Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
18.115 views

Bangkitnya Kekuatan Jaringan al-Qaidah di Suriah

Damaskus (voa-islam.com) Sebuah kelompok jihad yang mempunyai relasi dengan Al Qaeda telah menjadi kekuatan yang paling efektif dibanding dengan berbagai faksi yang  melawan rezim, menurut sebuah analisis baru, dan sekarang memiliki sekitar 15.000 pejuang.

Kelompok Jabhat al-Nusra, yang dianggap mempunyai afiliasi dengan  Al Qaeda oleh pemerintah Amerika Serikat. Jabhat al-Nusra dipimpin oleh para veteran dari pejuang Irak "dan telah menunjukkan dirinya sebagai kekuatan utama terhadap Assad dan Shabiha," menurut peneliti dari lembaga di Washington DC.

CNN memperoleh salinan analisis, yang rencananya oleh Yayasan Quilliam, yang merupakan lembaga  kebijakan kontraterorisme yang berbasis di London, dan merupakan cover dari CIA, Selasa.

"Perang saudara di Suriah adalah seperti hadiah dari langit untuk al-Nusra, dan mereka lahir dari sebuah ruh perjuangan yang berbasis ideologi Islam", kata penulis utama laporan, Noman Benotman, CNN.

Benotman, mengatakan, mantan jihadis Libya terkemuka yang secara pribadi mengenal pemimpin tertinggi Al Qaeda, termasuk Osama bin Laden dan Ayman al-Zawahiri, ungkap sumber pejabat intelijen Barat, dan kawasan Timur Tengah, termasuk jihad di Suriah, yaitu "al-Nusra sumber."

Pada saat optimisme yang muncul, dan adanya anggapan berkurangnya  ancaman global dari al Qaeda dan terorisme, tetapi faktanya, menurut  studi ini telah muncul bangkitnya kekuatan Al Qaidah, dan  memicu kecemasan di ibukota Barat, dan menunjukkan gerakan yang afiliasi Al Qaeda, semakin kuat, dan dapat  berurat berakar di jantung dunia Arab, serta menciptakan tantangan yang mendalam  pasca jatuhnya rezim Bashar al -Assad Suriah, dan ancaman baru terhadap keamanan internasional.

Suriah Tahun 2013?

Al-Nusra, menurut laporan itu, adalah Al Qaeda Suriah yang merupakan  cabang di Irak, alias AQI, pakaian teror didirikan oleh Yordania Abu Musab al-Zarqawi.

AQI itu namanya "Negara Islam Irak" setelah al-Zarqawi tewas akibat serangan rudal AS pada tahun 2006. Sejak  keluarnya pasukan AS dari Irak, ISI telah kembali menunjukkan kekuatan, dan sekarang telah ikut serta dalam pertemuran yang sangat dahysat di Irak.

Ketika mengatakan al-Nusra sebagai kelompok teroris, Desember, Departemen Luar Negeri AS mengusir kelompok itu, karena adanya "upaya AQI untuk membajak perjuangan rakyat Suriah keperluan mendirikan negara Islam".

"AQI emir Abu Do'a adalah mengendalikan baik AQI dan al-Nusra. Do'a juga mengeluarkan pedoman strategi untuk al-Nusra, Amir AQI,  Abu Muhammad al-Jawlani, dan dia bertugas mempersiapkan dimulainya operasi di Suriah," ungkap Departemen Luar Negeri AS.

Benotman mengatakan bahwa sementara Abu Do'a masih memiliki pengaruh signifikan atas al-Nusra, pemain kunci dalam kelompok adalah al-Jawlani, seorang veteran jihad Suriah  yang hampir pasti menjadi rekan dekat mantan al-Zarqawi.

"Kepemimpinan Al-Jawlani ini  tidak terbantahkan karena pengalamannya di Irak," ungkap Yayasan Quilliam menemukan laporan. Menurut Benotman, Al-Jawlani telah mengambil langkah-langkah konsisten  untuk tidak mengungkapkan identitas aslinya - termasuk mengenakan "tutup muka" (cover), setiap pertemuan dengan beberapa operator senior al-Nusra itu.Al-Jawalani mengenakan topeng ketika al-Nusra merilis video pada Januari 2012 untuk mengumumkan pembentukannya.

AQI telah membangun infrastruktur di Suriah, membangun rumah aman-di Suriah dari mana ribuan relawan - berada di Suriah - perjalanan untuk berperang di Irak. Komandan Suriah Al-Zarqawi juga saluran utama untuk kontribusi keuangan dari wilayah Saudi dan Teluk.

Nada Bakos, mantan agen CIA yang selama beberapa tahun adalah petugas penargetan kepala pelacakan al-Zarqawi, mengatakan kepada CNN bahwa dari Suriah hari-hari awal berada di antara lingkaran dalam jaringannya. "Beberapa komandan mungkin sekarang bagian dari al-Nusra," katanya.

