Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.312 views

Tahan Lidah dari Body Shaming

Oleh: Eresia Nindia W

"Wah lama gak jumpa, sekarang makin buncit aja ya.."

Celetukan di atas jamak ditemui di masyarakat kita. Kalimat basa-basi yang dimaksudkan untuk membuka percakapan, namun bermuatan body shaming. Bentuk tubuh, ukuran tubuh, keadaan wajah, bentuk anggota badan, warna kulit, hingga jenis rambut pun tidak luput untuk dikomentari. Kurang lengkap rasanya sebuah perjumpaan jika tidak ada komentar atas fisik. Tidak peduli lagi bila yang dikomentari merasa tidak nyaman bahkan sakit hati.

Body shaming adalah bentuk dari tindakan mengejek/menghina dengan mengomentari fisik (bentuk maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang.

Dahulu, komentar atas fisik orang lain terjadi dalam percakapan verbal dan tatapmuka. Di reuni, di arisan, di pos ronda, di mamang sayur. Saat ini, saat sosial media menggeser artikulasi verbal manusia dengan ketikan pada kolom status dan komentar, body shaming menjadi tidak terkendali.

Dahulu, komentar atas fisik orang lain terjadi pada orang yang saling kenal satu sama lain. Antar rekan kuliah, tetangga, teman satu sekolah, teman kantor, orangtua murid. Sekarang, saat sosial media sanggup menguliti bilik paling pribadi manusia, body shaming bisa dilontarkan dengan mudah oleh siapa pun di internet. Semua warganet bisa melakukan body shaming di akun selebritas, model, asatidz, chef, atlit olahraga, bahkan di akun ibu rumahtangga biasa. Diketik, dikirim, dibaca oleh semua orang. Tanpa filter, tanpa malu, tanpa sungkan, tanpa memikirkan perasaan pemilik akun.

Karena Lidah Berujung Petaka

Lidah memang tidak bertulang. Sakit karena luka fisik bisa sembuh dan berangsur hilang bekasnya. Namun luka karena tajamnya lidah bisa menerbitkan dendam pada hati orang lain. Lihat saja kasus AH (40) yang tega menghabisi satu keluarga manajer PT Domas di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara (22/10 lalu). Motif AH adalah sakit hati dan dendam karena badannya yang besar sering dihina oleh keluarga tersebut dengan sebutan 'gajah'. (Nakita.grid.id, 23/10)

Tengok pula apa yang motif yang mengantarkan seorang pemuda di Serang Baru, Bekasi dengan inisial AS (28) saat tega menghabisi nyawa temannya, AA (27). Semua bermula karena AA selalu mengejek bentuk fisik AS yang tidak sempurna. AS yang sudah terlanjur dendam dan gelap mata, tidak mampu berfikir panjang lagi saat menghabisi AA (18/02/2017) lalu. (tribunnews.id, 10/03/2017)

Mengakomodasi maraknya penghinaan verbal baik lisan maupun tulisan, kini pelaku penghinaan pada orang lain termasuk di dalamnya body shaming bisa dijerat oleh UU ITE. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU 19/2016).

Jenis penghinaan bisa dilihat di Pasal 315 KUHP, yang berbunyi:

"Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat pencemaran atau pencemaran tertulis yang dilakukan terhadap seseorang, baik di muka umum dengan lisan atau tulisan, maupun di muka orang itu sendiri dengan lisan atau perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan atau diterimakan kepadanya.."

Jika korban merasa terhina atas komentar orang lain secara lisan maupun tulisan lalu melakukan aduan, serta pelaku memenuhi seluruh unsur pidana dan telah melalui proses peradilan pidana, maka pelaku bisa diancam hukuman kurungan paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak 750 juta. Ancaman hukuman yang bukan main-main.

Mengatur Lidah dengan Syariat

Sebagai sebuah jalan hidup, Islam memiliki syariat yang rimbun, termasuk dalam perkara mengatur lidah. Lisan seseorang bisa menghantarkan pada neraka dan surga, tergantung pada perkataan apa yang keluar dari sana.

