Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.509 views

Presiden SBY Menghadapi Penangkapan di Inggris?

Orang-orang Papua yang berdiaspora di luar negeri, di antaranya yang berada di Inggris, mengkampanyekan penangkapan terhadap Presiden SBY. SBY dituduh gagal melindungi rakyat Papua, melakukan kekerasan, dan banyak terjadi pelanggaran HAM di wilayah itu. SBY juga dinilai tak mampu memajukan Papua.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI Marciano Norman mengatakan aktivis Papua banyak yang berada di luar negeri termasuk Inggris. Para aktivis Papua di luar negeri, menurutnya, kerap mengumbar data kebohongan tentang Papua.

"Itu kan memang di luar negeri ada aktivis-aktivis Papua yang mereka tinggal di luar dan mereka menjalin komunikasi dengan orang-orang, baik itu mungkin di parpol atau orang-orang yang berkaitan dengan bidang hak asasi manusia dan sebagainya," jelas Marciano di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/9/2012).

Para aktivis Papua kerap menceritakan dan menyebarkan informasi bahwa pemerintah tidak memperhatikan dan menangani Papua dengan baik. Marciano meminta aparatur pemerintahan di luar negeri dan masyarakat Indonesia di luar negeri turut meluruskan data maupun berita yang disebarkan di luar negeri mengenai Papua oleh aktivis.

"Satu tantangan bagi seluruh komunitas Indonesia yang ada di luar negeri, baik itu dari kedutaan baik itu dari mahasiswa-mahasiswa kita yang sekolah di luar negeri, masyarakat-masyarakat kita yang bekerja di luar negeri, bahwa apa yang disampaikan itu tidak benar," kata Marciano.

Ia menegaskan pemerintah Indonesia berusaha maksimal mungkin untuk membangun Papua dari semua sisi, baik pembangunan dari sisi fisiknya maupun pembangunan dari segi mentalnya, sehingga harus yakin bahwa Papua juga akan mendapat perlakuan seperti provinsi-provinsi lain di Indonesia ini.

Sebagaimana diberitakan media massa di Inggris, tim advokasi Papua Barat, Ed Wiliams, mengampanyekan sayembara penangkapan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang akan berkunjung ke London, Inggris, dengan memberikan imbalan uang sebesar US$ 80 ribu. Sayembara ini dikampanyekan Wiliams karena SBY dinilai gagal dalam memecahkan persoalan di Papua Barat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terganggu dengan sayembara penangkapan dirinya di Inggris.

"Kami sudah komunikasi dengan Kedutaan Inggris di Jakarta, terus terang ini mengganggu hubungan baik kedua negara, ini tidak nyaman bagi kami, perlu diluruskan," ujar Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/9/2012).

Julian menjelaskan Presiden SBY akan bertolak ke Inggris untuk memenuhi undangan Ratu Elizabeth II sekaligus sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Perdana Menteri Inggris David Cameron ke Jakarta, beberapa bulan lalu.

Kapasitas SBY dalam kunjungan tersebut sebagai kepala negara, maka pemerintah Indonesia meminta jaminan keamanan kepada pemerintah Inggris. "Jelas dalam kapasitas beliau sebagai head of state akan diperlakukan sebagai kepala negara, jadi jelas tidak mungkin kepala negara ditahan atau ditangkap," tegas Julian.

Tentu, nasib Presiden SBY tidak seperti Presiden Sudan Omar Hasan al-Bashir yang menghadapi penangkapan oleh ICC, karena dituduh pelanggaran HAM.

Begitulah para separatis Papua, meski mereka sudah mendapatkan dana perimbangan daerah, sebesar Rp 20  triliun, tetap saja ingin memisahkan diri dari Republik ini. af/ilh.

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X