Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.719 views

Said bin Musayyib: Tak Pernah Tertinggal Shalat Jamaah di Shaf Terdepan

Nama said bin Musayyib tidak terlalu dikenal khalayak umum, namun ia sangat mayhur di kalangan ulama dan para intelektual muslim karena kepakarannya.

Sa'id bin Musayyib adalah pembesar tabi'in. Beliau sezaman dengan para sahabat senior, di antaranya Umar bin Khatahab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Abu Hurairah, Ummul Mukminin Aisyah dan Ummu Salamah ridlwanullah ajma'in.

Sikap dan prilakunya sangat sesuai dengan namanya, Said berarti bahagia. Dia merasa bahagia dengan tetap tunduk dan taat kepada Allah subhanahu wata'ala dan menjauhi maksiat serta perbuatan durhaka dan sia-sia.

Hidupnya lebih banyak dihabiskan di masjid. Dia tidak pernah tertinggal shalat berjamaah 40 atau 50 tahun, juga tidak pernah melihat punggung orang-orang yang sedang shalat berjamaah karena selalu di shaf terdepan.

Dari Imran bin Abdillah, dia berkata, "Said bin Musayyib berktra, 'tidak ada satu rumah pun yang menjadi tempatku berteduh di kota ini selain rumahku, itupun kadang-kadang untuk sekedar menengok puteriku dan memberinya salam (diaselalu di masjid)." (Thabaqah Ibnu Sa'ad: 5/132).

Dari Harmalah bin Sa'id bin Musayyib, dia berkata bahwa Said pernah mengatakan, "aku tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah selama 40 tahun."

Said bin Musayyin, selama 40 tahun tidak perah meninggalkan shalat berjamaah.

Dari Utsman bin Hukaim, dia bekata, "aku pernah mendengar Sa'id bin Musayyib berkata, 'selama 30 tahun, setiap kali para muadzin mengumandangkan adzan, pasti aku sudah berada di masjid."

Beliau juga pernah mengatakan, "aku tidak pernah ketinggalan takbir pertama dalam shalat selama 50 tahun. Aku juga tak pernah melihat punggung para jamaah, karena aku selalu berada di shaf terdepan selama 50 tahun."

"aku tidak pernah ketinggalan takbir pertama dalam shalat selama 50 tahun. Aku juga tak pernah melihat punggung para jamaah, karena aku selalu berada di shaf terdepan selama 50 tahun." kata Said bin Musayyib.

 

Tak terpukau dengan kekuasaan

Sa'id bin Musayyib juga dikenal sangat tegas dan tidak tunduk dengan kemauan penguasa. Namun, dia sangat lembut dan mengedepankan rasa persaudaraan dalam pergaulan dengan sesama, apalagi dengan orang shalih dan bertakwa.

Dia tidak mau keluar dari masjid hanya untuk menemui panggilan khalifah Abdul Malik bin Marwan yang ingin berbincang dengannya. Bahkan dia pernah menolak lamaran sang khalifah untuk puteranya al-Walid, yang menyebabkan beliau menerima hukuman dan siksaan. Malahan dia menikahkan puterinya dengan seorang muridnya yang bernama Ibnu Abi Wada'ah yang miskin dengan mas kawin dua atau tiga dirham.

Dari Abu Bakar bin Abi Dawud, dia berkata, "sebenarnya puteri Sa'id bin Musayyib telah dipinang oleh oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan untuk dinikahkan dengan puteranya yang bernama al-Walid. Akan tetapi, Sa'id menolaknya sehingga sang khalifah berusaha dengan berbagai cara untuk mendapatkan persetujuannya. Akhirnya, sang khalifah mencambuknya seratus kali di musim dingin, menyiramkan air dingin ke tubuhnya, lalu memakaikan jubah yang terbuat dari kain sutera."

Ibnu Abi Wada'ah, menantu Sa'id bin Musayyib pernah bercerita, "aku sering berbincang-bincang dengan Sa'id bin Musayyib. Pada suatu saat, aku tidak menemuinya selama beberapa hari. Ketika aku datang ke rumahnya, dia bertanya, "ke mana kamu selama ini?" aku menjawab, "istriku meninggal dunia sehingga aku sibuk karenanya." Dia kemudian berkata, "mengapa kamu tidak memberitahukan kepadaku, sehingga aku bisa melayatnya?."

Sa'id bin Musayyib kemudian menyusulnya dengan pertanyaan, "apakah kamu sudah mendapatkan perempuan calon istrimu?" Aku menjawab, "semoga Allah merahmati Anda, siapa yang sudi menikahkan puterinya dengan seorang sepertiku, sedangkan aku tidak mempunyai apa-apa kecuali uang dua atau tiga dirham saja?."

Sa'id berkata, "saya."

Kemudian aku betanya, "sungguh."

Dia berkata, "betul."

"Kemudian dia memuji Allah, membaca shalawat dan salam kepada Rasulullah hingga akhirnya dia benar-benar menikahkanku dengan puterinya hanya dengan dua atau tiga dirham" kisah Ibnu Abi Wada'ah.

Ba'da maghrib, Sa'id bin Musayyib mengantarkan sendiri anak gadisnya ke suaminya yang baru. Melihat keadaan ini, Ibnu Abi Wada'ah merasa tidak enak, dia berkata, "Wahai Abu Muhammad, tidaklah lebih baik anda mengutus seseorang untuk memanggilku sehingga aku bisa datang ke rumah anda?" beliau menjawab, "tidak, kamulah yang layak di datangi. Kamu orang yang belum beristri sehingga alangkah lebih baiknya jika kamu segera menikah. Aku merasa kasihan jika engkau melampaui malam-malam sendirian."