Satu Suriah di antara lingkaran dalam AQI adalah Sulaiman Khalid Darwish. Dia dilaporkan tewas di Irak, namun sumber-sumber intelijen mengatakan kepada CNN nasibnya tetap tidak menentu, meningkatkan kemungkinan dia sekarang mungkin memainkan peran kepemimpinan di al-Nusra.

Menurut Benotman, tujuan utama dari al-Nusra adalah penciptaan sebuah negara Islam di Suriah. Untuk mulai dengan, itu mulai merekrut pejuang dan melatih mereka, mengumpulkan senjata dan menciptakan tempat berlindung yang aman.

Kelompok ini mengalami kemunduran parah pada bulan April 2012 setelah penangkapan seorang mata-mata menyebabkan sejumlah besar anggota yang ditahan di Damaskus, tetapi kelompok kemudian dibangun kembali operasinya, menempatkan penekanan lebih besar pada keamanan operasional, Benotman mengatakan kepada CNN.

Salah satu syarat al-Nusra telah berkomunikasi melalui utusan ketimbang elektronik, menurut Benotman. "Keamanan operasional mereka adalah beberapa yang terbaik yang pernah saya lihat," katanya kepada CNN.

Selain itu, al-Nusra adalah "sangat selektif tentang memulai anggota baru, memerlukan" tezkiyya, "atau jaminan pribadi, dari dua komandan di garis depan menyatakan bahwa merekrut memiliki keterampilan yang diperlukan, komitmen agama dan sikap untuk bergabung dengan grup," studi Quilliam mengatakan.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, al-Nusra telah mengaku bertanggung jawab atas hampir 600 serangan - "mulai dari lebih dari 40 serangan bunuh diri untuk senjata kecil dan operasi bom rakitan - di pusat kota utama termasuk Damaskus, Aleppo, Hama, Dara, Homs, Idlib, dan Dayr al-Zawr. "

Benotman mengatakan, kelompok itu juga melakukan eksekusi terhadap perwira militer dan anggota milisi pro-Shabiha al-Assad.

Al-Nusra juga berfokus pada mengambil kendali kota-kota dekat jalan raya utama untuk mengontrol gerakan, melainkan mengontrol jalan raya antara Aleppo dan Hasakah, rute penting ke Irak, menurut laporan Quilliam.

Sejauh ini kelompok ini hanya diklaim satu serangan terhadap pesawat pemerintah Suriah dan helikopter yang "tampaknya akan menunjukkan kurangnya manusia-portabel sistem pertahanan udara (MANPADS), konsisten dengan upaya internasional untuk menjaga senjata-senjata dari tangan jihad," menurut laporan tersebut.

Bulan lalu al-Nusra melancarkan dua operasi yang paling ambisius sampai saat ini. Pada tanggal 10 Desember, kelompok menduduki bagian dari pangkalan militer di dekat Aleppo dan dua hari kemudian mengaku bertanggung jawab atas bunuh diri terkoordinasi dan mobil serangan bom di Kementerian Dalam Negeri yang dijaga ketat di ibukota.

Taktik Al-Nusra, seperti yang dari AQI, menggunakan mobil besar dan truk bom didorong oleh pembom bunuh diri. Kelompok ini telah melancarkan serangan tersebut terhadap beberapa  instalasi keamanan di Damaskus dan Aleppo, kadang-kadang sebagai bagian dari serangan terkoordinasi yang melibatkan orang-orang bersenjata.

Benotman mengatakan bahwa musim panas lalu al-Nusra melancarkan anggaota pelaku bom bunuh diri dan mulai truk penimbunan dan bahan peledak. Dia mengatakan bahwa akibat senjata kekurangan diantara kelompok perlawanan berarti bahwa kampanye al-Nusra tentang bom bunuh diri telah memungkinkan untuk pukulan berat bagi Bashar al-Assad.

Minggu lalu al-Nusra menunjukkan taktik baru mematikan - bom mobil  dioperasikan dengan remote control, Benotman mengatakan kepada CNN. Dia mengatakan teknologi itu digunakan untuk menghancurkan sebuah gerbang di sebuah pangkalan udara di Idlib dan akan menimbulkan kekhawatiran bahwa hal itu bisa satu hari digunakan dalam serangan di Barat.

Jika kekuatan pertempuran al-Nusra adalah sekitar 5.000 anggota, karena perkiraan laporan Quilliam, yang akan sebanding dengan perkiraan pemerintah AS AQI pada puncak pemberontakan Irak. Tapi komandan pemberontak mengatakan bahwa kelompok membuat kurang dari 10% dari brigade melawan rezim.

