Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
500 Muslim Paling Berpengaruh Di Muka Bumi, Siapa Mereka?

Berita Terkait

3.094 views

500 Muslim Paling Berpengaruh Di Muka Bumi, Siapa Mereka?

AMMAN  (Berita SuaraMedia) – Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan  di Yordania dan Universitas Georgetown baru saja merilis sebuah buku berisi 500 Muslim paling berpengaruh di seluruh dunia dengan tujuan untuk membantu masyarakat memahami berbagai cara Islam dan Muslim mempengaruhi dunia hari ini.

"Sekelompok peneliti menyelidiki siapa Muslim yang paling berpengaruh di luar sana," ujar Dr. John Esposito, profesor studi Islam dan agama di Universitas Georgetown dan penulis buku tersebut, kepada IslamOnline.net.

"Persoalannya bukan tentang seberapa ortodoksnya mereka. Kriterianya adalah seberapa berpengaruhnya orang-orang ini dalam bidang masing-masing."

Buku berjudul "500 Muslim Paling Berpengaruh – 2011" ini diawali dengan daftar 50 Muslim paling berpengaruh, kemudian menyurvei 450 Muslim terkemuka lainnya dalam 15 kategori, mulai politik, media, seni, sains dan pembangunan, namun tanpa ranking.

Menempati sepuluh posisi teratas adalah para pemimpin politik dan agama.

Berada di urutan pertama sebagai Muslim paling berpengaruh di seluruh dunia adalah Raja Saudi Abdullah bin Abdelaziz, penanggung jawab dua Masjid Suci. Diikuti oleh pemimpin agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei, Raja Abdullah II dari Yordania dan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.

Imam Besar Al Azhar Sheikh Mohammad Sayyed Tantawi, Sheikh Yusuf Qaradawi, kepala Persatuan Akademi Muslim Internasional, dan ulama Mesir Ali Gomaa juga berhasil masuk ke sepuluh besar.

Setiap nama dalam daftar itu dilengkapi dengan biografi singkat.

"Buku ini tidak hanya untuk kaum Muslim tapi juga non-Muslim yang tidak tahu banyak tentang Islam dan dunia Muslim serta keragamannya," ujar Esposito.

Buku tersebut telah dirilis oleh Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan Yordania bekerjasama dengan Pusat Pemahaman Muslim-Kristen Pangeran Alwaleed bin Talal Universitas Georgetown dan diedit oleh profesor Esposito serta profesor Ibrahim Kalin dari universitas itu.

Penulis buku memperkirakan timbulnya kritik karena kata pengaruh adalah sebuah konsep yang rumit.

"Ketika saya menyebutkan daftar ini  kepada semua orang yang saya kenal, banyak dari mereka yang memberitahu saya bahwa tak peduli apa pun yang saya lakukan, kritik pasti akan muncul," ujar profesor Esposito.

"Kami telah menerima reaksi positif, tapi juga ada yang mengekspresikan kekhawatiran tentang mengapa si ini dan itu tidak dimasukkan," akunya.

"Ada juga yang mengatakan bahwa nama tertentu dalam daftar itu tidak memiliki pengaruh."

Esposito mengatakan bahwa mereka yang tidak sependapat bahwa raja Saudi adalah Muslim paling berpengaruh harus melihat kerajaan itu bukan hanya sebagai tempat kelahiran Islam dan rumah bagi dua situs tersucinya, melainkan juga sebagai pemain ekonomi di tingkat dunia.

"Siapa pun yang menjadi raja Saudi adalah orang yang berpengaruh karena negara itu memiliki pengaruh."

Ia juga membela fakta bahwa daftar itu penuh dengan kepala negara dan pemerintahan.

"Itu hal yang alami karena beberapa dari orang itu memiliki pengaurh karena mereka adalah pemimpin."

Esposito juga memperkirakan bahwa nama-nama seperti Osama bin Laden, pemimpin Al Qaeda, dan Ayman Al Zawahiri, tangan kanannya, akan membuat banyak orang  heran.

"Ini bukan tentang apakah kita menyukai orang itu atau tidak. Ini tentang pengaruh yang mereka miliki, bahkan jika itu adalah pengaruh yang kurang baik."

Kaum wanita memiliki kategorinya sendiri dalam buku itu. (rin/io) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X