Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.070 views

Debat Tentang Islam dan Cadar Dimulai Hari ini di Perancis

TRAPPES - Karima mempunyai rencana, jika polisi menghentikan dia karena dia menggunakan cadar, maka dia akan melepas sementara, kemudian memakainya kembali setelah polisi pergi. Jika itu tidak berhasil, dia berencana akan tinggal di rumah saja, atau bahkan meninggalkan Perancis.

Bagi wanita Muslim yang memakai cadar, ini adalah saatnya untuk membuat rencana. Sebab, mulai 11 April akan diberlakukan peraturan baru yang melarang semua pakaian yang menutupi wajah. Wanita yang melanggar aturan tersebut berisiko mendapatkan denda dan catatan kepolisian.

Peraturan baru ini dipandang Muslim sebagai pukulan baru bagi agama mereka. Di Perancis, pada hari Selasa ini akan diadakan perdebatan mengenai ibadah dalam Islam, Islam itu sendiri dalam sebuah negara sekuler tapi tradisional Katolik seperti di Perancis.

Fokusnya adalah pada peningkatan Muslim Perancis, yang jumlahnya kini lebih dari 5 juta, ini merupakan penduduk Muslim terbesar di Eropa Barat. Negara ini juga menghadapi kekhawatiran akan migrasi massa Muslim karena kekacauan di dunia Arab belakangan ini.

"Aku punya pilihan untuk melepas cadar ini, tapi aku memilij untuk tidak," kata Karima 25 tahun, diwawancara saat sedang belanja di pasar terbuka di kota Trappes, barat daya Perancis yang bependuduk 29.000.

Karima salah satu wanita jujur, walaupun ia menolak memberikan nama lengkapnya karena sikapnya yang menantang atas larangan tersebut. Sedangkan wanita bercadar lainnya tidak begitu bersedia untuk berbicara. Dua wanita berkerudung hitam dan bercadar bergegas pergi ketika didekati wartawan.

Topik perdebatan hari Selasa yang diadakan parta konservatif UMP milik Sarkozy adalah Sekularisma Nilai Dasar Perancis. Namun pembicaraan akan diarahkan kepada isu-isu sosial Muslim seperti makanan halal di kafetaria sekolah atau tuntutan beberapa jam terpisah bagi perempuan di kolam renang umum.

Muslim telah merasakan stigma oleh hukum sejak 2004 yang melarang jilbab di ruang kelas, apalagi dengan larangan cadar yang diberlakukan beberapa hari mendatang. Ditambah lagi dengan acara perdebatan ini yang membuat Muslim Perancis semakin kesal.

Acara perdebatan ini tentu saja mendapat banyak tentangan keras, bahkan penasihat Sarkozy menyatakan pertentangannya yang mengakibatkan pemecatan dirinya. Abderrahmane Dahmane, penasihat untuk integrasi dipecat bulan lalu setelah dirinya mengkritik pimpinan partai UMP Jean-Francois Cope yang mengusulkan ide perdebatan Islam.

"Francois Cope UMP adalah wabah bagi Muslim," kata Dahmane dalam sebuah wawancara.

Para pemimpin tertinggi agama di Perancis - Katolik, Protestan, Kristen Ortodoks, Yahudi, Muslim dan Budha -  menerbitkan pernyataan bersama pekan lalu yang menyatakan bahwa perdebatan tersebut bisa menambahkan "kebingungan pada masa-masa menghadapi masalah kita."

Dahmane adalah tokoh "kontroversial" yang menyerukan Muslim Perancis untuk memakai bintang hijau pada hari Selasa ini, protes ini mirip dengan bintang kuning yang dahulu dipakai Yahudi saat berada di bawah pendudukan NAZI.

Serta, seorang anggota partai UMP juga merobek-robek kartau partainya dalam sebuah acara di masjid Paris. Abdallah Zekri, anggota Dewan Tinggi Masjid Perancis dari barat daya kota Nimes mengatakan, "Arab menjadi sasaran."

"Muslim akan selalu menjadi kambing hitam," katanya dalam sebuah konferensi pers di Paris. "Kami tidak lagi bicara tentang imigran, kami berbicara tentang Muslim."

Pihak berwenang sudang memperkirakan paling banyak terdapat 2000 wanita di Perancis yang akan dilarang memakai cadar.

Padahal, "dibalik cadar ini adalah spiritualitas," kata Karima, seorang mahasiswa calon doktor sejarah yang merupakan keturunan Aljazair. [muslimdaily.net/AP]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslim Daily lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X