Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Jadi Tersangka Suap, Sekretaris Kemenpora Ucap

Berita Terkait

2.131 views

Jadi Tersangka Suap, Sekretaris Kemenpora Ucap "Alhamdulillah"

JAKARTA (Berita SuaraMedia) - Sekretaris Kemenpora Wafid Muharam tak banyak berkomentar saat dibawa keluar dari Gedung KPK untuk ditahan di Rutan Cipinang, Jumat (22/4/2011) malam. Wafid ditahan sebagai tersangka penerima suap terkait pembangunan Wisma Atlet di Palembang yang masih berada di kawasan Jakabaring Sport City.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah," ujar Wafid. Ia tidak menggubris cercaan pertanyaan yang diajukan sejumlah wartawan yang mencegatnya. Saat keluar gedung KPK, Wafid membawa sajadah merah dan kitab suci Alquran.

Ia ditahan setelah penyidik KPK memeriksanya hampir selama 20 jam sejak ia ditangkap Kamis malam. Selain Wafid, petugas KPK juga menahan Mirdo Rosalina Manulang yang diduga sebagai perantara dan Mohammad El Idris, pejabat rekanan perusahaan yang memberi suap. Wafid Muharam ditahan di Rutan Cipinang, Mirdo Rosalina di Rutan Pondok Bambu, dan Mohammad El Idris di Rutan Salemba.

Wafid keluar sekitar pukul 20.00 WIB. Dua belas menit kemudian, Mohammad El Idrus dan Mirdo Rosalina keluar, dan tidak sepatah kata pun keluar dari mereka berdua. Bahkan Mohammad menutupi mukanya dari sorotan kamera wartawan.

Dalam kesempatan penahanan Wafid Muharam bersama oknum pengusaha dan perantara, KPK juga meralat inisial 3 tersangka yang tertangkap tangan tersebut, yakni WM (Sesmenpora), MRM (broker, tadinya ditulis R), dan MEI (pengusaha, tadinya ditulis MIU).

"Untuk kepentingan pengembangan penyidikan, tiga tersangka ditahan selama 20 hari ke depan," tutur Jubir KPK Johan Budi SP, ketika dihubungi, Jumat (24/4/2011) malam.

Wafid kembali menenteng sajdah dan Al-Quran ketika dibawa masuk ke mobil tahanan. Petinggi di Kemenpora ini keluar meninggalkan kantor KPK pada pukul 20.01 WIB. 15 menit kemudian, MRM dan MEI menyusul dengan menumpang mobil tahanan yang berbeda.

Wahid ditahan di Rutan Cipinang, MRM ditahan di Pondok Bambu dan MI di Salemba. Berdasar penelusuran yang dilakukan, si pengusaha bernama Mohammad El Idris, dan si broker bernama Mirdo Rosalina Manulang.

Wafid Muharam dijeat pasal 5 ayat 2 dan pasal 12 a UU 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. Dia terancam lima tahun penjara karena dugaan penerimaan suap dan gratifikasi.

Johan mengatakan, para Tersangka diduga melakukan tindak pidana korupsi suap menyuap terkait dengan pembangunan wisma atlet di Jaka Baring, Sumatera Selatan. Para tersangka, lanjutnya, ditangkap oteh penyidik KPK pada hari Kamis. 21 April 2011, sekitar pukul 19.00WIB di gedung Kemenpora, Jakarta. Tersangka ditangkap karena diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap menyuap.

"Penyidik KPK juga menemukan 3 lembar cek tunai dengan jumlah kurang lebih sebesar 3,2 milyar rupiah di lokasi penangkapan," papar Johan.

WM disangkakan melakukan pelanggaran Pasal 12 huruf a dan atau Pasal 5 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang PemberantasanTindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik IndonesiaNomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sedangkan MRM dan MEI disangkakan melakukan pelanggaran pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pada penyelenggaraan Sea Games di Palembang, pemerintah telah memakai anggaran tahun 2010 sebesar Rp200 miliar untuk pembangunan wisma atlet, dan Rp34 miliar untuk pembangunan Stadion Jakabaring. Sementara dana yang telah digunakan dari anggaran 2011, adalah sebesar Rp125 miliar.

Jumlah pembangunan gedung ini di luar biaya penyelenggaraan SEA Games. Total anggaran untuk pelaksanaan SEA Games ditaksir mencapai Rp480,5 miliar untuk pembangunan venue, persiapan teknis, pembangunan sarana prasarana dan wisma atlet. Saat ini, pemerintah baru mengantongi dana sebesar Rp624 miliar. (fn/km/dt/vs) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X