Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Didesak Mundur, Marzuki Siap Menjawab Tuntutan

Berita Terkait

1.693 views

Didesak Mundur, Marzuki Siap Menjawab Tuntutan

JAKARTA (SuaraMedia News) - Ketua DPR Marzuki Alie diminta mundur dari jabatannya. Hal itu diungkapkan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW), Abdullah Dahlan, saat membacakan laporan sejumlah elemen masyarakat yang mengadukan Marzuki Alie ke Badan Kehormatan DPR, Kamis (11/3/2010) di Gedung DPR, Jakarta.

 

Marzuki, menurut catatan mereka, telah melakukan beberapa hal yang dinilai tidak layak dan tidak bisa menempatkan dirinya sebagai ketua lembaga perwakilan rakyat.

"Kami meminta kepada Ketua DPR Marzuki Alie untuk dengan sukarela mengundurkan diri sebagai Ketua DPR," kata Abdullah membacakan sikap koalisi beberapa LSM.

Fraksi Partai Demokrat juga diminta mengajukan pergantian Ketua DPR Marzuki Alie dengan anggota Fraksi Demokrat yang lain, yang dinilai lebih memiliki kecakapan dan kemampuan menjadi Ketua DPR.

"Jika poin 1 dan 2 itu tak dilaksanakan, kami mengusulkan agar anggota DPR mengajukan mosi tidak percaya kepada Ketua DPR Marzuki Alie," kata Abdullah.

Sementara itu, Badan Kehormatan diminta untuk memanggil dan memeriksa Marzuki Alie karena dianggap telah merusak citra dan kehormatan institusi DPR.

"Kalau juga tidak bisa dilaksanakan, DPR bisa meminta dilakukan rapat paripurna luar biasa dengan agenda pemakzulan terhadap Ketua DPR Marzuki Alie," ujarnya. Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePi) Jeirry Sumampouw mengungkapkan, apa yang disampaikan sejumlah LSM perlu segera ditindaklanjuti oleh Badan Kehormatan. "Kalau tidak, bisa merusak kredibilitas DPR," ujar Jeirry.

Sementara itu Ketua DPR Marzuki Alie mengaku siap menjawab tuntutan sejumlah aktivis, yang mendesak dirinya mundur dari jabatan.

Dia siap melakukan klarifikasi. “Sampaikan saja bahwa saya siap buka pintu berdiskusi tentang tuntutan mereka, agar tidak terjadi salah pemahaman,” ujar Marzuki.

Marzuki menegaskan kesiapannya itu berlaku kapan saja, menunggu kesiapan para aktivis itu menemuinya.


“Nggak baik menuntut sesuatu sebelum klarifikasi. Kejadian di internal DPR itu menyangkut RT DPR walaupun bisa saja masyarakat melaporkan ketidakpuasan,” tutur dia.


Sejumlah aktivis dari berbagai elemen masyarakat di antaranya, Lima Indonesia, Formappi, ICW, KRHN, SSS dan KIPP mendesak Ketua DPR Marzuki Alie mundur dan digantikan oleh kader Partai Demokrat yang lain. Marzuki dianggap tidak becus memimpin parlemen.


Totok Sudiarto, salah seorang aktivis dari Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), dalam pertemuan dengan perwakilan Badan Kehormatan DPR pagi ini, mengatakan, terdapat sembilan tindakan Marzuki yang telah menyebabkan citra dan kehormatan DPR sebagai institusi tercoreng.


Antara lain, secara sepihak menyatakan DPR menyetujui rencana kenaikan gaji para menteri. Padahal, masalah itu belum pernah dibahas di internal DPR. Marzuki juga secara sepihak membatalkan rapat kerja Komisi IX dengan Menteri Kesehatan Endang Rahyu Sedyaningsih, dan juga rapat kerja Komisi VIII dengan Menteri Agama.

Selain itu, Marzuki Alie pernah mengikuti pertemuan dengan sejumlah petinggi negara di Istana Bogor dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanpa koordinasi. (km/ok) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X