Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.705 views

El-Baradei Adalah Aktor Utama Penggulingan Presiden Mohamad Mursi

Cairo (voa-islam.com) Mohamad el-Baradei yang diangkat menjadi Wakil Presiden Mesir dengan latar belakangnya sebagai mantan anggota Dewan Pengawas ICG, sejatinya el-Baradei bekerja dengan elite kekuasaan global, dan kemampuannya dalam mengelola strategi geopolitik sangat sejalan dengan kepentingan dan pendirian Amerika Serikakt.
   

Setelah Presiden Mohamad Mursi, pemimpin pertama yang terpilih secara demokratis di Mesir dari  Partai Kebebasan dan Keadilan yang merupakan sayap politik dari Jamaah Ikhwanul Muslimin digulingkan dari kekuasaannya, nama Mohamed el-Baradei mulai beredar sebagai perdana menteri.

Keberatan dari Partai Nur yang menjadi sayap politik Jamaah Salafi, yang merupakan bagian dari koalisi anti-Mursi, menolak el-Baradei menjadi perdana menteri, kemudian Presiden interim Adly Mansour mengangkatnya sebagai Wakil Presiden.

El-Baradei  memainkan peran kunci sebagai koordinator aliansi utama partai-partai liberal dan sayap kiri dan kelompok pemuda, Front Penyelamat Nasional (FPN) dalam mengorganisir oposisi terhadap Presiden Morsi. Sebagai wakil kekuatan opoisi yang memiliki spektrum yang luas el-Baradei melakukan pembicaraan langsung dengan Jenderal Abdul Fattah al-Sisi sebelum dan setelah  kudeta Juli 3.

Tahun 2012, el-Baradei sebagai wakil kelompok liberal Mesir, dan menjadi calon sekuler dalam pemilihan presiden, tetapi menarik diri pada bulan Januari dengan alasan bahwa Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF), yang memerintah negara itu, menegaskan  tidak akan membiarkan pemilu yang bebas dan adil.

Meskipun mengundurkan dalam pencalonan pemilihan presiden, el-Baradei tetap ingin mendapatkan kekuasaan pada 2016, dan dia membentuk sebuah partai politik baru April 2012. El-Baradei percaya bahwa dia harus memiliki peran penting dalam menentukan arah baru di era transisi pasca-Mubarak.

Mengapa el-Baradei begitu yakin bahwa dia harus memiliki peran di masa depan merancang Mesir? Menjawab pertanyaan kita harus melihat kisah hidupnya, di mana el-Baradei, sejatinya menjadi bagian dari elite kekuasaan  kekuasaan global.

Latar Belakang Pendidikan dan Keluarga

El-Baradei lahir di Cairo 17 Juni 1942. Ayahnya pengacara dan menjadi  Ketua asosiasi pengacara di Mesir. Karena posisinya, el-Baradei  kadang-kadang mengalami beberapa kesulitan dengan Presiden Gamal Abdel Nasser, yang berkuasa sebagai hasil dari intervensi militer pada tahun 1952, yng dipimpin oleh Gerakan Perwira Bebas.

El-Baradei mengikuti jejak ayahnya, dia belajar hukum di Universitas Kairo dan lulus pada tahun 1962. Dia memulai karirnya di Kementerian Luar Negeri Mesir pada tahun 1964. Dia kemudian bekerja di misi tetap Mesir untuk PBB di New York dan Jenewa. Dia meraih gelar doktor dalam hukum internasional dari New York University. El-Baradei menikah dengan Aida Elkachef, guru, dan mendapatkan dua orang anak dari pernikahannya.

Munculnya el-Baradei

El-Baradei bertugas di tim perunding sebagai asisten khusus  Menteri Luar  Mesir selama berlanggsungnya perundingan perdamaian di Camp David, yang sangat bersejarah dan melahirkan perjanjian perdamaian Mesir dengan Israel 17 September tahun 1978, dan dibukanya  hubungan diplomatik Mesir dengan Israel.

Tahun 1980, el-Baradei menjadi anggota senior yang bertanggung jawab atas Program Hukum Internasional di Institut PBB untuk Pelatihan dan Riset. El-Barade bergabung dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada tahun 1984. El-Baradei menjadi Direktur Jenderal Badan tahun 1997.

