Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.294 views

Sudah 68 Kali Keluyuran, Gayus Minta Jangan Dimiskinkan

JAKARTA - Gayus Halomoan Partahanan Tambunan merengek, minta tidak dimiskinkan karena plesiran ke Bali menonton tenis. Hal ini menanggapi usulan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD agar Gayus harus dimiskinkan agar tak menyuap.

"Saya ini sudah minus (harta). Ya jangan sampailah (dimiskinkan). Kasihan anak istri saya," ujar Gayus sebelum persidangannya dengan agenda pemeriksaan ahli di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (15/11/2010).

Menyusul dirinya mendapat sangkaan baru karena menyuap mantan Kepala Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kompol Iwan Siswanto, agar bisa melanglang buana keluar sel, Gayus hanya pasrah. Ia siap menjalani proses hukum.

..."Saya ini sudah minus (harta). Ya jangan sampailah (dimiskinkan). Kasihan anak istri saya,"...

Gayus sendiri enggan berkomentar banyak soal kepergiannya ke Bali. "Ya saya sudah kasih keterangan ke penyidik. Semuanya termasuk masalah suap juga," ungkap mantan pegawai pajak golongan III A pada Direktorat Pajak Tersebut.

Sebelumnya, Mahfud menerangkan, aksi Gayus menyuap polisi untuk keluar sangat merugikan rakyat Indonesia. "Orang-orang seperti Gayus harus dihukum dengan cara dimiskinkan," ujar Mahfud dalam diskusi Sabtuan di Warung Daun.

Gayus Sudah 68 Kali Plesiran

Jeruji besi dan penjagaan penjara memang bukan hal yang susah diterabas oleh Gayus Halomoan Tambunan. Sejak ditahan awal Juli lalu,  terdakwa kasus mafia hukum ini tercatat 68 kali keluyuran keluar sel Rumah Tahanan Brimob Kelapa Dua, Depok. Padahal tahanan mereka juga  dipakai tempat para tersangka terorisme mendekam, dengan penjagaan superketat.

Kepada penyidik, Kepala Tahanan Komisaris Iwan Santosa mengaku Gayus mulai sering minta izin ke luar tahanan sejak berkas perkaranya dilimpahkan ke pengadilan. Tercatat, selama Juli, Gayus keluar tiga kali. Adapun Agustus dan September, masing-masing 19 kali. Paling sering, bulan Oktober sebanyak 23 kali. Adapun selama bulan ini, tercatat hanya 4 kali.

...Sementara bulan berikutnya, setoran Gayus naik menjadi Rp 100 juta. "Namun jatah mingguan turun menjadi Rp 3,5 juta" kata Berlian Pandiangan...

Iwan juga mengakui mendapat total Rp 368 juta dari Gayus dengan rincian, upeti bulanan sekitar Rp 50 juta pada Juli lalu. Adapun setiap pekan, ada tambahan Rp 5 juta. Sementara bulan berikutnya, setoran Gayus naik menjadi Rp 100 juta. "Namun jatah mingguan turun menjadi Rp 3,5 juta" kata Berlian Pandiangan, pengacara Iwan kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Dalam dokumen pemeriksaan yang salinannya diperoleh Tempo, Iwan juga mengaku tak punya pengawalan khusus untuk Gayus. Selama keluar, Gayus hanya diantarkan ke luar kompleks Mako Brimob dengan mobil pribadi Iwan. Di luar, sudah ada penjemput Gayus.

Salah satu penjaga tahanan yang diperiksa menuturkan, Gayus biasanya keluar sel C5 sekitar pukul 15.00 WIB. Namun beberapa kali keluar pukul 20.00 WIB. Begitu pintu sel dibuka, Gayus langsung diantarkan keluar komplek Mako Brimob dengan motor sampai ke pom bensin atau Bank Mandiri dekat jalan akses UI Depok. " Disana sudah ada sopir dan mobil yang menjemputnya" kata sipir itu kepada penyidik.

Gayus pertama kali berurusan dengan polisi karena terlacak memiliki rekening berisi uang Rp 28 miliar pada 2009. Saat itu, Gayus lolos dari jeratan hukum setelah menyuap polisi dan hakim. Belakangan, ulah Gayus terbongkar. Dia kembali menjadi terdakwa kasus mafia hukum.

Dalam sebuah kesempatan, pengacara Gayus, Adnan Buyung Nasution menyebutkan bahwa polisi telah menyita uang Gayus sekitar Rp 77 miliar. Ternyata, dari balik penjara, Gayus kembali bisa menebar uang panas untuk aparat. 

Polisi: Uang Gayus Sudah Ditarik dari Bank

Polisi kesulitan membekukan rekening Gayus Halomoan Tambunan. Musababnya, Gayus diketahui tak menyimpan uangnya lagi di bank. “Bagaimana mau disita atau dibekukan, uangnya saja sudah ditarik semua dari bank,” kata Kepala Bidang Penerangan Umum Komisaris Besar Marwoto Soeto, Ahad (14/11).

Marwoto menyadari bahwa untuk mencegah perbuatan Gayus terulang, harta tersangka kasus mafia pajak itu harus disita, termasuk membekukan semua rekeningnya di bank. “Karena sudah ditarik, apa yang mau dibekukan,” ujarnya. Dia tak menutup kemungkinan Gayus masih memiliki rekening di bank atas nama lain.
...“Bagaimana mau disita atau dibekukan, uangnya saja sudah ditarik semua dari bank,”...
Gayus leluasa keluar-masuk Rumah Tahanan Brimob, Depok, Jawa Barat, sejak Juli lalu. Dia menebar duit ke penjaga rumah tahanan, termasuk Kepala Rumah Tahanan Komisaris Iwan Siswanto. Lewat pengacaranya, Berlin Pandiangan, Iwan mengaku menerima uang Rp 368 juta dari Gayus.
Sementara Wakil Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Ketut Untung Yoga mengatakan, polisi tak bisa menyita uang seseorang bila harta itu tak terkait perkara. Polisi, kata dia, belum mengetahui asal duit yang dipakai Gayus untuk menyuap penjaga rumah tahanan.
Semasa menjadi pemeriksa pajak di Direktorat Jenderal Pajak, Gayus pernah menangani kewajiban pajak sejumlah perusahaan, termasuk tiga perusahaan milik Grup Bakrie: PT Bumi Resources, PT Kaltim Prima Coal, dan PT Arutmin.
Dari ketiganya, Gayus mengatakan menerima sekitar US$ 3 juta, atau sekitar Rp 27 miliar. Dari Kaltim Prima, Gayus menerima US$ 500 ribu. Sedangkan dari Bumi US$ 500 ribu, dan US$ 2 juta gabungan dari Arutmin dan Kaltim Prima. Soal ini, pihak Bakrie telah membantahnya berulang kali.
Kepemilikan rekening jumbo itu yang menyebabkan Gayus terlibat perkara di kepolisian untuk pertama kalinya. Duit itu pernah pula dibekukan polisi pada 2009 lalu. Tapi akhirnya bisa dicairkan dan Gayus bebas dari vonis setelah menyogok polisi dan hakim. (LieM/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X