Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.463 views

Tahan Lidah dari Body Shaming

Oleh: Eresia Nindia W

"Wah lama gak jumpa, sekarang makin buncit aja ya.."

Celetukan di atas jamak ditemui di masyarakat kita. Kalimat basa-basi yang dimaksudkan untuk membuka percakapan, namun bermuatan body shaming. Bentuk tubuh, ukuran tubuh, keadaan wajah, bentuk anggota badan, warna kulit, hingga jenis rambut pun tidak luput untuk dikomentari. Kurang lengkap rasanya sebuah perjumpaan jika tidak ada komentar atas fisik. Tidak peduli lagi bila yang dikomentari merasa tidak nyaman bahkan sakit hati.

Body shaming adalah bentuk dari tindakan mengejek/menghina dengan mengomentari fisik (bentuk maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang.

Dahulu, komentar atas fisik orang lain terjadi dalam percakapan verbal dan tatapmuka. Di reuni, di arisan, di pos ronda, di mamang sayur. Saat ini, saat sosial media menggeser artikulasi verbal manusia dengan ketikan pada kolom status dan komentar, body shaming menjadi tidak terkendali.

Dahulu, komentar atas fisik orang lain terjadi pada orang yang saling kenal satu sama lain. Antar rekan kuliah, tetangga, teman satu sekolah, teman kantor, orangtua murid. Sekarang, saat sosial media sanggup menguliti bilik paling pribadi manusia, body shaming bisa dilontarkan dengan mudah oleh siapa pun di internet. Semua warganet bisa melakukan body shaming di akun selebritas, model, asatidz, chef, atlit olahraga, bahkan di akun ibu rumahtangga biasa. Diketik, dikirim, dibaca oleh semua orang. Tanpa filter, tanpa malu, tanpa sungkan, tanpa memikirkan perasaan pemilik akun.

Karena Lidah Berujung Petaka

Lidah memang tidak bertulang. Sakit karena luka fisik bisa sembuh dan berangsur hilang bekasnya. Namun luka karena tajamnya lidah bisa menerbitkan dendam pada hati orang lain. Lihat saja kasus AH (40) yang tega menghabisi satu keluarga manajer PT Domas di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara (22/10 lalu). Motif AH adalah sakit hati dan dendam karena badannya yang besar sering dihina oleh keluarga tersebut dengan sebutan 'gajah'. (Nakita.grid.id, 23/10)

Tengok pula apa yang motif yang mengantarkan seorang pemuda di Serang Baru, Bekasi dengan inisial AS (28) saat tega menghabisi nyawa temannya, AA (27). Semua bermula karena AA selalu mengejek bentuk fisik AS yang tidak sempurna. AS yang sudah terlanjur dendam dan gelap mata, tidak mampu berfikir panjang lagi saat menghabisi AA (18/02/2017) lalu. (tribunnews.id, 10/03/2017)

Mengakomodasi maraknya penghinaan verbal baik lisan maupun tulisan, kini pelaku penghinaan pada orang lain termasuk di dalamnya body shaming bisa dijerat oleh UU ITE. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU 19/2016).

Jenis penghinaan bisa dilihat di Pasal 315 KUHP, yang berbunyi:

"Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat pencemaran atau pencemaran tertulis yang dilakukan terhadap seseorang, baik di muka umum dengan lisan atau tulisan, maupun di muka orang itu sendiri dengan lisan atau perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan atau diterimakan kepadanya.."

Jika korban merasa terhina atas komentar orang lain secara lisan maupun tulisan lalu melakukan aduan, serta pelaku memenuhi seluruh unsur pidana dan telah melalui proses peradilan pidana, maka pelaku bisa diancam hukuman kurungan paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak 750 juta. Ancaman hukuman yang bukan main-main.

Mengatur Lidah dengan Syariat

Sebagai sebuah jalan hidup, Islam memiliki syariat yang rimbun, termasuk dalam perkara mengatur lidah. Lisan seseorang bisa menghantarkan pada neraka dan surga, tergantung pada perkataan apa yang keluar dari sana.

