Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.007 views

Gara-gara Kondom, Inggris Minta Maaf pada Paus

Termaktub di memo, Paus akan mengunjungi Inggris tahun ini sambil ditandai peluncuran kondom "Benediktus"

 
Hidayatullah.com--Kementerian Luar Negeri Inggris meminta maaf atas dokumen 'bodoh' yang mengisyaratkan bahwa lawatan Paus ke Inggris bisa ditandai dengan peluncuran kondom bernama "Benediktus".

Memo itu dinilai mengundang masalah hubungan kedua-belah pihak. Departemen Luar Negeri menekankan bahwa memo yang lahir dari sebuah rapat persiapan menyambut lawatan Paus, tidak mencerminkan pandangan Departemen Luar Negeri Inggris.

Ceritanya, pekan lalu Kementerian Luar Negeri Inggris mengadakan rapat persiapan menyambut kunjungan Paus Benediktus XVI. Rapat itu menyisakan catatan yang bikin geleng-geleng kepala.

Termaktub di memo itu tulisan bahwa Paus yang bakal menyambangi Inggris pada September tahun ini, bisa juga diundang meresmikan sebuah klinik aborsi dan memberkati perkawinan pasangan homoseksual.

Nah, yang paling dianggap "bodoh" adalah isyarat di dalam memo itu bahwa kedatangan Paus ditandai dengan peluncuran kondom yang diberi nama "Benediktus".. Oh iya, judul memo itu adalah, "Lawatan Ideal Ini Akan Menyaksikan..." .

Andai memo itu cuma coret-coretan yang hanya diketahui kalangan internal di Kementerian yang kini dipimpin David Milband, lain ceritanya. Sembrononya, rincian memo itu jatuh ke media massa, dalam hal ini, The Sunday Telegraph.

Uskup Nottingham mengatakan, memo ini menunjukkan "sikap yang sangat mengerikan".

Sementara itu pendeta Malcolm McMahon mengatakan, "Saya pikir lebih buruk lagi bahwa kita mengundang seseorang datang ke negara kita, seseorang seperti Paus, dan kemudian memperlakukannya seperti ini.

Departemen Luar Negeri mengatakan, pegawai junior yang bertanggung-jawab sudah dipindahtugaskan.

Olok-olok

Duta Besar Inggris Raya untuk Vatikan, Francis Campbell, sudah bertemu dengan para pejabat Tahta Suci untuk menyampaikan penyesalan atas nama pemerintah.

Dampak terburuk dari insiden ini adalah, kesan bahwa Paus mungkin dianggap sebagai tokoh untuk diolok-olok

Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband dilaporkan 'marah' atas insiden ini.

Wartawan BBC urusan agama, Robert Piggot mengatakan, walaupun ini tidak mencerminkan kebijakan pemerintah, nadanya jelas sangat sembrono dan itu datang dari pegawai junior. Hal itu  tetap saja berpotensi mengganggu hubungan kedua negara.

Menurut Piggot, insiden ini meninggalkan kesan bagi sebagian umat Katolik bahwa ada budaya dalam lingkaran pejabat resmi Inggris yang tidak memandang serius ajaran gereja mereka.

Beberapa, kata Piggot, mungkin mencurigai budaya ini sebagai prasangka terhadap kelompok-kelompok agama.

Paus Benediktus XVI adalah pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma, dihormati karena sikap tegasnya menentang aborsi dan perilaku homoseksual, serta penggunaan kondom untuk memerangi HIV-AIDS. [bbc/kom/hidayatullah.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X