Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.769 views

X Files

Oleh: M Rizal Fadillah

Kasus Novel Baswedan tidak tuntas dan nampaknya belum ada kemauan untuk menuntaskan. Kasus ini tidak semata kriminal tetapi ada aspek politik yang mendasarinya.

Begitu juga dengan kasus sebelumnya pembunuhan Munir yang cukup rumit dan berbelit. Perencanaan di darat, TKP di udara akhir penyelesaiannya ke "laut". Tenggelam.

Sarumpaet agak lama juga mengendap, konon sudah P-21. Tapi kasus "ratu" hoaks ini akan sampaikah pada otak perencana "muka bengap" ibu nekad yang membohongi teman teman dekat "seperjuangannya"?

Kemudian "kartu suara dalam kontainer" dimana si penelpon berada dan siapa yang atur pola "telepon" seperti ini. Lambat sekali proses, hingga akhirnya orang lupa bahwa "kontainer lama" sudah balik ke samudra dan "kontainer baru" datang mendarat. Kontainer berisi skenario-skenario baru.

Tabloid Barokah yang penuh ghibah, fitnah, dan namimah begitu jelas pengelolanya, begitu jelas penegasan Dewan Pers bahwa itu bukan jurnalisme, dan begitu keras analisis Guru Besar Hukum UGM yang menyatakan kerja Tabloid Barokah Indonesia adalah "kejahatan politik". Publik melihat penanganan masih samar samar. Bahkan gelap atau digelapkan.

Kasus kriminal yang bersinggungan dengan kekuasaan cenderung merayap atau mengendap. Endapan tebal menjadi file file tersimpan, X files. Misteri itu kelak terkuak atau tidak, tergantung pada kemauan dan siapa yang memegang kekuasaan politik.

Untuk gerakan politik tingkat tinggi, maka ketika publik kuat menekan dan perlu membuka, maka yang terpotong biasanya hanya sampai "kaki" dan "tangan" sementara "otak" yang berada di kepala tetap tak terlihat dan sulit untuk dibedah. Lebih baik "dimatikan" daripada sang otak harus terlihat "telanjang bulat".

Kita teringat pada film seri X-Files yang dibintangi agen FBI Fox Mulder dan Dana Scully yang mencoba membongkar kasus kasus misteri. Dengan kemampuan masing-masing terkuaklah kasus terpendam tersebut. Sebagai agen intelijen prinsip prinsip intelijen pun dijalankan. Muncul slogan terkenal seperti "The truth is out there", kemudian "Trust no one" atau "I want to believe".

Nah apakah slogan slogan ini berlaku juga dalam pengungkapan kasus-kasus yang (bisa) mengendap di Indonesia seperti di atas ? Nampaknya bisa ya atau tidak.

Ya jika niat untuk membongkarnya cukup kuat dan kasus seperti "operasi plastik" Sarumpaet bukan bagian "operasi intelijen". Tidak, jika memang tidak ada kemauan sama sekali untuk mengungkapnya. Sengaja agar tak terungkap sebagai perlindungan agar kekuasaan tetap langgeng.

Tanpa perlu bantuan paranormal seperti yang biasa agen Mulder, X Files di Indonesia tetap bisa terungkap dengan syarat ada kemauaan kuat untuk menuntaskan serta keyakinan bahwa sedalam dalam manusia menyembunyikan kebenaran, Allah Swt akan membongkar dan menunjukkan kekuasaan-Nya.

Kita adalah negara ber "Ketuhanan Yang Maha Esa". Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Meski si kasus tersembunyi di kegelapan got, dalam batu, perut kodok, atau lubang biawak sekalipun. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X