Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.937 views

Terwujudnya Pemerintahan Koalisi Hamas dan Fatah di Palestina

RAMALLAH (voa-islam.com) - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan , dia mengharapkan pemerintah bersama Fatah dan Hamas akan diumumkan pada 2 Juni , sebagai kesepakatan persatuan kedua belah pihak yang bersepakat bulan lalu, ujarnya, Sabtu, 30/5/2014.

Abbas bertemu dengan aktivis perdamaian Perancis di kota Ramallah, Tepi Barat, di mana Fatah dan Hamas bertujuan membentuk pemerintahan berdaulat, ujarnya. Abbas mengatakan : “Kami akan mengumumkan pemerintah lusa , maka akan terbentuk teknokrat dan independen”, tambahnya

Tak satu pun dari anggota pemerintah persatuan yang akan menjadi dari Fatah , yang memerintah Tepi Barat yang diduduki Israel, atau Hamas , yang memegang kekuasaan di Jalur Gaza, kata Abbas. Pemerintahan baru yang merupakan cerminan Fatah dan Hamas itu, benar-benar akan diisi oleh para teknokrat, dan tidak berafiliasi kepada Fatah atau Hamas.

Juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan dia tidak bisa mengkonfirmasi bahwa semua rincian akan selesai pada hari Senin.

Kedua belah pihak melihat manfaat dengan terjadinya kesatuan sikap dan terwujudnya pemerintahan independen. Meskipun perbedaan pendapat sebelumnya menghalangi mereka mencapai pemerintahan independen selama bertahun-tahun. Kesepakatan itu akan menghentikan pertikaian dan keretakan antara Fatah dan Hamas pada tahun 2007.

Di bawah blokade ketat yang dikenakan oleh Israel dan Mesir, Hamas berjuang untuk menopang perekonomian Gaza dan membayar 40.000 pegawai sipil yang hidup di Gaza. Abbas ingin mendapatkan dukungan domestik sejak runtuhnya pembicaraan damai yang ditengahi AS dengan Israel bulan lalu.

ISRAEL MENGANCAM BOIKOT

Israel menghentikan negosiasi dengan Abbas segera setelah ia mengumumkan kesepakatan persatuan itu yang dicapai tanggal 23 April . Abbas telah mengatakan akan memberlakukan sanksi ekonomi terhadap pemerintah Fatah dan Hamas.

Abbas mengatakan Israel memberitahu kami hari ini, dan mereka akan memboikot kami jika kami mengumumkan pemerintah . Abbbas mengatakan Zionis akan melakukan tindakan yang lebih luas, dan terus menghalangi terbentuknya pemerintahan persatuan nasional. Israel juga akan meminta Amerika dan Uni Eropa tidak mengakui pemerintahan yang merupakan hasil kesepakatan antara Fatah dan Hamas. Tetapi, langkah-langkah yang diambil oleh Israel itu hampir mustahil, dan Mahmud Abbas telah meminta dukungan interansional.

Seorang pejabat Palestina mengatakan Israel telah menolak permintaan oleh tiga warga Palestina Gaza yang disebut sebagai menteri untuk menghadiri pelantikan pemerintahan baru di Tepi Barat .

Israel menahan pendapatan pajak bulan lalu , sebagai balasan atas Abbas penandatanganan kesepakatan dengan organisasi internasional , langkah Israel mengatakan perundingan perdamaian dirusak oleh Abbas. Dalam sambutannya pada hari Sabtu, Abbas mengatakan pemerintah bersama dengan Hamas akan terus mematuhi kebijakan tentang mengakui Israel , meskipun kelompok itu menegaskan tidak akan mengubah kebijakan sendiri menolak keberadaan Israel .

Abbas meminta Perdana Menteri Rami Hamdallah pada hari Kamis untuk memimpin pemerintah persatuan baru, meskipun Fatah dan Hamas masih belum bersepakat. Ini merupakan sebuah sejarah baru dengan terwujudnya pemerintahan baru yang mencerminkan adanya persatuan antara Fatah dan Hamas. (afgh/wb/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X