Sampai Allah SWT menurunkan firman di Q.S. Al Hujurat ayat 11, sebagai teguran bagi shahabat Thabit bin Qais bin Qammas ra. Thabit rajin mendatangi majlis ilmu Rasulullah SAW dan selalu duduk di depan karena keterbatasan pada pendengarannya. Suatu waktu Thabit terlambat datang ke majelis sehingga ia melangkahi beberapa shahabat yang datang sebelumnya supaya ia bisa duduk dekat dengan Rasul. Namun ada seorang shahabat lain yang tidak terima dilangkahi lalu menegur Thabit. Thabit kurang suka ditegur lalu ia menghina ibu dari shahabat yang menegurnya tadi, hingga sang shahabat merasa malu. Maka Allah menurunkan ayat ini untuk mengingatkan Thabit dan muslim lain dari bahaya mengolok-olok.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." [Q.S. Al Hujurat:11]

Dalam riwayat lain dijelaskan sebuah kisah tentang ejekan para shahabat yang melihat betis Abdullah Ibnu Mas'ud. Saat Rasulullah SAW berjalan bersama para shahabat, Ibnu Mas'ud menaiki pohon arak hendak memetik ranting untuk bersiwak Rasul. Saat menaiki pohon, air bertiup kencang, hingga tersibaklah betis Ibnu Mas'ud yang kecil. Para shahabat yang melihat itu sontak tertawa mengejek dan mengatakan betis Ibnu Mas'ud menyerupai perempuan.

Rasulullah marah melihat tingkah para shahabat, lalu menegur, ”Kalian menertawakan kedua betisnya yang kecil, demi Allah kedua betis Ibnu Mas’ud lebih berat dalam timbangan dibandingkan dengan gunung Uhud” [HR Muslim]

Dari dua riwayat tadi, jelas bahwa bahaya lidah bukan saja dari ghibah, dusta, dan berkata sia-sia. Mengomentari bentuk fisik maupun penampilan orang lain adalah hal tercela bagi seseorang yang mengimani Allah dan RasulNya, apalagi niatnya memang untuk mengejek dan menghina. Hadits “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam”, menjadi relevan dalam hal ini.

Bagi yang terbiasa mengomentari bentuk fisik dan penampilan orang lain, tentu butuh perjuangan untuk menghilangkannya. Mulai biasakan untuk menghilangkan kalimat pembuka percakapan yang orientasinya fisik. Saat bertemu dengan rekan kajian ataupun teman lama, daripada sibuk mengatakan bahwa pipinya makin tembem atau jerawatnya makin banyak, sibuklah melihat kebaikan dan memujinya.

Jika yakin dia telah berkeluarga dan memiliki anak, tanyakanlah kabar anak-anaknya, sudah usia berapa, sekolah di mana, sekarang sibuk melakukan aktivitas apa, dan hal lain yang membuatnya semangat menjawab pertanyaan kita. Namun jika kita tidak tahu apakah dia sudah berkeluarga dan memiliki anak, fokuslah menyatakan bahwa betapa anda merindukannya, bahwa mengingat masa lalu bersamanya membuat anda bahagia, atau tanyakan bagaimana pekerjaannya saat ini, apakah masih tinggal di rumah yang dulu, dan hal lain yang tidak berkaitan dengan fisik, keluarga, maupun anak.

