Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.260 views

Otokritik Jati Diri Mahasiswa

Oleh: Muhamad Akbar Ali*

Sejarah perhelatan perubahan di Indonesia selalu didominasi oleh Mahasiswa. Sebelum kemerdekaan hingga setelahnya, mahasiswa terus berada di podium terdepan dalam mengambil peran menuju cita-cita bangsa ini.

Mahasiswa yang kritis namun santun adalah perangai mereka. Kepedulian terhadap persoalan bangsa, terutama perhatian serius kepada rakyat jelata tidak luput dari pemikiranya disetiap waktu. Maka tidak heran saat Presiden Soekarno di tumbangkan, yang mempelopori tragedi tersebut adalah mahasiswa. Hal itu berangkat dari pemahaman Mahasiswa saat itu bahwa eksistensi Soekarno berbahaya dan mengancam terwujudnya cita-cita bangsa ini.

Melangkah ke masa berikutnya, lagi-lagi mahasiswa membuat fenomena yang cukup mencengangkan. Bukan saja Indonesia, tetapi dunia pun ikut terkesima saat Soeharto di lengserkan. Dengan tudingan Soeharto telah melakukan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme). Sedikitnya perihal terebut gambaran pergerakaan mahasiswa yang sangat menggenggam idealismenya. Menengok kondisi mahasiswa hari ini sangat mengerikan. Bagaimana tidak, mahasiswa saat ini banyak terjerumus ke dalam budaya hedonisme, bermental pragmatis, individual, dan komprador.

Mahasiswa hari ini mayoritas sudah amat jauh dari identitas yang sesungguhnya. Sebut saja bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan. Faktanya hari ini malah sebaliknya. Bahkan mahasiswa sangat banyak meresahkan masyarakat dan tidak sedikit menjadi jongos oleh mafia-mafia jahat. Mahasiswa sebagai pengawal kebijakan pemerintah pun sedikit saja akan sudah terkubur status tersebut. Sangat banyak kebijakan pemerintah yang sangat kejam dan menyengsarakan. Sebut saja kenaikan harga BBM, TDL, BPJS, kasus Freeport. Dari kasus tersebut sangat sedikit yang memiliki kepedulian.

Mereka lebih memilih bermain dengan wifi, buka facebook, nonton drama korea, selfie, tawuran, dan gelagat lainya yang sangat tidak idealis. Menganalisa penyebab dari hancurnya identitas mahasiswa yakni oleh beberapa hal ; pertama,sistem pendidikan kita saat ini hanya memberikan prioritas agar mahasiswa hanya fokus meningkatkan prestasti indeks prestasti cumulatif (IPK). Dan sangat sedikit bahkan hampir tidak ada kearah pembangunan manusia sebagai pemimpin masa depan yang cerdas komprehensif.

Bukan hanya cerdas secara intelektual namun spiritual juga prioritas utama. Dengan tujuan melahirkan pemimpin yang cerdas dan benar. Karena hari ini banyak pemimpin cerdas namun tidak benar. Akhirnya korupsi terjadi dimana-mana. Mulai dari tingkat desa hingga DPR ramai-ramai melakukan tindakan bejat dan hina tersebut. Kedua, budaya yang berkembang hari ini sangat berbahaya. Liberal, individualistik, dan hedonis adalah pemikiran yang sedang menguasai mahasiswa. Budaya ini menjadikan mahasiswa bersikap bebas tanpa lagi memperhatikan norma-norma yang berlaku.

Lebih dari itu, menyebabkan mahasiwa beraktivitas hura-hura. Kebanyakan mencari kesenangan semata sebagai tujuan hidupnya dan tidak kalah parahnya mahasiswa hanya memperhatikan dirinya sendiri dan membuang kepedulianya kepada sekitar terlebih kepada kebijakan-kebijakan pemerintah. Akhirnya tidak heran banyak kita saksikan mahasiswa yang terjangkit narkoba, seks bebas, pembunuhan, begal, bahkan sampai ada yang melakukan korupsi. Ketiga, mahasiswa tidak sedikit mendapat perlakuan tidak etis oleh birokrasi kampus. Sangat banyak, bahkan hampir di seluruh kampus di Indonesia terjadi penekanan oleh birokrasi kampus kepada mahasiswa. Mahasiwa di bungkam dari nalar kritisnya melalui berbagai aturan-aturan kampus yang mereka tetapkan. Mahasiswa tidak boleh demo, mahasiswa tidak boleh kritis.

Mahasiswa hanya di godok untuk fokus kepada kuliahnya agar cepat selesai. Dan yang lucunya saat ada dosen mengancam dengan nilai eror ketika mahasiswa kritis misalnya pada transparansi anggaran kelembagaan, uang kuliah tunggal ataupun saat kritis kepada kamuflase akreditasi jurusan yang tidak sedikit di manipulasi. Ironi dan menyedihkan. Akhirnya dari penekanan tersebut menjadikan mahasiswa takut dan mencoba mengalah pada keadaan. Penyakit ini menjalar pada tatanan-tatanan kondisi lokal maupun nasional.