Sementara al-Nusra terutama terdiri dari Suriah, itu termasuk sejumlah besar pejuang dari negara-negara Arab lainnya. Dalam beberapa bulan terakhir semakin banyak telah tiba dari Arab Saudi dan Teluk, tetapi Irak dan Yordania merupakan mayoritas pejuang asing.

Musuh Suriah 'Akan Masuk Neraka'

Dalam beberapa bulan terakhir, video yang menampilkan memerangi pemberontak di Suriah semakin tampil bersama-operasi antara al-Nusra dan kelompok pemberontak lainnya.

Menurut Quilliam Yayasan laporan, al-Nusra sering bekerja sama dengan jihad lainnya dan kelompok-kelompok Islam seperti Sukour al-Sham, yang memiliki beberapa ribu pejuang, dan bahkan dengan mantan perwira  Angkatan Darat Suriah yang sudah membelot, di sejumlah pertempuran strategis, meskipun operasi bersama antara kedua kelompok belum meluas.

Menurut Benotman, sejumlah besar Jihadis bekerja dengan para pejuang lainnya terutama memiliki garis  ideologi Al-Qaeda, namun al-Nusra telah berupaya untuk meredakan kekhawatiran dengan menjaga dirinya terpisah dari al Qaeda, menghindari warga sasaran sipil, dan menahan diri dari ejaan keluar agenda sebenarnya.

"Melestarikan hubungan baik dengan kelompok-kelompok lain dan memperlakukan mereka dengan baik dan menutup mata terhadap kesalahan mereka adalah dasar dalam berurusan dengan kelompok lain, selama mereka tidak berubah," kata al-Nusra pemimpin Mohammed al-Jawlani di sebuah rekaman audio Desember, menurut terjemahan oleh Kelompok Intelijen SITE.

Al-Nusra dan sembilan lainnya brigade Jihadis setempat mengumumkan bulan lalu mereka membentuk struktur komando regional terpadu yang disebut Syura Mujahidin Council di Deir el-Zour.

Namun menurut laporan Benotman, al-Nusra belum terbentuk setiap koalisi tersebut dengan besar pakaian pemberontak Islam seperti Ansar al-Islam, Ahrar al-Sham, dan Deir Ezzor Dewan Revolusi, tiga kelompok yang sebelumnya bergabung bersama untuk membentuk " Front Pembebasan. "

Sebuah sebutan kontraproduktif?

Menurut studi Quilliam, "penunjukan (oleh AS) dari al-Nusra sebagai organisasi teroris hanya melayani untuk memperkuat dukungan jihad untuk grup.

Nada Bakos, agen CIA mantan setuju, mengatakan CNN penunjukan dapat meningkatkan status al-Nusra ini antara Jihadis di seluruh dunia, meningkatkan dana dan perekrutan untuk grup.

Studi ini menjelaskan Benotman hubungan antara al-Nusra dan FSA sebagai campuran, dengan kedua menyadari bahwa mereka saling membutuhkan dalam jangka pendek untuk menggulingkan al-Assad.

"Beberapa brigade FSA mengancam untuk bekerja dengan al-Nusra jika Barat tidak menyediakan senjata yang cukup sementara yang lain melihat al-Nusra sebagai berusaha untuk mengeksploitasi revolusi untuk kepentingan mereka sendiri, bukan bekerja untuk kebaikan negara. Jabhat al-Nusra dan Tentara Suriah gratis waspada terhadap satu sama lain, karena mereka sudah berlomba-lomba untuk popularitas di kalangan penduduk, "kata Quilliam.

Strategi

Bakos, pejabat CIA mengatakan mantan AQI dan al-Nusra kemungkinan besar mereplikasi eksternal fleksibel, desentralisasi, dan tangguh jaringan operasi didirikan oleh al-Zarqawi di wilayah tersebut, dan itu membuat mereka menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Benotman mengatakan al-Zarqawi jaringan pernah benar-benar pergi.

Analis percaya permusuhan al-Nusra terhadap Barat bisa menciptakan "over-the-horizon" ancaman bagi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya jika kelompok mampu mengamankan pijakan di Suriah dan di Levant.

Dalam skenario seperti al Qaeda selaras kelompok akan beroperasi dalam jarak menyentuh dari perbatasan Israel, meningkatkan potensi mereka untuk melancarkan serangan langsung terhadap negara itu, dan  jangka panjang tujuannya memproklamirkan kekuatan  jaringan teroris pemimpin Ayman al-Zawahiri.

The Quilliam Yayasan Laporan yang serius membaca pada saat meningkatnya ketegangan sektarian dan kebrutalan rezim di Suriah sedang bermain ke tangan al-Nusra itu.

Benotman percaya al-Nusra tidak ingin cepat mengakhiri rezim al-Assad.

