Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.514 views

Mantan KSAD & KSAL: Pemerintahan SBY Gagal Karena Berjiwa 'Kambing'

Jakarta (voa-islam.com) – Enam tahun menjalankan roda pemerintahan, SBY dinilai gagal mengemban amanah karena kepemimpinannya berjiwa ‘kambing,’ tidak tegas dan menguntungkan asing.

Kritik itu disampaikan oleh Jendral (purn) Tyasno Sudarto dan Laksamana Slamet Soebijanto dalam diskusi bertema "Quo Vadis Pemerintahan Neolib dan Masa Depan Umat: Refleksi Enam Tahun Pemerintahan SBY” yang diadakan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Wisma Antara Jakarta, Selasa (19/10/2010).

Tampil dengan persiapan yang matang dengan 24 presentasi slide, Laksamana Slamet Soebijanto menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara sentral yang bisa mengendalikan kawasan barat dan timur. “Kalau kita kuat, maka kita akan ditakuti oleh negara-negara lain karena kepentingan mereka akan terhalang,” jelas Kepala Staf TNI Angkatan Laut ke-19 itu.

Mengenai berbagai konflik Indonesia-Malaysia, kasus RMS dan lain sebagainya, Slamet mengurai bahwa itu terjadi akibat pelemahan terhadap negeri ini dalam segala bidang, oleh kekuatan-kekuatan asing yang secara tidak langsung turut meracuni cara berpikir bangsa Indonesia. Pertahanan dalam negeri pun semakin lemah karena pemimpinnya kurang tegas.

“Negara kita yang sedemikian luasnya, perlu angkatan bersenjata yang kuat. “Kalau kita tegas, berani, maka akan disegani negara lain. Jika pemimpinnya macan, maka negaranya jadi macan,” tegasnya.

Kritik serupa namun lebih tajam terhadap pemerintahan SBY disampaikan Jenderal (purn) Tyasno Sudarto. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat periode 1999-2000 ini sangat mengkhawatirkan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang sangat kritis saat ini.

Ketiga kewajiban negara, menurut Tyasno, yaitu melindungi rakyat, melindungi tanah air dan melindungi kepribadian bangsa, semuanya gagal diemban oleh pemerintah SBY.

....Pemerintah sangat jauh dari tugas melindungi rakyatnya. TKI dan TKW kita mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi, tapi pemerintah kita tidak bisa berbuat apapun....

“Pemerintah sangat jauh dari tugas melindungi rakyatnya. TKI dan TKW kita mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi, tapi pemerintah kita tidak bisa berbuat apapun,” jelas mantan Pangdam Diponegoro itu.

“Rakyat itu hendaknya mendapatkan keadilan, tapi hukum dan pemerintah kita tidak bisa menghadirkan keadilan bagi rakyatnya. Seharusnya negara ini bisa menuju kepada kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia. Tetapi yang ada sekarang, kesejahteraan hanya dinikmati oleh orang-orang berduit, tapi sangat jauh dari kesejahteraan rakyat. Artinya, pemerintah saat ini tidak bisa melindungi rakyatnya,” tambahnya.

Selain itu, pemerintahan SBY juga tidak bisa melindungi tanah airnya. Sumber daya alam yang sungguh sangat luar biasa ini adalah rahmat dari Allah yang diamanahkan kepada bangsa Indonesia. Maka pemerintah seharusnya mengelola memelihara dan memanfaatkannya untuk kesejahteraan umat dan rakyatnya.

“Ini adalah amanah dari Allah. Kenyataannya, malah dikelola dengan sembarangan, dijual kepada asing untuk kepentingan diri sendiri. Sumber daya alam diporak-porandakan dan dirampok oleh kekuasaan asing karena ulah komparador-komparador dari pemerintah sendiri, melalui undang-undang yang dibuatnya sendiri dengan menguntungkan pihak-pihak asing dan globalisasi,” kritik dia.

“Oleh karena itu, maka pemerintah ini telah makar terhadap Pancasila dan makar terhadap ajaran Islam dalam mengelola sumber daya alam. Berarti pemerintah tidak bisa melindungi tanah airnya,” imbuhnya.

Tyasno melanjutkan, keterpurukan bangsa ini makin parah karena pemerintah tidak berpihak kepada rakyat.

“Rezim pemerintahan sekarang ini tidak jujur, membohongi rakyatnya. Bukan membela kebenaran, tapi membela kekuasaan dan keadilan itu tidak berlaku kepada rakyat. Keadilan hanya untuk pemodal, kapitalis dan imperialis,” kecamnya.

Dengan berbagai kelalaian dalam menjalankan tugasnya, Tyasno menilai pemerintah SBY telah gagal mengemban amanah sebagai pemimpin.

“Karena itu, menurut saya pemerintah sekarang ini sudah gagal di dalam menjalankan amanahnya,” simpulnya.

Terhadap kegagalan pemerintahan SBY itu, Tyasno menyindir SBY sebagai pemimpin SBY tidak berjiwa macan yang tegas dan berani, tapi berjiwa kambing.

....kedaulatan, harga diri dan kewibawaan sebuah bangsa dan negara itu sebetulnya tergantung kepada pemimpinnya. Kalau pemimpinnya itu berjiwa kambing, itu akan dilecehkan oleh (negara) tetangga kita....

“Ada rumus, kedaulatan, harga diri dan kewibawaan sebuah bangsa dan negara itu sebetulnya tergantung kepada pemimpinnya. Kalau pemimpinnya itu berjiwa kambing, itu akan dilecehkan oleh (negara) tetangga kita. Tapi kalau pemimpinnya itu berjiwa macan, maka (negara) tetangga kita aka salut dan respect kepada kita,” sindirnya.

Sebagai solusi kekisruhan pemerintahan yang sangat kritis ini, Tyasno menantang pemerintah untuk memilih satu di antara dua opsi, yaitu memperbaiki sistem atau ganti rezim.

“Apakah pemerintah yang seperti ini mau dilanjutkan? Kalau memang bisa diperbaiki, ya harus diperbaiki. Tapi kalau tidak bisa diperbaiki, ya harus diganti,” tantangnya.

....Apakah pemerintah yang seperti ini mau dilanjutkan? Kalau memang bisa diperbaiki, ya harus diperbaiki. Tapi kalau tidak bisa diperbaiki, ya harus diganti....

Solusi pamungkas, menurut Tyasno adalah mengganti sistem negara yang sudah amburadul.

“Begitu juga dengan sistem kita yang sudah amburadul dan membawa paham neoliberalisme, kapitalisme dan imperialisme. Kita harus kembali kepada sistem yang benar, yaitu sistem yang fitrah, yang sesuai dengan amanah dari Allah SWT,” pungkasnya. [taz]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X