Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.856 views

Dualisme Pemikiran

Oleh: Zaqy Dafa (Peneliti Pemikiran Islam)

Pada suatu siang terjadi perdebatan sengit antara dua santri. Mereka membicarakan tentang pacaran yang menjadi tren di kalangan anak muda muslim yang sering menimbulkan banyak perlakuan maksiat seperti bermesraan, berpegangan tangan, ciuman, bahkan hubungan badan di luar nikah. Lalu seorang dari mereka berkata, “Aku akui pacaran emang bisa bikin maksiat seperti yang aku alami. Tapi, hatiku berniat baik dan pikiranku masih tetap suci.”

Tanpa santri tersebut sadari sebenarnya dia telah termakan filsafat dualisme. Bermaksiat tapi merasa dirinya suci. Dual hal yang tanaqudl (kontradiktif). Bila diusut ternyata doktrin ini bukan berasal dari Islam, tapi lebih kentara terjadi dalam kebudayaan dan pemikiran Barat.

Menurut Christian Wolff, seorang filosof Barat, misalnya menulis bahwa seorang dualis adalah dia yang menerima wujud materi dan immateri (jiwa). Namun, keduanya terpisah. Pengertian ini disepakati Pierre Bayle dan Leibniz.

Doktrin dualisme ini berasal dari agama dan kepercayaan yang menjadi dasar peradaban Barat. Misalnya, kepercayaan Mesir Kuno menganggap Ra adalah tuhan matahari simbol kehidupan dan kebenaran. Lawannya adalah Apophis, lambang kegelapan dan kejahatan. Dalam mitologi Hindu, Brahma adalah dewa perusak sedangkan Wishnu adalah dewa kedamaian.

Kaum Yahudi juga dualis. Dikisahkan dalam Al Quran bahwa mereka menganggap surga adalah hanya bagi ras mereka. Namun, di sisi lain mereka adalah manusia yang paling ambisius untuk hidup di dunia sampai beribu-ribu tahun. Maka Allah mengecap mereka, kenapa tidak langsung berharap segera mati supaya cepat masuk surga. (QS. 2, 95-96)

Dalam filsafat, Pythagoras adalag dualis. Segala sesuatu diciptakan saling berlawanan: satu dan banyak, terbatas-tak terbatas, berhenti-bergerak, baik-buruk dan sebagainya. Bagi Empidocles, dunia ini dikuasasi oleh dua hal, cinta dan kebencian. Plato dalam dialognya memisahkan jiwa dan raga, intelligible dan sensible.

Seorang dualis melihat fakta secara mendua. Akal dan materi adalah dua substansi yang terpisah. Jiwa dan raga adalah dua hal yang beda komposisi.

Hal ini berbeda dengan Islam. Meski berbeda, akal dan jasad dipadukan untuk tujuan ibadah kepada Allah Ta’ala. Iman tidak bisa dipisahkan dari ilmu. Manusia berbuat baik atau buruk karena jiwanya yang berkehendak. Dalam Hadits Nabi bahwa “Innama al-a’malu bi an-niyyat”. Amal terkait dengan niat. Kerja raga adalah suruhan jiwa. Karena itu ketulusan dan kebersihan jiwa bisa membawa kesehatan raga.

Maka seorang muslim tidak bisa menjadi dualis. Juga tidak bisa menjadi sekuler, karena sekularis memisahkan agama dari dunia. Muslim juga tidak bisa menjadi relativis murni karena relativis memandang kebenaran adalah tidak mutlak. Mestinya kebenaran relatif meski tidak mengacuhkan dan tetap berpegang pada nilai-nilai absolut dari wahyu.

Islam juga tidak boleh dibagi menjadi Islam subyektif dan obyektif. Menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas, Islam merupakan agama yang subyektif dan personal bagi setiap individu, namun Islam juga merupakan agama yang sama untuk perseorangan dan juga bagi masyarakat yang berdiri secara kolektif. (Syed Muhammad Naquib al-Attas , Islam dan Sekularisme, hal. 88)

Ketika doktrin dualisme ini sudah mengakar jauh di masyarakat, maka banyak dari mereka yang berfikir dualis. Para anak muda Barat tak merasa risih melampiaskan nafsu hewani mereka di depan umum asal hati mereka suci dan setia hanya bagi cintanya (diluar nikah). Para pelacur tak merasa salah menjual diri asal niat mereka baik untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Kaum feminis mendukung praktek homo dan lesbi asal tidak mengganggu kepentingan orang lain (padahal mereka mengganggu sekali terhadap Islam). Kaum pluralis merasa agamanya adalah yang paling benar, namun mereka juga membenarkan agama lain dengan niat baik kemanusiaan. Inilah gambaran manusia tanpa hidayah. Wallahu a’lam. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X