Sadar atau tidak sifat birokrasi yang otoriter kepada mahasiswa adalah tindakan yang menyebabkan hancurnya identitas mahasiswa. Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan hidup di kalangan mahasiswa. Karena sangat berbahaya dan mengancam kelangsungan generasi-generasi ideal untuk membangun bangsa. Maka dari itu mahasiswa harus bangkit dan melawan oknum-oknum yang telah menghancurkan identitasnya. Karena pada hakekatnya mereka bak patologi bagi bangsa ini.

Selain itu, budaya-budaya barat (liberal, individual, dan hedonis) yang telah ikut menghanyutkan identitas mahasiswa harus di kubur. Di ganti dengan sistem pergaulan ataupun pemikiran yang menjadikan mahasiswa memiliki karakter luhur dan jauh dari kehinaan. Islam merupakan sistem pertauran yang sempurna lagi paripurna.

Islam sebagai rule of life yang dapat mengantarkan manusia menjadi luhur. Dengan pemikiran Islam, mahasiswa akan kembali menemukan identitasnya yang sesungguhnya. Maka sudah saatnya mahasiswa mempelajari Islam secara ideologis dan menjadikanya sebagai meanstrem pemikiran dan tindakan untuk menyikapi segala persoalan yang melingkupinya.

Lebih dari itu, dengan pemikiran politik Islam akan melahirkan mahasiswa-mahasiswa dengan idealisme tinggi. Karena dia berjuang semata-mata hanya untuk mendapatkan Ridha Allah Swt. bukan materi ataupun yang lainya. [syahid/voa-islam.com]

*Penulis adalah Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Sudah 9 hari bayi Tazkia kritis terinfeksi toxoplasma. Sang ayah, Ustadz Yusron pengasuh pesantren Tahfizh Al-Qur'an Sukoharjo terbentur biaya yang sudah mencapai 31 juta rupiah...

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Tanpa didampingi ayah-bunda, ia menahan perihnya tumor ganas. Daging tumor dengan luka menganga menutupi separo wajahnya. Studi di Pesantren pun tidak sanggup ditempuhnya sampai tamat....

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Latest News
Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Sabtu, 18 Nov 2017 23:05

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Sabtu, 18 Nov 2017 22:00

Baghdad Klaim Kehadiran IS Telah Berakhir di Irak

Baghdad Klaim Kehadiran IS Telah Berakhir di Irak

Sabtu, 18 Nov 2017 21:22

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Sabtu, 18 Nov 2017 16:39

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Sabtu, 18 Nov 2017 16:28

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Sabtu, 18 Nov 2017 16:25

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

Sabtu, 18 Nov 2017 16:12

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:42

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Sabtu, 18 Nov 2017 10:41

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:11

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Sabtu, 18 Nov 2017 09:33

Keadilan yang Hilang

Keadilan yang Hilang

Sabtu, 18 Nov 2017 08:14

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Sabtu, 18 Nov 2017 08:11

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Jum'at, 17 Nov 2017 22:13

Pengadilan Jerman Izinkan Maskapai Kuwait Airways Tolak Angkut Warga Israel

Pengadilan Jerman Izinkan Maskapai Kuwait Airways Tolak Angkut Warga Israel

Jum'at, 17 Nov 2017 21:00

Menimbang Dua Putusan Pengadilan Buni Yani dengan Ahok

Menimbang Dua Putusan Pengadilan Buni Yani dengan Ahok

Jum'at, 17 Nov 2017 20:30

Israel Luncurkan Aplikasi Smartphone Penghancuran Masjid Al-Aqsa, Menggantinya dengan Kuil Suci

Israel Luncurkan Aplikasi Smartphone Penghancuran Masjid Al-Aqsa, Menggantinya dengan Kuil Suci

Jum'at, 17 Nov 2017 20:17

Biaya Dipertanyakan, Proyek Ini Akhirnya Berpotensi Kuat Terganggu

Biaya Dipertanyakan, Proyek Ini Akhirnya Berpotensi Kuat Terganggu

Jum'at, 17 Nov 2017 20:13

MUI Tolak Aliran Kepercayaan Dicantumkan pada Kolom Agama KTP

MUI Tolak Aliran Kepercayaan Dicantumkan pada Kolom Agama KTP

Jum'at, 17 Nov 2017 19:24

Di Solo Ada Sekitar 11 Ribu Penghayat Aliran Kepercayaan, Pemkot Lakukan Pendataan Ulang

Di Solo Ada Sekitar 11 Ribu Penghayat Aliran Kepercayaan, Pemkot Lakukan Pendataan Ulang

Jum'at, 17 Nov 2017 18:54


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X