Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.477 views

Tingkatkan Solidaritas Anak Muda untuk Palestina, Adara Dukung Millennial Peacemaker Festival

JAKARTA (voa-islam.com)--Mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menumbuhkan kepedulian pada kondisi Palestina saat ini merupakan tugas kita bersama. Untuk itu, guna meningkatkan solidaritas anak muda Indonesia untuk Palestina, Adara Relief International (Adara) mendukung acara Millennial Peacemaker Festival (MPF) yang digelar oleh 7 (tujuh) komunitas pemuda pecinta Palestina.

MPF merupakan rangkaian acara pembuka dari puncak acara ‘Solidarity for Peace’ pada 29 November 2020. Acara yang diselenggarakan secara virtual ini bisa ditonton melalui platform zoom dan kanal media sosial Adara. 

Dalam acara yang dilaksanakan pada 27 dan 28 November 2020, MPF menghadirkan beragam talkshow bersama para tokoh terkemuka di kalangan millennial. Dihadiri oleh ratusan peserta dari banyak kota di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri, MPF mengajak para peserta untuk berkontribusi untuk Palestina melalui karya. 

Talkshow bertema “Aku Bisa Apa?” di hari perdana MPF digelar, menghadirkan 7 (tujuh) perwakilan komunitas yang mengajak para peserta untuk memanfaatkan potensi diri secara optimal guna membantu rakyat Palestina.

Senada dengan tema tersebut, pada hari kedua, MPF menghadirkan Amer Zahr, seorang komedian keturunan Arab-Palestina yang tinggal di Amerika Serikat. Dalam perbincangan yang penuh semangat, Amer berpesan, “Lakukan hal kecil untuk Palestina setiap hari. Bagikan apa pun tentang Palestina di sosial media yang kamu miliki. Tidak melulu mengenai politik, tapi bisa juga tentang tariannya, makanannya, agar orang lain terbiasa tentang Palestina.”

Permasalahan Palestina bukan hanya milik rakyat Palestina saja. Masalah Palestina adalah isu kemanusiaan sehingga keterlibatan generasi millennial yang menjadi mayoritas penduduk di dunia sangat dibutuhkan. 

Salah satu tujuan diselenggarakannya MPF adalah mengajak para millennial berkontribusi untuk Palestina melalui karya. Seperti halnya para narasumber talkshow inspiratif yang berjuang untuk Palestina melalui karya-karya mereka. 

Abdur Arsyad, seorang komika asal Indonesia, berbicara soal isu kemanusiaan di Palestina dan bagaimana tanggung jawab kita menanggapi hal tersebut. “Bukan masalah Palestina dibantu apa tidak, tapi kita membantu apa tidak? Karena yang akan ditanya Allah adalah apa yang kamu berikan ketika Palestina diporakporandakan? Maka dari itu, terus saja berjuang dan menyuarakan mengenai Palestina,” ungkap Abdur. 

Hadir pada kesempatan ini, Dodi Hidayatullah, seorang musisi yang mengajak para millennial untuk jangan takut menyuarakan kebaikan. “Riya adalah masalah hati kita dengan Allah. Yang menjadi poin adalah kita harus bangga dengan kebaikan kita," jelas Dodi.

Dodi juga memberikan gambaran mengenai pentingnya berdakwah melalui media sosial. Adanya media sosial bisa dijadikan sebagai wasilah untuk kebaikan. Saat sebagian besar millennial berkumpul di berbagai platform media sosial, maka di situlah dakwah dan isu-isu positif harus disebarkan. 

Lebih lanjut Dodi mengungkapkan, “Pembuat konten di Indonesia jumlahnya banyak, namun kita masih bergerak sendiri-sendiri. Kaum milenial harus berkontribusi positif dengan caranya dan jangan kaku. Hal ini untuk menghalau pemahaman-pemahaman yang keliru soal kepalestinaan,” tambah Dodi. 

Konten-konten humanis salah satunya komik mengenai Palestina, bisa menjadi salah satu edukasi yang menarik bagi para milenial. 

Handri Satria Handjaya, kreator komik Muhammad Al Fatih, mengawali karier dari kegemarannya akan karakter super hero. Ia kemudian berdakwah melalui komik-komik yang ia terbitkan sehingga anak muda khususnya, memiliki bacaan yang mengandung kebaikan.

“Zaman sekarang banyak kaum millennial yang ingin buru-buru viral. Namun sebenarnya, mereka butuh panutan karena apa yang ada di internet tidak semua baik,” ungkap Satria. 

Adanya karya-karya dari kreator-kreator muslim dalam bentuk apa pun sangat dibutuhkan. Karya ini bisa menjadi panutan dan contoh bagi anak muda. “Semoga karakter-karakter pahlawan yang saya buat dalam komik bisa dilihat kepribadiannya. Serta dicontoh kepemimpinannya.” tambah Satria.

Dalam acara ini juga, terdapat berbagai kompetisi  yang melombakan karya-karya bertema Palestina. Mulai dari Tiktok Competition, Short Video Competition, Poster Competition, Microblog Competition, Songwriting Competition, dan Comic Competition.

Acara ini mengedepankan pesan dan harapan agar para millennial bisa menggunakan media sosial dan teknologi dengan baik karena akan ada pertanggungjawaban dari setiap individu, baik di dunia maupun di akhirat. Kontribusi para millennial untuk kemerdekaan rakyat Palestina adalah suatu keniscayaan yang mutlak diperlukan saat ini.

Adara Relief International (Adara) adalah lembaga penyalur bantuan Palestina, khususnya untuk perempuan dan anak-anak Palestina yang merupakan pihak paling rentan terdampak penjajahan di wilayah tersebut. Adara didirikan pada 14 Februari 2008 atas inisiasi Alm. Ustazah Yoyoh Yusroh. Adara menghimpun dukungan Indonesia untuk Palestina melalui tiga kegiatan utama yang dilakukan sepanjang tahun, yaitu sosialisasi, edukasi, dan donasi yang digalang melalui 22 komunitas binaan yang tersebar di seluruh Indonesia, Gerakan Koin, media online dan acara-acara offline yang diselenggarakan.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X