Sampai Allah SWT menurunkan firman di Q.S. Al Hujurat ayat 11, sebagai teguran bagi shahabat Thabit bin Qais bin Qammas ra. Thabit rajin mendatangi majlis ilmu Rasulullah SAW dan selalu duduk di depan karena keterbatasan pada pendengarannya. Suatu waktu Thabit terlambat datang ke majelis sehingga ia melangkahi beberapa shahabat yang datang sebelumnya supaya ia bisa duduk dekat dengan Rasul. Namun ada seorang shahabat lain yang tidak terima dilangkahi lalu menegur Thabit. Thabit kurang suka ditegur lalu ia menghina ibu dari shahabat yang menegurnya tadi, hingga sang shahabat merasa malu. Maka Allah menurunkan ayat ini untuk mengingatkan Thabit dan muslim lain dari bahaya mengolok-olok.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." [Q.S. Al Hujurat:11]

Dalam riwayat lain dijelaskan sebuah kisah tentang ejekan para shahabat yang melihat betis Abdullah Ibnu Mas'ud. Saat Rasulullah SAW berjalan bersama para shahabat, Ibnu Mas'ud menaiki pohon arak hendak memetik ranting untuk bersiwak Rasul. Saat menaiki pohon, air bertiup kencang, hingga tersibaklah betis Ibnu Mas'ud yang kecil. Para shahabat yang melihat itu sontak tertawa mengejek dan mengatakan betis Ibnu Mas'ud menyerupai perempuan.

Rasulullah marah melihat tingkah para shahabat, lalu menegur, ”Kalian menertawakan kedua betisnya yang kecil, demi Allah kedua betis Ibnu Mas’ud lebih berat dalam timbangan dibandingkan dengan gunung Uhud” [HR Muslim]

Dari dua riwayat tadi, jelas bahwa bahaya lidah bukan saja dari ghibah, dusta, dan berkata sia-sia. Mengomentari bentuk fisik maupun penampilan orang lain adalah hal tercela bagi seseorang yang mengimani Allah dan RasulNya, apalagi niatnya memang untuk mengejek dan menghina. Hadits “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam”, menjadi relevan dalam hal ini.

Bagi yang terbiasa mengomentari bentuk fisik dan penampilan orang lain, tentu butuh perjuangan untuk menghilangkannya. Mulai biasakan untuk menghilangkan kalimat pembuka percakapan yang orientasinya fisik. Saat bertemu dengan rekan kajian ataupun teman lama, daripada sibuk mengatakan bahwa pipinya makin tembem atau jerawatnya makin banyak, sibuklah melihat kebaikan dan memujinya.

Jika yakin dia telah berkeluarga dan memiliki anak, tanyakanlah kabar anak-anaknya, sudah usia berapa, sekolah di mana, sekarang sibuk melakukan aktivitas apa, dan hal lain yang membuatnya semangat menjawab pertanyaan kita. Namun jika kita tidak tahu apakah dia sudah berkeluarga dan memiliki anak, fokuslah menyatakan bahwa betapa anda merindukannya, bahwa mengingat masa lalu bersamanya membuat anda bahagia, atau tanyakan bagaimana pekerjaannya saat ini, apakah masih tinggal di rumah yang dulu, dan hal lain yang tidak berkaitan dengan fisik, keluarga, maupun anak.

Yuk, jaga lisan kita dari menyakiti orang lain. Tumbuhkan empati dan berkatalah yang baik. Bila tak sanggup melakukannya, maka diam adalah pilihan yang baik. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Pembangunan rumah korban banjir Tasikmalaya ini masih butuh dana 14 juta rupiah untuk. Rumah ini sangat dibutuhkan warga sekitar untuk menimba ilmu agama, ibadah, aqidah, tajwid, tahfizh, akhlaq...

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

Di dalam harta kita terdapat hak orang lain, maka wajib hukumnya bagi umat Islam untuk mengeluarkan zakat. Di dalam zakat itu ada senyum masa depan fakir miskin yatim dan dhuafa....

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Robohhhh Diterjang Banjir. Ayo Bantu..!!!

Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Robohhhh Diterjang Banjir. Ayo Bantu..!!!

Diterjang banjir bandang, rumah sekaligus markas pengajian Ustadz Wahyudin roboh. Taklim diliburkan, puluhan santri berduka. Dibutuhkan dana Rp 60 juta untuk membangunnya dengan tembok permanen....