"Ini calon isterimu," kata Said sambil menunjukkan puterinya. Tiba-tiba sang puteri sudah berada di belakang ayahnya.

"Said pun menarik puterinya itu hingga masuk ke rumahku dan lali dia menutup kembali pintunya. Sempat pula puterinya itu terjatuh karena malu, hingga kemudian bangun lagi dengan berpegangan kepada daun pintu." Kata Ibnu Abi Wada'ah.

Puteri Sa'id bin Musayyib seorang pemalu. Dia tidak pernah bertemu dengan laki-laki asing. Dan menghabiskan waktunya untuk menghafal Al-Qur'an dan mendalami sunnah sehingga tumbuh menjadi wanita yang memiliki pemahaman Islam sangat dalam. Maka selama berbulan madu, suaminya tidak datang ke majelis Sa'id bin Musayyib. (PurWD/voa-islam)

 

Maraji': Syaikh Ahmad Farid, Min A'lamis-Salaf (edisi Indonesia: 60 Biografi Ulama Salaf, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Latest News
Anggota Komisi IV Desak Pemerintah Batasi Kepemilikan Lahan

Anggota Komisi IV Desak Pemerintah Batasi Kepemilikan Lahan

Senin, 18 Jan 2021 09:52

Fraksi PKS Kembali Potong Gaji untuk Bantu Korban Bencana

Fraksi PKS Kembali Potong Gaji untuk Bantu Korban Bencana

Senin, 18 Jan 2021 09:15

Cintai Ibumu Tanpa Tapi, Tanpa Nanti

Cintai Ibumu Tanpa Tapi, Tanpa Nanti

Senin, 18 Jan 2021 08:57

Ibu Risma, Ngono Yo Ngono tapi Ojo Ngono

Ibu Risma, Ngono Yo Ngono tapi Ojo Ngono

Senin, 18 Jan 2021 08:31

5 Anggota Milisi Pro-Assad Tewas dalam Bentrokan dengan Islamic State di Homs

5 Anggota Milisi Pro-Assad Tewas dalam Bentrokan dengan Islamic State di Homs

Ahad, 17 Jan 2021 21:00

Kemenag Dorong Distribusi Zakat, Infaq dan Sedekah untuk Bantu Korban Bencana

Kemenag Dorong Distribusi Zakat, Infaq dan Sedekah untuk Bantu Korban Bencana

Ahad, 17 Jan 2021 20:45

Biden Akan Batalkan 'Larangan Muslim' Masuk AS di Hari Pertama Menjabat Presiden

Biden Akan Batalkan 'Larangan Muslim' Masuk AS di Hari Pertama Menjabat Presiden

Ahad, 17 Jan 2021 20:22

Mobil Logistik Wahdah Islamiyah Dijarah Warga di Kecamatan Mamuju

Mobil Logistik Wahdah Islamiyah Dijarah Warga di Kecamatan Mamuju

Ahad, 17 Jan 2021 20:14

Percayalah, Kasus Pembunuhan 6 Pemuda Itu Bakal Lenyap Juga

Percayalah, Kasus Pembunuhan 6 Pemuda Itu Bakal Lenyap Juga

Ahad, 17 Jan 2021 19:54

Kapal Berbendera China Masuk Selat Sunda, Legislator: Menlu RI Harus Tegur Dubes China

Kapal Berbendera China Masuk Selat Sunda, Legislator: Menlu RI Harus Tegur Dubes China

Ahad, 17 Jan 2021 19:43

Prancis Tutup Kembali 9 Masjid Menjelang Pembahasan RUU Baru Kontroversial

Prancis Tutup Kembali 9 Masjid Menjelang Pembahasan RUU Baru Kontroversial

Ahad, 17 Jan 2021 19:42

Pro Kontra Vaksin

Pro Kontra Vaksin

Ahad, 17 Jan 2021 19:19

Dark Joke, Humor Gelap yang Berlagak Openminded?

Dark Joke, Humor Gelap yang Berlagak Openminded?

Ahad, 17 Jan 2021 14:30

Sejumlah Bencana Alam Terjadi, Anis Matta: Kita Butuh Kolaborasi Agar Indonesia Selalu Diberkahi

Sejumlah Bencana Alam Terjadi, Anis Matta: Kita Butuh Kolaborasi Agar Indonesia Selalu Diberkahi

Ahad, 17 Jan 2021 11:29

Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Pesan Syekh Ali Jaber yang Sangat Diingat Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Sabtu, 16 Jan 2021 23:17

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Penyusup Taliban Tewaskan 12 Milisi Pro-Pemerintah Afghanistan di Distrik Ghorian Herat

Sabtu, 16 Jan 2021 21:25

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Pembalap Israel 'Diam-diam' Berpartisipasi Dalam Reli Dakar Yang Diselenggarakan Arab Saudi

Sabtu, 16 Jan 2021 21:05

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Pria Keturunan Libanon Jadi Pelatih Muslim Pertama Dalam Sejarah Sepak Bola Amerika NFL

Sabtu, 16 Jan 2021 20:13

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Whatsapp Tunda Perubahan Pembagian Data Setelah Banyak Pengguna Berpindah Ke Aplikasi Lain

Sabtu, 16 Jan 2021 16:41

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Syekh Ali Jaber Wafat, Menag: Saya Berduka, Jasa Almarhum Besar dalam Dakwah

Sabtu, 16 Jan 2021 11:59


MUI

Must Read!
X