Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.833 views

Inilah Pentingnya Mendidik Anak dengan Cinta

 

TANGERANG (voa-islam.com)--Mendidik buah hati memerlukan kiat tersendiri, karena anak adalah titipan dari Allah SWT. Perluka cinta dan perhatian khusus saat nendidik anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Psikolog dari Yayasan Ibu dan Buah Hati Wulansari, S.Psi mengatakan mendidik anak haruslah dengan cinta yang benar, bukan cinta yang salah.

"Cinta yang benar dan bukan cinta yang salah. Cinta dalam mendidik anak. Anak adalah amanah dan anak adalah ujian. Karena anak menguras harta kita, menguras energi, memguras emosi kita. Itu karakter anak. Anak harus melewati edukasinya," kata Wulansari dalam acara Parenting yang diselenggarakan Lembaga Bengkel Hati yang bekerjasama dengan DKM An-Nabawi Kompleks Banjar Wijaya, Kota Tangerang, Senin (1/5/2017).

Dikatakan psikolog yang sering mengisi di Trans TV dan RRI ini menuturkan anak adalah anugerah dari Allah dan menyenangkan. Anak juga bisa menjadi pusat hiburan orang tua dan anak berkarakter unik.

"Anak adalah anugerah. Menyenangkan. Bisa menjadi pusat hiburan. Anak adalah unik," jelasnya.

Posisi orang tua, terang Bunda Wulansari, adalah sangat mulia. Orang tua harus ikhlas dalam mendidik anak dengan cinta.

"Didiklah anak dengan cinta. Cinta itu kasih sayang. Cinta itu kejujuran, kebenaran. Cinta itu tulus. Cinta itu memberi perhatian dan peduli," imbuhnya.

Diterangkannya,  cinta itu menerima dan saling menghargai. Cinta itu membimbing dan cinta itu memberi pujian/hadiah. Cinta itu, ujarnya, memberi contoh baik/keteladanan, memberi batasan/aturan. "Cinta itu memberikan konsekuensi. Cinta itu memaafkan dan cinta itu mendoakan," tuturnya.

Penting juga, ungkap Bunda Wulansari, aturan bagi anak. Aturan adalah kebutuhan anak bukan membelenggu anak. Karena itu, anak membutuhkan batasan dan bila menyimpang. 

"Dengan aturan manusia selamat. Anak harus menerima konsukwensinya karena aturannya," tegasnya.

Selain itu, orang tua harus memberikan pujian kepada anak-anaknya. "Orangtua harus memberi pujian. Pemberian pujian tepat pada tempat dan waktunya akan membawa pengaruh besar dalam jiwa anak," ungkapnya. 

Ketua Bengkel Hati Syariful Alam mengatakan pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dan proses belajar yang dilakukan setiap manusia sepanjang hayatnya. Jadi proses mendidik adalah sangat penting.

"Pendidikan sangatlah penting bagi manusia. Orang tua harus mampu mendidik anak-anaknya sehingga menjadi manusia yang paripurna dan berakhlak mulia," jelasnya.

Ketua DKM Masjid An-Nabawi Kompleks Banjar Wijaya Ustadz Bimo Ariadi menyambut baik kerjasama dan sinergi antara DKM Masjid An-Nabawi dengan Bengkel Hati dalam mengadakan acara parenting bertema mendidik anak dengan cinta. 

Dikatakannya, siapapun yang mengikuti majelis Allah akan diberkahi dan mendapatkan rahmat Allah. "Insya Allah rahmat dan keberkahan akan menyelimuti hamba-hamba Allah yang berzikir dan menuntut ilmu agama Allah," jelasnya.

Bengkel Hati adalah suatu organisasi dan kelembagaan yang dibentuk anak-anak muda yang konsens pada pembinaan, pendidikan, kajian dan bisnis, serta pelatihan-pelatihan sumber daya manusia (SDM). Bengkel Hati berdiri di Kota Tangerang dan akan menfokuskan aktivitas program kerja dalam pembinaan pemuda dan keluarga muslim, pendirian SD Quran, pelatihan bisnis, dan pelatihan keorganisasian.* [Bilal/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X