Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.685 views

#JonruBruneiTrip2017 Bagian III : Ternyata Hidup di Brunei itu Serba Sulit

Oleh: @JonruGinting

Jika pada tulisan sebelumnya saya banyak membahas hal-hal menyenangkan di Brunei Darussalam, pada bagian ini saya akan menyampaikan fakta yang sebaliknya. Ya, ternyata hidup di Brunei itu serba sulit!

Sulit seperti apa?

1. Sulit makan siang di bulan Ramadhan.

"Apakah karena warung makan dan restoran di Brunei harus tutup di siang hari, seperti di Indonesia?"

Jawabannya TIDAK.

Justru, semua restoran dan warung makan di Brunei bebas dibuka selama Ramadhan. Jadi kalau pada pagi, siang atau sore sebelum Magrib Anda mau beli makanan di restoran/warung terdekat, ya silahkan saja. Serba bebas.

Yang tidak boleh adalah makan/minum di tempat umum. Bisa kena denda yang jumlahnya lumayan.

Dan larangan ini tidak hanya untuk muslim, namun berlaku juga untuk nonmuslim.

"Apakah ini tidak menyulitkan bagi mereka yang tidak berpuasa dan ingin makan?"

Tentu tidak. Karena mereka tetap bebas membeli makanan/minuman, lalu bebas menikmatinya di tempat tertutup, misalnya di rumah. Yang penting, jangan makan atau minum di ruang publik.

2. Sulit berpolitik.

Karena Brunei adalah negara yang tidak mengenal partai politik. Semua urusan politik ditangani oleh kerajaan. Rakyat dilarang berpolitik. Kalaupun misalnya ada partai politik asal Indonesia yang buka cabang di sana, bentuknya sebatas fans club saja.

3. Sulit menemukan sepeda motor.

Karena harga mobil di Brunei sangatlah murah, hampir sama murahnya dengan harga motor. Jika ada orang Brunei yang membeli motor, biasanya karena faktor hobi saja.

4. Sulit menemukan bis kota.

Memang sih, di Brunei ada bis kota. Namun jumlahnya sangat terbatas, dan hanya beroperasi dari jam 6 pagi hingga 5 sore. Penumpangnya pun bukan warga Brunei, melainkan para imigran yang bekerja di Brunei dan belum punya kendaraan sendiri. Jika Anda menunggu bis di jalanan, bersabarlah karena mungkin bis yang ditunggu baru datang sekitar satu atau dua jam kemudian.

5. Sulit menemukan rokok.

Karena rokok di Brunei termasuk benda terlarang. Membeli rokok di sana sama seperti membeli narkoba; harus sembunyi-sembunyi, ada sindikat pengedar gelapnya.

6. Sulit mabok-mabokan.

Karena minuman keras di Brunei pun termasuk benda terlarang.

7. Sulit menikmati hiburan malam.

Karena nite club, diskotik dan sebagainya tidak tersedia di Brunei.

Intinya, jangan datang ke Brunei jika niat Anda untuk bermaksiat. Datanglah ke Brunei dengan niat untuk melihat langsung bagaimana indahnya penerapan syariat Islam di sana.

Bukan hanya umat Islam yang senang dan merasa nyaman tinggal di Brunei. Namun nonmuslim juga bisa hidup tenang, aman, tentram, sentausa. Sebab Islam adalah agama yang sangat toleran dan sangat menghargai umat agama lain.

BERSAMBUNG >>

Keterangan gambar: Dari kiri ke kanan:
- Ustadz M Taufik dari Dompet Dhuafa
- Ustadz Hanafi dari Sumatera Barat yang kini menetap di Brunei. Dari beliaulah saya banyak mendapat info bermanfaat seputar Brunei.
- Saya (Jonru)

Kami berpose di halaman hotel Empire, hotel termegah dan termewah di Brunei. Kami hanya singgah untuk berfoto-foto di sana. Gak sanggup bayar kalau harus nginap di situ, hehehe...

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X