Yuk, jaga lisan kita dari menyakiti orang lain. Tumbuhkan empati dan berkatalah yang baik. Bila tak sanggup melakukannya, maka diam adalah pilihan yang baik. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News
Iran: Pakistan Akan Membayar Mahal Karena Sembunyikan Jihadis yang Menewaskan Anggota IRGC

Iran: Pakistan Akan Membayar Mahal Karena Sembunyikan Jihadis yang Menewaskan Anggota IRGC

Ahad, 17 Feb 2019 22:15

Trump Desak Negara Eropa Ambil Kembali Warganya yang Bergabung dengan Islamic State

Trump Desak Negara Eropa Ambil Kembali Warganya yang Bergabung dengan Islamic State

Ahad, 17 Feb 2019 21:35

Debat Pilpres: Prabowo Menyerang, Jokowi Bertahan

Debat Pilpres: Prabowo Menyerang, Jokowi Bertahan

Ahad, 17 Feb 2019 19:21

3 Tentara AS Tewas dalam Serangan Bom Al-Shabaab di Pangkalan Militer Baledogle Selatan Somalia

3 Tentara AS Tewas dalam Serangan Bom Al-Shabaab di Pangkalan Militer Baledogle Selatan Somalia

Ahad, 17 Feb 2019 12:25

Fajar Hidayah Raih Silver Medal dari Dubes Republik Ceko

Fajar Hidayah Raih Silver Medal dari Dubes Republik Ceko

Ahad, 17 Feb 2019 12:12

Talkshow Bencana RUU P-KS di Medan

Talkshow Bencana RUU P-KS di Medan

Ahad, 17 Feb 2019 11:48

Erdogan: Turki Tidak Akan Batalkan Perjanjian Pembelian Rudal S-400 Rusia

Erdogan: Turki Tidak Akan Batalkan Perjanjian Pembelian Rudal S-400 Rusia

Ahad, 17 Feb 2019 11:35

Bahan Infrastruktur Dalam Negeri yang Kurang Diperhatikan

Bahan Infrastruktur Dalam Negeri yang Kurang Diperhatikan

Ahad, 17 Feb 2019 11:01

Jenderal Joseph Votel: Islamic State Masih Jauh dari Dikalahkan

Jenderal Joseph Votel: Islamic State Masih Jauh dari Dikalahkan

Ahad, 17 Feb 2019 10:45

AILA Edukasi Masyarakat untuk Tolakan RUU P-KS di Beberapa Kota

AILA Edukasi Masyarakat untuk Tolakan RUU P-KS di Beberapa Kota

Ahad, 17 Feb 2019 09:52

Harapan Pengamat ke Pemimpin akan Datang Kelola Infrastruktur

Harapan Pengamat ke Pemimpin akan Datang Kelola Infrastruktur

Ahad, 17 Feb 2019 09:01

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Ahad, 17 Feb 2019 08:36

Ketika Bangun Infrastruktur tidak Tengok Kiri dan Kanan

Ketika Bangun Infrastruktur tidak Tengok Kiri dan Kanan

Ahad, 17 Feb 2019 07:01

Dianggap Menuding, BPN Tantang TKN sebut Nama

Dianggap Menuding, BPN Tantang TKN sebut Nama

Ahad, 17 Feb 2019 05:01

Remaja Melek Politik, Jadi Sasaran Politisi?

Remaja Melek Politik, Jadi Sasaran Politisi?

Ahad, 17 Feb 2019 01:17

Tubuhku Milikku, Paham Rusak yang Diselipkan pada RUU P-KS?

Tubuhku Milikku, Paham Rusak yang Diselipkan pada RUU P-KS?

Ahad, 17 Feb 2019 00:59

TKN Sindir Ketum PAN, Wasekjen Menjawab

TKN Sindir Ketum PAN, Wasekjen Menjawab

Sabtu, 16 Feb 2019 23:25

Kepastian Hukum jika Prabowo-Sandi Terpilih

Kepastian Hukum jika Prabowo-Sandi Terpilih

Sabtu, 16 Feb 2019 22:25

SOHR Klaim Pasukan Dukungan AS Rebut Kantong Terakhir yang Dikuasai Islamic State di Timur Suriah

SOHR Klaim Pasukan Dukungan AS Rebut Kantong Terakhir yang Dikuasai Islamic State di Timur Suriah

Sabtu, 16 Feb 2019 22:15

Butuh Kepemimpinan Kuat Berantas Mafia

Butuh Kepemimpinan Kuat Berantas Mafia

Sabtu, 16 Feb 2019 21:25


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X