Latest News
Virus Islamophobia di Balik Stigma Radikal

Virus Islamophobia di Balik Stigma Radikal

Kamis, 13 Dec 2018 22:08

Pasukan Penjajah Israel Tankap Bocah Palestina Berusia 6 Tahun di Hebron

Pasukan Penjajah Israel Tankap Bocah Palestina Berusia 6 Tahun di Hebron

Kamis, 13 Dec 2018 21:16

2019, Siapa Yang Menang?

2019, Siapa Yang Menang?

Kamis, 13 Dec 2018 19:42

21 Tahanan Islamic State Melarikan Diri dari Penjara di Irak Utara

21 Tahanan Islamic State Melarikan Diri dari Penjara di Irak Utara

Kamis, 13 Dec 2018 17:15

Doa Khusus Hari Jum'at ini Boleh Diamalkan?

Doa Khusus Hari Jum'at ini Boleh Diamalkan?

Kamis, 13 Dec 2018 17:06

Bom 212, Teror Terhadap Elektabilitas Jokowi

Bom 212, Teror Terhadap Elektabilitas Jokowi

Kamis, 13 Dec 2018 16:05

Saat BlackPink Dibela, Petisi Peduli Generasi Dihina

Saat BlackPink Dibela, Petisi Peduli Generasi Dihina

Kamis, 13 Dec 2018 14:02

Erdogan: Turki Akan Luncurkan Operasi Militer Terhadap YPG di Suriah dalam Beberapa Hari

Erdogan: Turki Akan Luncurkan Operasi Militer Terhadap YPG di Suriah dalam Beberapa Hari

Kamis, 13 Dec 2018 12:00

Setara Institute Sebut Jakarta Kota Intoleran, Fahira: Mungkin Karena Kasus Penodaan Agama Ahok

Setara Institute Sebut Jakarta Kota Intoleran, Fahira: Mungkin Karena Kasus Penodaan Agama Ahok

Kamis, 13 Dec 2018 11:40

[VIDEO] BPJPH Tak Berfungsi, Pemerintah Didesak Tugaskan MUI Urus Halal

[VIDEO] BPJPH Tak Berfungsi, Pemerintah Didesak Tugaskan MUI Urus Halal

Kamis, 13 Dec 2018 11:28

Targetkan Ribuan Pengunjung Wahdah Islamiyah Gelar Ummat Fest 2018

Targetkan Ribuan Pengunjung Wahdah Islamiyah Gelar Ummat Fest 2018

Kamis, 13 Dec 2018 11:05

Interpol Hapus Nama Syaikh Yusuf Al-Qaradawi dari Daftar Buronan

Interpol Hapus Nama Syaikh Yusuf Al-Qaradawi dari Daftar Buronan

Kamis, 13 Dec 2018 11:00

Sukamta: Pemerintah Cina Harus Hormati Keyakinan Warga Muslim Uyghur

Sukamta: Pemerintah Cina Harus Hormati Keyakinan Warga Muslim Uyghur

Kamis, 13 Dec 2018 10:52

Setelah Tolak Perda Syariah, Kini PSI Tolak Praktik Poligami

Setelah Tolak Perda Syariah, Kini PSI Tolak Praktik Poligami

Kamis, 13 Dec 2018 10:44

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Kamis, 13 Dec 2018 09:57

Kenapa e-KTP Kelebihan Cetak? Ada Penggelembungan Data?

Kenapa e-KTP Kelebihan Cetak? Ada Penggelembungan Data?

Rabu, 12 Dec 2018 22:31

Berkali-kali Kasus Tercecernya e-KTP

Berkali-kali Kasus Tercecernya e-KTP

Rabu, 12 Dec 2018 21:31

31 Juta DPT, Politisi: Pemilu 2019 Terduga tidak Jujur

31 Juta DPT, Politisi: Pemilu 2019 Terduga tidak Jujur

Rabu, 12 Dec 2018 20:31

Seorang Pengacara di Mesir Ditangkap Karena Kenakan 'Rompi Kuning' yang Dilarang

Seorang Pengacara di Mesir Ditangkap Karena Kenakan 'Rompi Kuning' yang Dilarang

Rabu, 12 Dec 2018 19:00

Pemberontak Syi'ah Houtsi dan Pemerintah Yaman Setujui Pertukaran 15.000 Lebih Tahanan

Pemberontak Syi'ah Houtsi dan Pemerintah Yaman Setujui Pertukaran 15.000 Lebih Tahanan

Rabu, 12 Dec 2018 18:15


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X