Setelah mengambil alih sebagai Kepala IAEA menggantikan Hans Blix dari Swedia, tahun 1997, kemudian el-Baradei  menggunakan diplomasi untuk menangani masalah nuklir dengan Korea Utara dan Iran. El-Baradei menjadi tangan bagi kepentingan Zionis-Israel dan Amerika Serikat yang ingin melikwidasi (menghapus) kekuatan nuklir Korea Utara dan Iran.

Sementara El-Baradei meraih kredibilitas politik di Timur Tengah ketika ia mempertanyakan klaim tentang senjata pemusnah massal yang digunakan untuk membenarkan invasi ke Irak pada tahun 2003, yang mengakibatkan  hubungannya dengan pemerintahan Bush menjadi dingin.

Ketika AS mengklaim bahwa Irak membeli uranium dari Afrika, el-Baradei dipecat sebelum Dewan Keamanan PBB mengambil keputusan. Meskipun el-Baradei membuat marah Washington, karena menolak klaim bahwa Saddam Hussein menyembunyikan program nuklir yang bersifat rahasia, tetapi yang dikatakan oleh el-Baradei terbukti benar,  ketika tidak ada senjata nuklir yang ditemukan setelah invasi AS 2003. Pendekatannya ke Iran dianggap sebagai tidak cukup kuat oleh pemerintahan Bush dan sekutunya di Uni Eropa.

Meskipun ketidakpuasan dengan dia di AS dan Uni Eropa, el-Baradei memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2005, atas upayanya mencegah proliferasi nuklir. Secara luas dihormati di Mesir, ia juga menerima kehormatan tertinggi negara itu, Nil Shas, pada tahun 2006.

El-Baradei Dalam Kekacauan Politik Mesir

Ketika el-Baradei meninggalkan IAEA  November 2009 dan kembali ke Mesir, ratusan orang  bertemu dengannya di Kairo dengan mengabaikan peringatan  dari pasukan keamanan Mesir yang melarang menyambutnya saat pulang pada tahun 2010.

Menariknya, setelah melakukan pelatihan Gerakan April 6 dengan CANVAS2, el-Baradei berjanji akan kembali ke Mesir pada tahun 2010. Tetapi, fihak aparat keamanan melakukan penangkapan terhadap sejumlah anggota Gerakan 6 April saat menunggu kedatangan el-Baradei. El-Baradei, pada awal 2010, mulai mengungkapkan niatnya mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan umum 2011.

Bersama dengan Gerakan  6 April yang dipelopori Wael Ghonim dari Google, dan koalisi partai-partai oposisi lainnya, el-Baradei merancang  "Front Nasional untuk Perubahan". Ghonim tinggal di luar negeri, di Dubai. Halaman Facebook-nya diciptakan sebagai format dukungannya kepada Mohamed el-Baradei sesudah tiba di Mesir selama Februari 2010. Ghonim juga menciptakan situs kampanye resmi buat el-Baradei.

Ghonim dan el-Baradei mulai bekerja sama untuk menciptakan sebuah gerakan akar rumput sebagai strategi kampanye sebelum pemilihan umum 2010 Mesir, pada November, dan  membangun jaringan oposisi dalam mendukung el-Baradei.

Jaringan ini termasuk Gerakan 6 April, kalangan liberal, sekuler, dan nasionalis, serta serikat buruh independen yang sebagian besar dalam aksi protes selama hari-hari pemberontakan terhadap kekuasaan Mubarak. Kemudian,  El-Baradei memutuskan untuk memboikot pemilu November 2010, dikenal sebagai pemilu yang paling curang dalam sejarah Mesir.

El-Baradei: Seorang Anggota Terkemuka dari Elit Kekuasaan Global

Masjalah The Economist menunjukkan, el-Baradei mungkin tidak disukai di Amerika Serikat oleh elite kekuasaan tertentu, karena karyanya di IAEA tentang Iran. Di sisi lain, el-Baradei bekerja dengan beberapa ahli strategi geopolitik yang paling menonjol Amerika, atau sering berkonsultasi dengan tokoh-tokoh utama yang menjadi mentor kebijakan politik luar nengeri Amerika melalui forum seperti Dewan Hubungan Luar Negeri, Komisi Trilateral dan Kelompok Bilderberg.

