Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.911 views

Korban Tsunami Tonton Bareng Film "Syawal Was Very Scared"

Banda Aceh (voa-islam.com) -Sebuah Film dokumenter yang mengisahkan tentang seorang anak yang berjuang untuk bertahan hidup di tengah derasnya gelombang tsunami, untuk pertama kalinya diputar di Garuda Teater, Jalan Imam Bonjol pada pukul 20.00 WIB Banda Aceh, kemarin malam.

Film berdurasi selama 20 menit ini digarap sutradara asal Belanda, Wilma Ligthart berjudul "Syawal Was Very Scared". Uniknya lagi, untuk mengenang rasa duka mendalam saat tragedi tsunami, panitia menggratiskan seluruh penonton yang hadir malam itu.

Disebutkan, film tersebut mengisahkan tentang seorang anak berusia 12 tahun asal Gampong Jawa, Banda Aceh yang berjuang menyelamatkan diri dalam derasnya gelombang tsunami. Waktu itu, Syawal sebagai tokoh utama, bersama keluarganya menuju ke SMP 12, Banda Aceh.

Belum sampai di sekolah, tiba-tiba muncul gempa bumi dan tak lama kemudian disusul suara gemuruh besar. Ayah Syawal pulang untuk menutup pintu rumah. Belum sempat ayahnya kembali gelombang besar setinggi pohon kelapa muncul hingga Syawal bersama ibu dan dua saudara perempuan terpisah dibawa hayut gelombang.

Syawal berjuang ditengah gelombang hingga akhirnya di selamatkan seorang nelayan dan di bawa ke Kabupaten Bireun. Ayahnya yang juga selamat dalam bencana itu, dua minggu kemudian berjumpa dengan syawal setelah mencarinya kemana mana.

Untuk pertama kalinya Syawal secara terbuka bercerita bagaimana tsunami mengubah hidupnya. Syawal mengekspresikan peristiwa yang dialaminya dalam bentuk gambar yang kemudian dianimasikan untuk mendukung cerita tentang perjuangannya bertahan dari tsunami.

Kekuatan film sendiri mampu mentransfer ekspresi gambar-gambar Syawal menjadi gambar-gambar yang bergerak. Usai pemutaran film, dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama produser film, Wilma Ligthart dan Syawal sebagai pemeran utama dengan penonton.

Seperti diketahui, "Syawal was Very Scared" sudah diputar di televisi Belanda dan terpilih ikut festival film di Seoul, Hong Kong, Taipei, Copenhagen dan New York. Film ini juga dapat diakses melalui Youtube dengan kata pencarian Syawal Was Very Scared.

Pemutaran perdana itu dihadiri Wakil Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Jamal, Kabag Humas Banda Aceh, Drs Mahdi, dan ratusan penonton di Banda Aceh dari berbagai kelangan dan juga dimeriahkan artis `Idola Cilik` Rahmi yang menyumbangkan beberapa tembang tampa diiringi musik.

Selain, itu, juga dilakukan penggalangan dana untuk korban gempa Haiti. Pemerintah banda Aceh sendiri memberikan apresiasi kehadiran film ini yang akan mendukung visi dan misi Banda Aceh sebagai Bandar Wisata Islami di Indonesia. (Ibnudzar/ra)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X