Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.097 views

LPPOM MUI DKI Jakarta Gelar Pelatihan Produksi Bakso Halal

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Pernahkah Anda mampir ke pasar dan menengok proses penggilingan bakso di sana ? Mungkin sekali waktu perlu Anda sambangi agar dapat melihatnya sendiri.

Di sana, semua orang dapat datang dengan membawa daging apa pun untuk minta digilingkan. Tak ada proses pencucian memadai  terhadap alat giling yang dilakukan untuk melayani pelanggan satu dengan lainnya.

Bisa terbayangkan, berapa besar kemungkinan kontaminasinya jika daging yang digiling adalah daging haram ? Atau ada bumbu atau bahan tambahan pangan non halal yang digunakan oleh salah seorang pelanggan ?

Harga daging sapi yang tinggi di Indonesia, telah mendorong para pedagang nakal untuk melakukan pengoplosan, walau tentu tak semua pedagang melakukan itu.

Tapi berita kasus-kasus pengoplosan daging sapi dengann daging celeng ataupun daging haram lainnya seperti tikus, kerap terdengar diberitakan. Berton-ton daging celeng ilegal kerap terdengar tertangkap petugas.

Itu yang berhasil tertangkap, bagaimana yang berhasil lolos hingga ke tangan pedagang daging dan penjual bakso? Bisa jadi tak terlacak hingga sampai ke mangkuk Anda.  Kondisi ini telah sangat menkhawatirkan bagi konsumen muslim yang sudah “cerdas halal”. Akhirnnya mereka memilih untuk stop jajan bakso sembarangan. Dampaknya, pengusaha bakso sendiri yang akan dirugikan dengan kejadian ini.

Kondisi ini sudah lama menjadi sorotan Komunitas edukasi halal Myhalalkitchen dan Direktur LPPOM MUI DKI, Ir. Osmena Gunawan. Serangkaian diskusi mencari upaya pembenahan kondisi ini akhirnya berbuah kolaborasi.

Walau belum dalam skala besar, alhamdulillah pada Minggu, 16 April 2017,  LPPOM MUI DKI dan Komunitas Myhalalkitchen, menggelar Kelas Usaha Bakso Halal - Ekonomis.

Bertempat di Gedung Pusat Dakwah Aisyiah, Tebet Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi para mahasiswa yang tergabung dalam  Ikatan Masiswa Peduli Halal (IMAPELA) dan jaringan pengurus dan jama’ah Aisiyah untuk menjadi entepreneur muslim yang peduli halal, utamanya bakso halal.

Kegiatan ini menghadirkan pakar Usaha Pangan Yuyun Anwar, untuk mengajarkan cara pengolahan bakso ekonomis dengan menggunakan daging kerbau beku asal India yang didukung oleh perusahan daging Allana.

Lengkap dengan berbagai tips dan triksnya yang sangat bermanfaat dalam menjalankan usaha bakso halal ekonomis. Para peserta antusias mengikuti sambil praktek latihan membulatkan bakso. Acara dilanjutkan dengan sesi sharing bisnis dari salah outlet Bakso Boedjangan cabang Tebet.

Lengkap sekali sesi kali ini. Semua digelar secara gratis, tanpa bayaran. Para narasumber, serius mendedikasikan waktu dan keahliannya demi menumbuhkan iinspirasi bisnis bagi para mahasiswa, untuk menjadi pengusaha muslim yang peduli halal! Semoga langkah kecil ini bisa bermanfaat dan terus bergulir. * [Halalmui/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 20/05/2024 04:46

Kelaparan Melanda, Kapitalisme Biangnya