"Semakin lama konflik berlangsung, semakin kuat mereka akan mendapatkan," katanya kepada CNN. Begitu takutnya Barat terhadap bangkitnya kekuatan Islam di Suriah, yang akan menggantikan rezim Bashar al-Assad. af

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Pasukan Zionis Israel Bunuh Komandan Brigade Syuhada Al-Aqsa Dalam Serangan Di Nablus

Pasukan Zionis Israel Bunuh Komandan Brigade Syuhada Al-Aqsa Dalam Serangan Di Nablus

Selasa, 09 Aug 2022 20:49

FWB, Worth it Kah?

FWB, Worth it Kah?

Selasa, 09 Aug 2022 08:34

FPKS: Setop Proyek IKN dan Kereta Cepat, Alihkan ke Subsidi BBM

FPKS: Setop Proyek IKN dan Kereta Cepat, Alihkan ke Subsidi BBM

Selasa, 09 Aug 2022 07:59

Angka Perokok Anak Terus Meningkat, Jadikan E-KTP Syarat Beli Rokok

Angka Perokok Anak Terus Meningkat, Jadikan E-KTP Syarat Beli Rokok

Selasa, 09 Aug 2022 07:26

Turki Sangat Prihatin Atas Pembunuhan Berantai 4 Muslim Di New Mexico AS

Turki Sangat Prihatin Atas Pembunuhan Berantai 4 Muslim Di New Mexico AS

Senin, 08 Aug 2022 22:04

Pemimpin Seniornya Terbunuh Dalam Serangan Bom Pinggir Jalan, TTP Salahkan Agen Intelijen Pakistan

Pemimpin Seniornya Terbunuh Dalam Serangan Bom Pinggir Jalan, TTP Salahkan Agen Intelijen Pakistan

Senin, 08 Aug 2022 21:05

Polisi Selidiki Keterkaitan Pembunuhan Berantai 4 Pria Muslim Di AS

Polisi Selidiki Keterkaitan Pembunuhan Berantai 4 Pria Muslim Di AS

Senin, 08 Aug 2022 20:31

Bharada E Sebagai Justice Collaborator, Ferdy Sambo Bisa Gawat

Bharada E Sebagai Justice Collaborator, Ferdy Sambo Bisa Gawat

Senin, 08 Aug 2022 17:21

Ketua Majelis Syuro: PBB Partai Menarik, Bukan Partai Menakutkan

Ketua Majelis Syuro: PBB Partai Menarik, Bukan Partai Menakutkan

Senin, 08 Aug 2022 08:12

Menebar Cahaya di Tengah Gempuran Budaya Jepang

Menebar Cahaya di Tengah Gempuran Budaya Jepang

Senin, 08 Aug 2022 08:04

Ummu Imarah

Ummu Imarah

Senin, 08 Aug 2022 07:42

Pelapor Khusus PBB Sebut Serangan Israel di Gaza 'Ilegal Dan Tidak Bertanggung Jawab'

Pelapor Khusus PBB Sebut Serangan Israel di Gaza 'Ilegal Dan Tidak Bertanggung Jawab'

Ahad, 07 Aug 2022 21:50

Proyek Kereta Cepat Jauh dari Perencanaan dan Bebankan APBN

Proyek Kereta Cepat Jauh dari Perencanaan dan Bebankan APBN

Ahad, 07 Aug 2022 21:25

Korban Tewas Di Gaza Akibat Serangan Israel Naik Jadi 31, Sepuluh Di Antaranya Anak-Anak Dan Wanita

Korban Tewas Di Gaza Akibat Serangan Israel Naik Jadi 31, Sepuluh Di Antaranya Anak-Anak Dan Wanita

Ahad, 07 Aug 2022 21:15

IDEAS: Pemerintah Minim Visi Besarkan Industri Perbankan Syariah

IDEAS: Pemerintah Minim Visi Besarkan Industri Perbankan Syariah

Ahad, 07 Aug 2022 20:59

Garis Waktu: Serangan Zionis Israel Ke Jalur Gaza Sejak 2005

Garis Waktu: Serangan Zionis Israel Ke Jalur Gaza Sejak 2005

Ahad, 07 Aug 2022 20:55

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU

Ahad, 07 Aug 2022 20:41

Korupsi Penyakit Terbesar di Indonesia

Korupsi Penyakit Terbesar di Indonesia

Ahad, 07 Aug 2022 16:00

Mindset Bunuh Diri Nodai Generasi

Mindset Bunuh Diri Nodai Generasi

Ahad, 07 Aug 2022 15:55

Sudah 11 Orang Tewas 80 Lainnya Terluka Akibat Serangan Udara Baru Israel Di Jalur Gaza

Sudah 11 Orang Tewas 80 Lainnya Terluka Akibat Serangan Udara Baru Israel Di Jalur Gaza

Sabtu, 06 Aug 2022 22:36


MUI

Must Read!
X