El-Baradei adalah mantan anggota Dewan Pembina International Crisis Group (ICG) 3, di mana  George Soros, orang terkaya nomor 35 di dunia membantu menciptakan dan membiayai, dan memiliki hubungan dekat dan bekerja dengan elit kekuasaan global .

Di antara anggota lama dari ICG, seperti Presiden Israel Shimon Peres, Gubernur Bank Central Israel, Stanley Fischer, dan mantan Menteri Luar Negeri Israel Shlomo Ben Ami. ICG juga mencakup Zbigniew Brzezinski, Richard Armitage, Samuel Berger, dan Wesley Clark. Mantan Anggota Kongres Amerika Serikat Stephen Solarz dari Partai Demokrat, yang dikenal sebagai kelompok,  "Pendukung Lobi Israel di Legislatif di Capitol Hill."

Pada tahun 1998, el-Baradei  memimpin sekelompok Neokonservatif (Lobi Zionis) yang mendesak Presiden Clinton untuk menggulingkan Saddam Hussein dari Irak. El-Baradei juga pendukung kuat Perang Teluk 1991 yang dijalankan oleh Irak terhadap Iran.

Ironisnya, di media Barat masa lalu seakan-akan  el-Baradei memiliki pandangan yang keras dan bersikap anti-Amerika dan anti-Israel, karena  pandangannya bertentangan dengan beberapa praktek-praktek dari pemerintah Amerika Serikat dan Israel.

Namun, ini tidak lebih dari sekedar permainan diantara mereka, dan sejatinya el-Baradei adalah bagian dari elit kekuasaan global, dibawah kepentingan Zionis-Israel. Seperti dapat diamati pada banyak kesempatan, Amerika Serikat dan elit kekuasaan global lainnya memiliki sikap dan pandangan yang sama dalam berbagai masalah global.

Apa artinya el-Baradei bagi Amerika Serikat,  mungkin hal ini dapat dilihat dalam Jurnal Luar Negeri,  Council on Foreign Relations melalui sebuah artikel "Apakah pahlawan ElBaradei Mesir?" yang terbit tahun 2010:

"Selanjutnya, hubungan dekat Mesir dengan Amerika Serikat telah menjadi faktor kritis dan negatif dalam politik Mesir. Pihak oposisi telah menggunakan hubungan ini untuk mendelegitimasi rezim, sementara pemerintah memperlihatkan sikapnya yang anti-Amerikanisme untuk melindungi diri sebagai  harga yang harus dibayar. Sebenarnya jika el-Baradei
memiliki kesempatan yang masuk akal mendorong reformasi politik di Mesir, maka para pembuat kebijakan Amerika Serikat harus mendukung el-Baradei. Tidak bertindak paradoks, yang membuat hubungan dingin el-Baradei dengan Amerika Serikat sebagai kepala IAEA,  hanya karena Amerika Serikat ingin mencapai kemajuan kepentingannya sekarang. "

Akhir 2011, para pejabat Israel yang disebut el-Baradei agen Iran, karena menurut mereka, mantan ketua IAEA ditutup-tutupi hubungannya dengan Republik Islam Iran selama masa jabatannya, yang memungkinkan Iran  bergerak maju dengan program nuklir. Mengingat bagaimana politisi Israel yang sangat agresif vis-a-vis terhadap Presiden Obama, meskipun keberadaannya sangat mendukung Israel, tidak ada alasan  menganggap serius tuduhan ini dengan-terutama pejabat sayap kanan-Israel terhadap ElBaradei.

El-Baradei pasca-Mubarak

Beberapa orang Mesir, membandingkan El-Baradei secara kenyataan bahwa ia adalah warga sipil. Mesir telah diperintah oleh militer sejak monarki digulingkan pada tahun 1952. Karena dia tidak tinggal di Mesir dalam waktu yang lama, ia ternoda oleh tuduhan korupsi.

