Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.807 views

CT Scan Tidak Bisa Selamatkan Perokok

Berpeluang besar keliru, alat canggih belum tentu bisa mendeteksi kanker paru-paru


Hidayatullah.com--CT scan yang dijalani pasien untuk mendeteksi kanker paru-paru, belum tentu bisa menyelamatakan nyawa seseorang, karena hasil pemeriksaannya kurang akurat. Demikian menurut hasil penelitaian terbaru di Amerika.

Beberapa rumah sakit dan LSM giat mengkampanyekan pemeriksaan kanker paru-paru bagi para perokok dengan menggunakan sinar X khusus, yaitu CT scan.

Namun demikian, tidak ada satu bukti pun yang memastikan bahwa test tersebut bisa menyelamatkan nyawa mereka.

Para peneliti masih menyelidiki, apakah pemindaian paru-paru pasien, khususnya para perokok, dengan CT scan benar-benar bisa menyelematkan banyak nyawa.

Sementara menunggu hasil penelitian, para peneliti menemukan data, sesering apa hasil pemindaian tersebut keliru. Ilmuwan di National Institutes of Health, AS, mengatakan perlunya para dokter dan orang-orang yang dicurigai menderita kanker paru-paru, memperhatikan penelitian mereka mengenai tingkat kesalahan pemeriksaan CT scan atas lebih dari 3.000 orang.

Resiko kesalahan hasil "positif-palsu"--atau menemukan sebuah titik yang tidak berbahaya--adalah 21% setelah satu kali pemeriksaan dengan CT scan dan 33% setelah dua kali pemeriksaan. Untuk pemeriksaan di dada, resiko kesalahannya adalah 9% setelah satu kali periksa dan 15% setelah dua kali.

Pasien yang dicurigai menderita kanker paru-paru, kemudian biasanya menjalani pemeriksaan lanjutan. Mereka menjalani berbagai macam tes, biopsi dan bahkan operasi, untuk mengetahui apakah mereka benar-benar terkena kanker. Padahal operasi itu bisa berisiko membahayakan fungsi paru-parunya, pendarahan dan infeksi.

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang paling mematikan. Tahun lalu di Amerika saja, diperkirakan 159.000 orang tewas akibat penyakit tersebut.  Para ilmuwan berusaha untuk dapat mendeteksi penyakit itu lebih dini, karena selama  kanker paru-paru hanya bisa diketahui jika kondisi pasien sudah parah dan kankernya menyebar.

Sejak tahun 1990an, CT scan sangat diandalkan untuk mendeteksi kanker, karena dianggap lebih bisa mengenali ketidaknormalan dalam tubuh dibandingkan dengan sinar X biasa.

Penelitian tersebut melibatkan perokok dan mantan perokok berusia antara 55 dan 74 tahun. Sebanyak 3.190 orang yang menjalani pemeriksaan dengan CT scan atau sinar X di dadanya dipilih secara acak. Mereka dipindai untuk keduakalinya satu tahun kemudian, dan tahun sesudahnya.

Pada kelompok yang diperiksa dengan CT scan, didapati hasil positif-palsu sebanyak 506, dan 216 di kelompok sinar X.

Lebih dari separuhnya kemudian menjalani pemerikasaan CT scan atau sinar X lanjutan. Para peneliti menemukan, sekitar 7 persen dari kelompok CT scan dan 4% dari kelompok sinar X, mendapat perawatan yang tidak perlu, termasuk diantaranya operasi atau memasukkan selang pernapasan ke dalam tenggorokan.

Dengan hasil penelitian ini, diharapkan para pasien mengetahui dengan baik bahwa hasil pemeriksaan yang mereka jalani, belum tentu 100% akurat. [di/ap/hidayatullah.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X