Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Hamas Buka Mulut Atas Kepalsuan Isi Surat Untuk Obama

Berita Terkait

1.840 views

Hamas Buka Mulut Atas Kepalsuan Isi Surat Untuk Obama

TEPI BARAT (Berita SuaraMedia) - Pejabat Hamas bersikeras bahwa surat-surat yang dikirim ke Presiden AS Barack Obama hanya berisi sikap resmi gerakan ini untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina.

Mengulangi pernyataan sebelumnya oleh juru bicara Mahmoud Az-Zahhar, wakil Departemen Luar Negeri pemerintah de facto Ahmad Yousef mengatakan kepada kantor berita Ma'an bahwa surat itu merinci sikap Hamas pada kembalinya pengungsi Palestina, deklarasi negara Palestina pada tahun 1967 perbatasan dan kebutuhan bagi pemerintah AS untuk mengambil langkah-langkah praktis untuk mengakhiri blokade di Gaza.

Desakan ini mengikuti laporan di media Israel mengatakan Hamas mengulurkan tangan untuk Obama dan berjanji mengakui negara Israel di bawah kondisi tertentu yang tidak ditentukan.

Pejabat itu mengatakan keputusan untuk menghubungi Obama didasarkan pada gerakan positif yang dibuat oleh presiden selama kunjungannya ke Kairo dan Ankara. "Kami ingin memberi tahu Obama bahwa kami ingin rekonsiliasi, persatuan, dan stabilitas politik Palestina," katanya.

"Kami lebih suka berbicara dengan Obama langsung, bukan menunggunya membaca tentang sikap Hamas dari media barat atau melalui laporan intelijen AS," kata Yousef.

Langkah itu lebih dimaksudkan untuk memberitahukan AS bahwa Hamas tidak bisa lagi secara politis dikesampingkan karena gerakan ini merupakan "bagian nyata dari rakyat Palestina," kata pejabat pemerintah de facto. Pemilihan umum, Yousef mengatakan, menunjukkan bahwa Hamas adalah representasi dari rakyat Palestina, dan partisipasi dalam dialog politik adalah penting untuk mencapai stabilitas politik di wilayah ini.

Berbicara pada kunjungan Munib Al-Masri ke daerah kantong pantai, konglomerat Palestina yang memimpin Koalisi Nasional Palestina, Yousef mengatakan perjalanan itu penting, membawa saran baru pada pencapaian kesepakatan yang komprehensif dalam persatuan Palestina.

Al-Masri yang sebelumnya mengunjungi Gaza pada pertengahan April di mana dia bertemu dengan Haniyeh dan kemudian menyampaikan saran kepada Otoritas Palestina di Ramallah, kata Yousef.

"Al-Masri memiliki hubungan baik dengan semua pihak termasuk Mesir, Fatah, dan Hamas dan hubungan ini dapat membantu ia membuat (kemajuan dalam pembicaraan persatuan)."

Namun Hamas membantah bahwa dalam surat terdapat detail apa pun yang berhubungan dengan kesepakatan gencatan senjata. Jurubicara Hamas, Taher An-Nunu mengatakan dalam siaran berita Senin:

"Pemerintah mengirim surat kepada presiden AS Barack Obama beberapa bulan yang lalu menyerukan untuk mengakhiri pengepungan Israel dan mengakhiri standar ganda (Amerika) sementara berurusan dengan masalah Palestina."

Komentar An-Nunu datang setelah sebuah laporan dalam bahasa Ibrani harian Yedioth Ahronoth mengatakan Perdana Menteri Hamas Ismail Haniyeh telah menulis ke Obama baru-baru ini mengatakan Hamas siap untuk "mengakui Israel dalam perbatasan 1967 dengan imbalan perjanjian gencatan senjata."

An-Nunu membantah klaim Yedioth, mengatakan surat itu "termasuk permintaan Obama untuk mengubah kebijakannya terhadap rakyat Palestina dan hak-hak mereka."

An-Nunu mengatakan surat itu tidak menyimpang dari kebijakan pemerintah resmi, yang mengajarkan pada Hamas hak untuk melawan Israel, bersenjata atau tidak, sampai Israel menarik diri dari area yang diduduki setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967.

Sebelumnya, pada Januari silam Hamas juga melakukan bantahan serupa atas kabar berita Israel yang mengatakan bahwa gerakan Islam tersebut siap menerima “hak negara” Israel untuk berdiri. Harian Jerusalem Post menambahkan bahwa Dr. Aziz Dwaik, perwakilan senior Hamas di Tepi Barat sekaligus juru bicara Dewan Legislatif Palestina, juga menyatakan bahwa Hamas siap untuk menghapuskan isi piagamnya yang menyerukan penghancuran Israel.

Di situs internet Hamas, Dwaik kemudian mengatakan bahwa laporan tersebut tidak akurat. Menurutnya, Hamas tidak akan pernah mengakui penjajahan terhadap tanah Palestina. Dr. Dwaik meluruskan keterangannya, ia mengatakan bahwa yang dia katakan kepada Abrahams adalah, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) telah menghapuskan isi piagamnya menyusul kesepakatan dengan Israel, namun rakyat Palestina tidak mendapatkan keuntungan dari langkah tersebut.

Negara-negara Arab dan masyarakat internasional mendesak Hamas untuk menerima syarat Kuartet Timur Tengah agar diakui sebagai partai politik yang sah dan bukan organisasi teroris.

Kondisi tersebut adalah: "Penolakan kekerasan, pengakuan hak Israel untuk eksis dan komitmen terhadap seluruh perjanjian yang ditandatangani oleh PLO dan Israel," Lembaga Studi Keamanan Uni Eropa mengatakan dalam sebuah laporan bulan Maret mengenai keterlibatan Hamas.

Status Hamas yang dituding sebagai organisasi teroris telah menyebabkan tangan Amerika Serikat terikat di mana keterlibatan dengan Hamas itu dicemaskan. Sampai AS mengubahan kriteria untuk terorisme internasional, yang tampaknya tidak mungkin, atau Hamas memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Kuartet Timur Tengah, akan sulit bagi AS untuk melibatkan diri dalam setiap upaya diplomatik dari Hamas. (iw/mn/pn/sm) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X