabar dalam ujian merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki sebab Allah Swt menurunkan musibah karna ingin menguji dan mengingatkan hamba-hambaNya untuk selalu dekat denganNya dalam rangka mengangkat derajat mereka. Bila mereka bersabar, musibah akan berbuah pahala.

Setelah hati telah lapang sebab ridho terhadap musibah tersebut, seorang muslim haruslah menjadikan kejadian tersebut sebagai muhasabah dirinya serta seluruh kaum muslimin.

Ia berupaya memperbaiki kesalahan yang mungkin sebelumnya telah banyak yang dilakukan oleh dirinya serta kaum muslimin. Dengan adanya muhasabah kaum muslim akan berbenah diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Mereka terdorong untuk terus berupaya taat serta menjauhi segala laranganNya.

Musibah datang sejatinya terjadi karena 2 faktor, pertama sebab qadha Allah Swt dan kedua musibah datang karena maksiat terlebih disebabkan kedzaliman penguasa.

Bila musibah datang sebab karena qadha Allah, maka sikap kaum muslimin harus ridho dan sabar. Karna ketetapan Allah yang baik atau buruk merupakan rencana Allah yang memiliki hikmah bagi hambaNya.

Bila musibah datang sebab telah banyak maksiat di daerah tersebut, maka kaum muslim haruslah bermuhasabah serta melakukan perbaikan. Karna menegakkan amar ma’ruf nahi munkar serta kembali pada aturan Allah merupakan konsekuensi dan perintah dienul islam.

Maka jelas kunci keberkahan hidup ialah takwa kepada Allah Swt dengan sebenar-benarnya takwa, dengan mengikuti seluruh petunjuk Allah Swt di dalam Al Qur’an dan As Sunnah.

"Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.” (HR. Malik, al Hakim, al Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm)

“Al-Qur’an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati. Karena itulah, ikutilah dia dan bertakwalah agar kalian diberi rahmat. (QS. Al Anam:155). [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X