Banyak analis mengatakan el-Baradei juga berkomentar bahwa itu akan menjadi tidak mungkin baginya untuk memenangkan pemilihan presiden tahun 2012, bahkan jika ia ikut dalam pemilihan. Meskipun ia memainkan peran penting dalam pemberontakan Mesir yang menggulingkan rezim Hosni Mubarak dan tetap menjadi kritikus vokal dari kebijakan SCAF, sebagai wakil dari kalangan sekuler dan kiri.

Dua tahun lalu ia ditugaskan oleh beberapa gerakan oposisi bernegosiasi dengan pemerintah Mubarak Hosni. Tetapi, sekarang el-Baradei  mengambil posisi oposisi, dan melakukan  konfrontatif terhadap Mursi dan Ikhwanul Muslimin. Dia mengklaim bahwa Mursi telah "gagal" dalam memimpin bangsa menuju jalur demokrasi yang tepat setelah pemberontakan 2011.

April 2012, el-Baradei mendirikan sebuah partai politik baru, Partai Konstitusi (CP), yang akan menjadi kekuatan pemersatu atas semua posisi ideologis di Mesir. El-Baradei mengatakan bahwa tujuan partainya adalah merebut kekuasaan pada tahun 2016, dengan Mesir bersatu di belakang demokrasi.

El-Baradei secara terbuka mengkritik peralihan kekuasaan kepada pemerintah baru dan presiden baru pada bulan Juni 2012. Argumen utamanya adalah bahwa tanpa sebuah konstitusi baru dan dasar-dasar hukum yang diperlukan, Mesir akan memiliki presiden dengan kekuasaan kekaisaran yang akan menggabungkan kekuasaan legislatif dan eksekutif di tangannya. Menurut dia, presiden baru secara teoritis akan memiliki kekuatan lebih dari Mubarak.

El-Baradei Aktor Penggulingan Mursi

Pada tanggal 24 November, CP membentuk Front Keselamatan Nasional (NSF) bersama-sama dengan pihak sekuler. Oposisi terhadap Presiden Mohamad Mursi dan Ikhwanul Muslimin membawa sebuah koalisi partai-partai oposisi utama di bawah NSF. Pada tanggal 5 Desember 2012, el-Baradei menjadi koordinatornya.

Mohamad el-Baradei adalah salah satu tokoh yang terlibat langsung dalam kudeta yang menggulingkan Presiden terpilih secara demokratis Mohamad Mursi lewat perannya dalam membentuk dan mengorganisir oposisi dan melakukan koordinasi dengan militer.

El-Baradei adalah salah satu tokoh oposisi yang bertemu dengan Menteri Pertahanan Abdul Fatah al-Sisi pada hari-hari sebelum kudeta. Dia adalah negosiator atas nama oposisi politik dalam pertemuan yang diadakan antara oposisi dan militer. El-Baradei sangat mendukung rencana militer untuk menggulingkan Mursi dan mengusulkan sebuah "peta jalan politik" untuk Mesir, termasuk mengangkat Ketua Mahkamah Konstitusi Adly Mansour sebagai presiden interim Mesir.

Al-Baradei bekerja keras untuk meyakinkan kekuatan Barat "perlunya mengusir dengan paksa " Presiden Mohamad Mursi, karena menurut dia, Mursi gagal mengelola negara itu ke demokrasi inklusif.

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, el-Baradei tidak ragu-ragu mendukung  penangkapan secara luas terhadap tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin. termasuk Mursi dan penutupan jaringan televisi Islam yang diikuti penghapusan, dan penggulingan terhadap Presiden Mursi pada 3 Juni oleh Jenderal Mesir.

El-Baradei  berada di antara mereka yang hadir ketika Jenderal Abdel Fattah As-Sisi mengumumkan pembatalan konstitusi dan penghapusan Presiden Mursi dari kekuasaannya. Dalam transisi politik setelah menjatuhkan Mursi yang  kepresidenan, nama el-Baradei segera mulai beredar sebagai calon perdana menteri sementara.

