Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.363 views

Elegannya Gontor Sambut Dr Zakir Naik

 

PONOROGO (voa-islam.com)--Suasana Public Lecture cendikiawan internasional, Dr. Zakir Naik kali ini berbeda dari dua tempat sebelumnya. Jika di Bandung dan Yogyakarta menggunakan ruangan atau Indoor, maka, destinasi safari dakwah ketiga ini di Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Ponorogo berada di luar ruangan atau outdoor.

Kendati demikian, sambutan pihak Gontor tidak kalah luar biasa dari dua titik ceramah sebelumnya. Dalam pantauan tim media, Gontor menyiapkan penyambutan secara besar-besaran.

Saat memasuki gerbang Unida Gontor, kita sudah disuguhi pemandangan sejumlah anggota Pramuka Gontor mengatur lalu lintas dengan disiplin dan seksama bak Polantas.

"Mau kemana mas?" tanya seorang anggota Pramuka. "Kami panitia Zakir Naik mas, izin masuk," cetus seorang Panitia, Livo. "Oh iya, silahkan mas," balas remaja bertubuh tegap itu.

Lalu, panitia disuguhi pemandangan barisan mahasiswa Unida Gontor berjas rapi dan elegan. Memegang bendera kecil merah putih dan bendera tiga warna milik India. Mereka nampaknya sedang gladi resik persiapan penyambutan.

Sekira 15 menit, rombongan Dr Zakir Naik tiba di Gontor. Kebetulan, tim panitia inti datang lebih awal di lokasi. Saat, mobil rombongan Zakir Naik tiba, sontak, barisan mahasiwa berjas rapi di dua sisi jalan meneriakan takbir sembari mengibarkan bendera merah putih dan tiga warna milik India.

Persiapan panitia internal Gontor, nampak sangat rapih dan terukur. Sejak gerbang pertama memasuki Gontor hingga ke gedung rektorat utama, tempat Zakir Naik disambut secara resmi oleh pimpinan kampus, mahasiswa berjas tersebut berjejer di kedua sisi jalan sepanjang 300 meter.

"Kami menyiapkan lima ratus personil untuk penyambutan dari unsur Menwa, Alforbi (Pramuka Gontor), dan Mahasiswa (berjas)," kata Koordinator Keamanan Mahasiswa, Meichio Lesmana saat diwawancara, Selasa (4/4/2017).

Tidak hanya keamanan internal, Gontor juga menyiapkan aparat keamanan dari unsur TNI-POLRI sebanyak 800 personil. Tidak main-main dalam menjaga perhelatan, aparat kepolisian menurunkan kendaraan baracuda dan pasukan bersenjata lengkap anti-teror.

Support aparat keamanan yang begitu fenomenal, membuat Dr Zakir Naik terharu dan tersanjung. Dalam sambutannya, Dai asal Mumbai, India itu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas support aparat keamanan.

"Saya mendoakan agar upaya dan kerja keras aparat keamanan mendapatkan balasan yang berlipat-lipat dari Allah Azza wa Jalla," ujarnya.

Selain sisi keamanan, Gontor juga menyiapkan panggung megah setinggi 1,7 meter dengan tinggi atap panggung hingga 8 meter. Untuk lapangan tempat jamaah menyimak ceramah, Gontor menyiapkan lahan seluas 8 hektar persegi disertai bangku duduk untuk dua puluh ribu peserta.

Dua tenda besar disiapkan untuk lapangan utama, serta dua layar besar di lapangan tersebut. Tidak hanya di lapangan utama, layar juga disediakan di luar arena, tepatnya di depan Masjid Gontor, untuk jamaah yang tidak teregistrasi. Di dekat masjid juga disediaka  posko kesehatan dari dinas kesehatan kabupaten Ponorogo serta tenda penjual makanan.

Saat menyiapkan acara, pihak Gontor menghadapi sejumlah tantangan, utamanya adalah kondisi cuaca Ponorogo yang kurang bersahabat. Namun, seperti anugrah pas hari "H" cuaca sangat bersahabat.

"Sudah beberapa hari Ponorogo hujan terus, kalau cek BMKG Gontor akan diguyur hujan. Tapi, alhamdulillah kita bisa lihat sejak siang hingga acara selesai Gontor tidak hujan, padahal Ponorogo hujan," kata Dosen jurusan fakultas Humaniora Unida Gontor, Hidayatullah Zarkasyi.

Lebih dari itu, sejak beberapa hari lapangan utama seluas 8 hektar tadi sehari sebelum kegiatan basah dan berlumpur diguyur hujan. Hal itu tidak menyurutkan pihak Gontor untuk memakai lapangan. Para Mahasantri (Mahasiswa) pun akhirnya diturunkan untuk mengeringkan lapangan.

"Para mahasiswa mengeringkan lapangan dengan busa kasur. Lapangan diserap airnya pakai busa," jelas anak pendiri Pesantren Modern Gontor tersebut.

Masih banyak sambutan lain yang diberikan Gontor untuk rombongan Zakir Naik, diantaranya adalah penyediaan kendaraan, penginapan,  makanan, dan kelengkapan multimedia yang canggih, dan dokumentasi menggunakan drone.

Uniknya, hampir semua persiapan dan jalannya acara ditangani langsung oleh para mahasiswa Gontor yang berkarakter sopan, santun, rendah hati, dan berpenampilan elegan. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X