Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.097 views

Membentuk Karakter Anak sesuai Kalamullah dalam 3 Langkah

 

Oleh: Desi Wulan Sari

Anak merupakan sebuah karunia yang Allah berikan kepada orang tua sebagai amanah dan investasi akhirat kelak. Wajib bagi orangtua untuk mendidik anak dengan wawasan agama yang baik, serta membimbingnya hingga  menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Era globalisasi saat ini telah membawa dampak luas bagi perkembangan karakter seorang anak. Diibaratkan seperti pisau bermata dua, globalisasi memiliki dua dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu muncul jiwa berkompetisi, integrasi, dan kerjasama. Sedangkan dampak negatifnya antara lain lahirnya generasi instan, dekadensi moral, konsumerisme, bahkan permisifisme. Selain itu dampak negatif lainnya adalah muncul tindakan kekerasan, penyalahgunaan obat-obat terlarang, seks bebas, dan kriminalitas. Semua hal negatif tersebut berujung pada hilangnya karakter generasi penerus rabbani, dan tentunya berpengaruh pada karakter bangsa.

Maka pendidikan seorang  anak harus mulai dibina sejak dini. Di rumah, pendidikan diberikan langsung oleh orang tua sesuai dengan kadar keilmuan yang dimiliki secara syariat. Orangtua juga bertanggung jawab dalam mencarikan sekolah ataupun tempat pendidikan formal yang memiliki visi dan misi yang sama. Begitu juga dengan lingkungan tempat tinggal anak, juga harus diperhatikan dalam membentuk karakter baik yang diinginkan.

Setiap orang tua memiliki ide dan pemikiran yang berbeda tentang mendidik anak. Tetapi yang tidak bisa diperdebatkan semua orang tua adalah mendekatkan anak pada keagungan AlQuran.

Sejatinya AlQuran telah memberikan nasihat dan pendidikan Islam kepada anak bagi seluruh keluarga muslim,  dalam surat luqman disebutkan sebagai berikut:

1. Jangan menyekutukan Allah

Dan (ingatlah) ketika luqman berkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: Hai anakku janganlah kalian mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah kedzaliman yang besar (Q.S. luqman 13).

Sebagai tonggak dalam mendidik anak, sudah menjadi  tugas pendidik untuk menananamkan pada diri anak pengetahuan tentang keimanan, dengan mengenalkan rukun iman dan islam serta hakikatnya dalam kehidupan. Sehingga anak bisa lebih dekat dalam mengenal sang pencipta.

2. Berbakti kepada kedua orang tua

Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, dan hanya kepada-Kulah kembalimu. (Q.S. luqman 14)

Dalam hal ini terdapat nasehat bahwasanya anak harus berbuat baik kepada kedua orangtuanya, ibu yang telah mengandung selama 9 bulan dan menyapihnya selama 2 tahun. Serta ayah yang selalu bekerja keras demi kehidupan anak-anaknya, tugas pendidik dalam poin ini ialah agar mengajarkan kepada anak untuk selalu berbuat baik kepada orang tua, bertutur kata yang baik, tidak melawan perkataan orang tua dan selalu mencintai dan menyayangi orang tua dengan tulus.

3. Berbuat baik kepada orang tua

Dan jika mereka memerintahkanmu untuk mempersekukan-Ku dengan sesuatu yang tidak kamu ketahui, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya didunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali, kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Q.S. luqman 15)

Maksud dari ayat ini yakni bahwasannya sebagai anak harus benar-benar menaati orang tua dan berbuat baik kepadanya ketika didunia, serta menjauhi saat keduanya menyuruh berbuat yang munkar.

Secara filosofis pendidikan karakter merupakan kajian ilmu yang paling rasional dan aktual karena membahas tentang tingkah laku manusia yang tidak lekang oleh perubahan zaman.

Sehingga AlQuran sebagai pembentuk karakter anak sudah sangat tepat dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah pendidikan formal seperti sekolah yang menentukan basis pendidikan sinergi antara kurikulum pendidikan umum dengan pendidikan AlQuran. Seperti Sekolah Islam Terpadu Tahfidz AlQuran, sekolah yang fokus pada pendidikan pembentukan karakter anak didik dalam membentuk generasi-generasi penghafal Al Qur’an.

Dengan bentukan karakter karena kecintaannya pada AlQuran, diharapkan anak-anak didik mampu menjaga AlQuran dengan sepenuh jiwa. Walau basis awal adalah hafalan AlQuran, tetapi keistiqomahan mereka menghafal AlQuran sedini mungkin akan memudahkan mereka kelak untuk mempelajari AlQuran lebih dalam lagi, bahkan mengalamalkan isi Qalamullah dengan ketakwaan pada Allah SWT.

Sebagai umat Islam, kecintaan pada AlQuran merupakan satu hal yang mutlak. Karena AlQuran berisi tentang keimanan, syariat maupun akhlak. Tidak ada bagian dari kehidupan seorang anak pun di dunia ini yang terlepas dari AlQuran. Karena Qalamullah sebagai penyelamat diri di dunia dan akhirat. Maka benar, Islam datang sebagai solusi atas kerusakan generasi muda saat, dekati AlQuran maka ia akan membawa keselamatan bagimu kelak. Wallahu a'lam bishawab. (rf/voa-islam.com)

ILustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X