Keberatan Partai Nur-Salafi, tetapi  pada  7 Juli yang menolak el-Baradei menjadi kepala pemerintahan (perdana menteri), kemudian diakali dengan cara mengangkatnya sebagai wakil presiden, dan  Presiden Mansur melantiknya pada tanggal 9 Juli. af/hh

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
Kerumunan Maulid Nabi Muhammad Bukan Tindak Pidana

Kerumunan Maulid Nabi Muhammad Bukan Tindak Pidana

Senin, 19 Apr 2021 15:36

TLP Bebaskan 11 Polisi Yang Mereka Sandera Selama Protes Anti-Prancis Di Lahore

TLP Bebaskan 11 Polisi Yang Mereka Sandera Selama Protes Anti-Prancis Di Lahore

Senin, 19 Apr 2021 13:35

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Manuver Poros Umat, Akankah Digdaya?

Senin, 19 Apr 2021 13:00

Syaikh Bin Bazz: Qunut Witir Boleh Setiap Malam

Syaikh Bin Bazz: Qunut Witir Boleh Setiap Malam

Senin, 19 Apr 2021 11:17

Mencintai Allah

Mencintai Allah

Ahad, 18 Apr 2021 23:07

Jazuli Juwaini Minta Aparat Segera Tangkap Joseph Paul Zhang

Jazuli Juwaini Minta Aparat Segera Tangkap Joseph Paul Zhang

Ahad, 18 Apr 2021 22:37

Reshuffle Kabinet Tak Berguna

Reshuffle Kabinet Tak Berguna

Ahad, 18 Apr 2021 22:30

Hari-hari yang Diharamkan Berpuasa dan Rukun Puasa

Hari-hari yang Diharamkan Berpuasa dan Rukun Puasa

Ahad, 18 Apr 2021 22:24

Dewan Da'wah Bantu Warga Terdampak Banjir Bima

Dewan Da'wah Bantu Warga Terdampak Banjir Bima

Ahad, 18 Apr 2021 22:20

Kelompok Sayap Kanan Denmark Instruksikan Pengungsi Untuk 'Pulang Ke Suriah Yang Cerah'

Kelompok Sayap Kanan Denmark Instruksikan Pengungsi Untuk 'Pulang Ke Suriah Yang Cerah'

Ahad, 18 Apr 2021 22:05

Rumah Zakat Salurkan Bantuan untuk Jurnalis Depok

Rumah Zakat Salurkan Bantuan untuk Jurnalis Depok

Ahad, 18 Apr 2021 22:03

Bom Pinggir Jalan Di Somalia Tewaskan Komandan Militer Tertinggi Shabelle Tengah

Bom Pinggir Jalan Di Somalia Tewaskan Komandan Militer Tertinggi Shabelle Tengah

Ahad, 18 Apr 2021 21:45

Josep Paul Zhang Nistakan Islam, Persis Minta Polisi Bertindak Tegas

Josep Paul Zhang Nistakan Islam, Persis Minta Polisi Bertindak Tegas

Ahad, 18 Apr 2021 21:17

Rezim Assad Gunakan 82.000 Bom Barel Dalam 9 Tahun Serangan Terhadap Warga Sipil Suriah

Rezim Assad Gunakan 82.000 Bom Barel Dalam 9 Tahun Serangan Terhadap Warga Sipil Suriah

Ahad, 18 Apr 2021 21:12

Panggilan Jihad

Panggilan Jihad

Ahad, 18 Apr 2021 15:14

Fraksi PKS: Listrik Indonesia Sudah Mahal, Jangan Dinaikan Lagi!

Fraksi PKS: Listrik Indonesia Sudah Mahal, Jangan Dinaikan Lagi!

Ahad, 18 Apr 2021 13:53

Legislator: Penamaan Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed Kurang Tepat

Legislator: Penamaan Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed Kurang Tepat

Ahad, 18 Apr 2021 12:55

Apa Sebab Jurubicara Prabowo Melecehkan Habib Rizieq

Apa Sebab Jurubicara Prabowo Melecehkan Habib Rizieq

Ahad, 18 Apr 2021 11:54

Shalat Tarawih

Shalat Tarawih

Ahad, 18 Apr 2021 11:40

Dubai Izinkan Wanita Menyusui Untuk Menggunakan Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech

Dubai Izinkan Wanita Menyusui Untuk Menggunakan Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech

Sabtu, 17 Apr 2021 21:34


MUI

Must Read!
X

Ahad, 18/04/2021 23:07

Mencintai Allah