Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.427 views

Benarkah Mega Tidak Yakin Jokowi Kader Ideologis PDIP?

JAKARTA (voa-islam.com) - Mungkin teka-teki itu akan terjawab. Teki politik yang masih menjadi misteri. Siapa yang akan dipilih Mega menjadi penerus Bung Karno, sesudah dia lengser dari dunia politik. Ini juga akan terkait dengan siapa yang bakal diusung PDIP sebagai calon presiden mendatang, di tahun 2014?

Belakang ini begitu ramai berbagai kalangan yang ingin manusia 'jadi-jadian', dan tiba-tiba namanya melesat bagai 'meteor', memenuhi jagad politik Indonesia, dan namanya terus membubung tinggi, yaitu Jokowi. Sampai ada kelompok PDIP Projo (PDIP Pro-Jokowi), dan mereka ini sudah kebelet, Jokowi jadi presiden Indonesia.

Memang, Megawati masih memperlihatkan kepercayaannya kepada Jokowi. Selain sering hadir bersama dalam satu acara, bepergianpun Megawati selalu dalam kendaraan yang sama dengan Jokowi. Selain itu, Jokowi sering diajak makan di kediaman Megawati, Jl.Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Tapi belakangan pemandangan seperti ini berkurang. Pernyataan dukungan Megawati terhadap Jokowi untuk menjadi Capres 2014, juga makin jarang didengar. Sejumlah kader PDIP menangkap kesan, ada perubahan secara mendasar dalam sikap Megawati menghadapi Pilpres 2014.

Megawati mulai terpengaruh oleh sanjungan. Terutama yang datang dari partai yang sejatinya berkepentingan menjegalnya. Megawati pun mulai tergoda. Situasi ini kemudian memicu lahirnya gerakan internal yang menamakan diri Pro Joko Widodo (Projo). Dimana mereka tidak menginginkan PDIP mencalonkan figur lain kecuali Jokowi.

Namun nampaknya persoalan lain yang muncul dalam benak Megawati - soal kadar nasionalisme ala Bung Karno. Megawati ragu apakah Jokowi merupakan pemimpin yang membawa titisan Bung Karno?

Keraguan Megawati masuk akal. Sebab dari berbagai sudut manapun dilihat, tak sedikitpun yang ada dalam penampilan Jokowi, mencerminkan adanya "semangat Bung Karno" dalam dirinya. Jokowi, belum memperlihatkan sebagai sosok, yang dapat diharapkan menjadi penerus cita-cita ideologi Bung Karno.

Megawati sesunguhnya hanya percaya pada dirinya. Mungkin kepada Puan Maharani dan Prananda Prabowo. Keduanya merupakan anak biologis Megawati. Sebagai anak biologis, tentu saja mereka mewarisi darah Bung Karno, dan diharapkan mewarisi ideologi marhaenisme Bung Karno. Tapi, siapa yang mampu, seperti Bung Karno, anak keturunan Mega. Benar-benar dalam dilema.

Sejatinya, Puan Maharani ataupun Prananda yang dipilih Megawati sebagai Capres, masih terlalu dini, karena kemampuan keduanya mengartikulasikan ideologi Bung Karno, yang tertera dalam 'Tri Sakti', menjadi bangsa mandiri dibidang politik, ekonomi, dan memiliki budaya luhur, tanpa tercemar budaya asing, tak gampang.

Memang,  tak ada jaminan mereka pun akan mampu memperjuangkan cita-cita Bung Karno. Bahkan pertanyaan paling penting, apakah Puan atau Prananda sudah bisa merepresentasikan "kharisma Bung Karno"?

Benar saat ini sebagian rakyat memang rindu kehadiran pemimpin berkharisma seperti Bung Karno. Tapi kharisma itu belum terlihat pada kedua anak Megawati. 

Sekalipun Puan dan Prananda merupakan keturunan Bung Karno, rekam jejak mereka sebagai generasi penerus pejuang cita-cita Bung Karno, belum terekam dalam memori publik.

Jokowi hanya pantas menjadi 'boneka' konglomerat hitam Cina, sebangsa James Riyadi, dan tidak bakal mampu melindungi bangsanya. (afgh/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X