Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.826 views

Perlawanan Masyarakat Minang Gugat Film "Cinta Tapi Beda" Belum Usai

JAKARTA (VoA-Islam) – Perjuangan masyarakat Minang menggugat film tidak bermutu “Cinta Tapi Beda” garapan sutradara Hanung Bramantyo, sepertinya belum usai. Selasa (15/1) lalu, gabungan Organisasi Kepemudaan Minangkabau, mendatangi kantor Multivision milik Ram Punjabi di Jl. KH. Hasyim Asy’ari, Jakarta Pusat. Hingga saat ini film yang dirilis sejak 27 Desember 2011 tersebut belum juga ditarik, bahkan masih diputar di seluruh bioskop di Tanah Air.  

Gabungan Organisasi Kepemudaan Minangkabau itu terdiri dari: Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI), Saudagar Muda Minang (SMM) dan Keluarga Mahasiswa Minang Jakarta Raya (KMM Jaya). Mereka diterima oleh Hestu Saputra yang juga menjadi sutradara film tersebut, didampingi staf Multivion lainnya. Tidak terlihat Raam Punjabi selaku produser dalam pertemuan tersebut.

Dalam press release yang diterima VoA-Islam saat meliput, Gabungan Organisasi Kepemudaan Minangkabau, yang ditandatangani oleh Ketua Umum Ikatan Pemuda-Pemudi  Minang Indonesia (Muhammad Taufik), Ketua Umum Saudagar Muda Minang (Fahira Fahmi Idris), Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Minang M. Rozi Putra Nusantara, menegaskan bahwa:

Penentangan kami terhadap tayangan film  “cinta tapi beda (CTB)”  bukanlah gambaran dari ketidaksukaan terhadap saudara Hanung secara personal. Tapi ini lebih kepada memberikan pembelajaran kepada beliau, agar kecerdasan dalam berkarya tidak hanya mengandalkan hal-hal mengandung kontroversi hanya dengan tujuan mendapatkan perhatian luas dari masyarakat.  Mengingat, beberapa sumber di padang ternyata telah mengingatkan Hanung bahwa tema yang akan diangkat tentang film CTB adalah isu sensitif.

Dalam pengamatan kami saudara Hanung dalam beberapa karyanya yang lain ternyata memang dengan sengaja mengangkat persoalan yang menimbulkan polemik sehingga menaikan rating film tersebut dan tentunya akan menghasilkan duit yang semakin berlimpah.  Dan kali ini Hanung cs dengan sengaja telah melabrak kearifan lokal adat dan budaya Minangkabau yang notabene Islam dengan mempromosikan orang Minang Katolik taat.

“Sekali lagi hanya dengan tujuan cari duit berlimpah? Atau mungkin saudara Hanung memang mendapatkan pesanan agar mengangkat tema tersebut dengan tujuan yang yang lebih jauh (semisal brain wash agar generasi muda semakin jauh dari budaya luhur bangsanya), kalau itu yang terjadi berarti ada kemungkinan ini sebuah grand desain untuk menindas adat dan kebudayaan Minangkabau yang notabene adalah bagian tidak terpisahkan dari budaya nasional Indonesia.

Dengan mengangkat tema cinta beda agama yang mengambil latar belakang budaya Minangkabau, Hanung dan para pihak yang terlibat dalam pembuatan film cinta tapi beda memang dengan sengaja mencoba memutarbalikan logika umum bahwa adat dan budaya Minangkabau tidak lagi berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK) karena orang yang beragama Katolik taat pun juga dapat menjadi orang Minang.

“Atau mungkin Hanung dan para pihak yang terlibat dalam produksi film ini ingin menyampaikan pesan bahwa adat budaya Minangkabau yang berlandaskan ABS-SBK sudah tidak relevan lagi dengan zaman saat ini, kalau ini yang ingin disampaikan sudah jelas bahwa Hanung memang telah menyatakan ketidaksukaannya dengan Adat dan Budaya Minangkabau yang sebenarnya adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Nasional Indonesia.”

Minang Tidak Bisa Dipisahkan dari Islam

Lebih lanjut ditegaskan, bahwa perlu diketahui semua pihak, adat dan Budaya Minangkabau tidak bisa dipisahkan dari agama Islam seperti halnya adat dan budaya Bali tidak bisa dipisahkan dari agama Hindu. Dan konsesus tersebut tidak bertentangan dengan asas Negara Kesatuan Republik Indonesia (Pancasila) bahkan dilindungi oleh konstitusi (Pasal 32 ayat 2 UUD NRI 1945) dan memang selama ini dapat berjalan secara harmoni.

Oleh karena itu dalam Film CTB Hanung cs tidak hanya mensponsori ketidaksukaan terhadap budaya Minangkabau tapi juga dengan sengaja mempromosikan budaya asing yang menjunjung tinggi kebebasan individu dan pluralisme agama.

Negara Indonesia adalah Negara yang berlandaskan Pancasila yang menerima adanya perbedaan agama diantara masyarakatnya. Tapi Pancasila tidak sama dengan Pluralisme yang dipromasikan Hanung cs dalam film CTB. Artinya Hanung cs dengan sengaja mendorong masyarakat untuk mengganti budaya dan kepercayaannya (yang mungkin menurut pandangannya sudah ketinggalan zaman) dengan budaya dan keyakinan asing yang digambarkan dengan dalam film tersebut. Hal seperti ini harus menjadi kesadaran seluruh elemen bangsa agar kita sebagai bangsa yang besar dengan keragaman budaya tidak kehilangan identitas budayanya karena telah berganti dengan budaya yang datang dari luar tanpa disharing terlebih dahulu.

Dalam hal ini kita perlu mempertanyakan Wawasan Nusantara mereka yang berda di Lembaga Sensor Film (LSF) yang dengan mudahnya telah meloloskan film tersebut.

1. Setelah melalui kajian dan pertimbangan yang mendalam terhadap film CTB kami mengambil kesimpulan bahwa Hanung Bramatyo cs telah dengan sengaja menanamkan rasa kebencian terhadap kelompok tertentu (melanggar pasal 156 KUHP ancaman kurungan 4 tahun penjara) dan diduga kuat juga melanggar UU no 40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi RAS dan etnis dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara.

Oleh karena itu kami mendesak dan mendukung Kepolisian Republik Indonesia agar sesegera mungkin memproses dan menahan Hanung Bramantyo cs supaya tidak lagi mengulangi perbuatanya dan menghilangkan barang bukti.

2. Kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono agar mengkaji ulang penempatan mereka yang ada di Lembaga Sensor Film (LSF) karena tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang kebudayaan bangsa yang seharusnya dijunjung tinggi oleh semua anak bangsa. Desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X