Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.292 views

Peserta Muktamar Mulai Sebut Calon Ketua Umum Persis

Sebagian kader Persis inginkan generasi muda tampil memimpin

Hidayatullah.com--Memasuki hari kedua pelaksanaan Muktamar ke-14 Persatuan Islam (Persis) di Tasikmalaya beberapa peserta sudah mulai menyebut calon ketua umum.Hal tersebut terungkap usai mereka menyampaikan pandangan umum, Ahad (26/9).

Acara pandangan umum sendiri berlangsung usai pembacaan laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus Persis masa jihad 2005 - 2010 yang disampaikan Ketua Umum Persis Prof.Dr.KH.M. Maman  Abdurrahman,MA.Mayoritas peserta muktamar menerima sepenuhnya LPJ ketua umum.

Dalam pandangan umum ini selain menyampaikan saran dan harapan Persis kedepan peserta juga mulai menyebut kreteria ketua umum Persis mendatang. Pantauan hidayatullah.com setidaknya ada tiga nama yang mengemuka, antara lain Prof.Dr.KH.M.Maman Abdurrahman,MA (Ketua Umum Persis sekarang),KH.Aceng Zakaria (Pimpinan Pondok Pesantren Persis Rancabango Garut) dan H.Atip Latifulhayat,SH,LLM,Ph.D (Ketua Bidang Jamiyyah PP Persis).

Sebagian peserta menginginkan adanya perubahan dalam kepemimpinan Persis lima tahun kedepan dengan tampilnya generasi muda sebagai wujud berjalannya regenerasi.

Kelompok ini menyebut Atip Latifulhayat (48) sebagai figur yang cocok mengemban amanah Persis berikutnya.

”Persis perlu pimimpin yang energik dan penuh semangat dengan wawasan luas dan mempunyai intelektual,”ucap seorang peserta yang enggan disebut namanya kepada hidayatullah.com

Atip yang seorang pengajar sebuah universitasnegeri dan beberapa perguruan tinggi swasta di Bandung ini banyak mendapat dukungan kalangan muda Persis.

Sementara perserta lain menginginkan Persis harus dipimpin seorang ulama atau kyai yang mumpuni.Kelompok ini tak segan menyebut KH.Aceng Zakaria (68) sebagai figur yang pas. Persis yang bergerak dalam bidang dakwah dan pendidikan dengan pesantren sebagai basisnya dirasa pas jika dipimpin seorang kyai.

Namun ada kelompok yang memadukan keduanya yakni selain seorang intelektual, Persis tetap harus dipimpin seorang kyai. Untuk itu kelompok ini meminta Prof.Dr.KH.Maman Abdurrahaman,MA (65) bersedia memimpin Persis kembali.

Maman yang juga menjadi guru besar di Universitas Islam Bandung (Unisba) dirasa akan mampu membawa Persis lebih maju dan berkembang di masa datang. Perpaduan daya intelektual dan sifat kyai Maman diharapkan bisa menjadi jembatan perbedaaan pandangan antara kaum tua dan generasi muda.

Pengalaman akademik Maman diharapkan bisa dipraktekan dalam membangun Persis lima tahun kedepan.Meski Maman hanya memimpin Persis usai K.H.Siddiq Amin wafat namun hal tersebut telah dianggap berhasil.

Saat dikonfirmasi hidayatullah.com usai rehat ketiga tidak menolak dan siap mengemban amanah jika warga Persis memilihnya.

”Mengingat beratnya tugas,sebenarnya saya kurang siap. Namun jika amanah itu diberikan insya Allah saya siap menjalankannya,”ujar K.H.Aceng Zakaria.

Beratnya tantangan Persis kedepan juga diakui Atip Latifulhayat. Dirinya mengingatkan akan kompleknya persoalan ummat dan tantangan arus global yang sulit dibendung akan menjadi tantangan tersendiri.

”Pengalaman saya jauh dibawah beliau-beliau itu, mereka semua guru-guru saya.Namun sebagai kader Persis jika diberi amanah dan dirasa mampu maka tidak boleh menolak,”ujar Atip diplomatis.

Namun KH.Maman Abdurrahman mempunyai pandangan lain. Menurutnya kedepan Persis tidak boleh hanya bergantung pada seorang figur.Maman menambahkan yang tidak kalah penting adalah bagaimana Persis mampu membuat program kerja yang dibutuhkan ummat dan berhasil mewujudkannya.

Baginya ormas tidak sekedar menampilkan sosok figurnya, namun sebuah kerja kolektif yang harus didukung dan dilaksankan semua komponen yang terlibat didalammnya.

Saat ditanya kesediannya untuk memimpin Persis kembali, kyai ramah ini hanya menjawab insya Allah.

Menurut agenda,acara pemilihan ketua umum sendiri baru akan di gelar Senin (27/9) sebelum bubaran muktamar. Namun menurut beberapa peserta Muktamar sepertinya pemilihan ketua umum nantinya tidak akan berjalan alot meski belum mengerucut pada salah satu calon. (man/hidayatullah.com)

 

Foto: Prof.Dr.KH.M.Maman Abdurrahman,MA (Man/hidayatullah.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X