Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.798 views

Hampir 500 Warga Terdampak Gempa Cianjur Ikuti Pengobatan Massal Ulutangan.com-PDUI Bekasi Tahap V

CIANJUR (voa-islam.com) - Tahap V "Aksi Peduli Gempa Cianjur" sinergi PDUI ( Persatuan Dokter Umum Indonesia) Kota Bekasi - Yayasan Indonesia Uluran Tangan (ulurtangan.com) dengan agenda pengobatan massal gratis  bagi para warga terdampak gempa Cianjur berlangsung hari Sabtu-Minggu (24-25 Des 2022).

Mengandeng SiJum FastKhoir Cianjur, Yayasan An-Najahul Islami Bekasi serta Persaudaran Alumni (PA) 212, sedikitnya enam titik pengungsian yang tersebar di beberapa desa di kecamatan Cugenang berhasil "digarap" tim dokter dan para relawan dengan hampir 500 orang pasien dari berbagai usia ditangani sekaligus diobati dalam dua hari kegiatan baksos tersebut.

"Ada ispa, nyeri punggung bawah (LBP), penyakit infeksi kulit, penyakit asam lambung, luka akibat gempa, diare, parkinson" kata dokter Rudolf Nur selaku koordinator tim PDUI Bekasi untuk baksos gempa Cianjur saat dimintai komentarnya, menambahkan bahwa keluhan yang paling umum ialah hipertensi, sakit kepala, vertigo serta diare, ISK (inspeksi saluran kencing).

Meski demikian tim dokter juga menemukan kasus lain yang belum ditemukan dalam pengobatan masal sebelumnya.

"Dari 16 titik yang pernah kita lakukan untuk kunjungan pengobatan massal, baru kali ini kita  menemukan pasien yang menderita TB sekaligus penyakit kelenjar getah bening, katanya, mengungkapkan pasien tersebut akan coba observasi lebih lanjut karena sudah 9 bulan pengobatan berlalu namun tetap belum ada perubahan.

Layanan medis "kolaps"

Menurut relawan SiJum FastKhoir Cianjur yang ikut terjun membantu kegiatan baksos, banyaknya pengungsi yang datang untuk memeriksakan diri kemungkinan karena semakin sedikitnya relawan terlebih tim medis yang hadir di lapangan.

"Layanan medis "kolaps", kata ustadz Adi dari SiJum Cianjur didampingi rekannya Yuki kepada Voa-Islam.com saat melihat antusiasme warga di lokasi pengobatan. Keduanya menduga ini terjadi karena semakin berkurangnya relawan apalagi tim medis yang turun ke lokasi pengungsian.

"(Mungkin) karena relawan semakin sedikit, apalagi untuk kesehatan. Kalau sebelum-sebelumnya masih banyak tim medis di lapangan, sekarang sudah berkurang jauh."

Sementara itu, warga yang ditemui di lokasi pengobatan juga mengungkapkan bahwa layanan kesehatan yang mereka dapatkan sebelumnya hanya berupa cek tekanan darah.

"Baru ini pengobatan besar dan lengkap, kata seorang warga di pos pengungsian kampung Senen RT 002/02 Desa Nyalindung Kecamatan Cugenang, "biasanya cuma tensi saja gak diperiksa (detail-Red) dan gak dikasih obat." (VOI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X