Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.254 views

Kerjasama Obama, Putin, Bashar al-Assad Menghadapi ISIS

DAMASKUS (voa-islam.com) - Dengan berakhirnya tahun  2014 , tampaknya Barat mengalihkan perhatian sebagian besar ancaman dari Presiden Suriah Bashar al-Assad kepada ISIS.

Dengan beralihnya perhatian Barat ini, dan kemungkinan dengan perubahan sikap Barat itu, Barat dan Assad bisa melakukan kebijakan bersama menghadapi ISIS.

Para analis mengatakan dorongan propaganda besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir ini, nampaknya  melihat posisi Assad sebagai alternatif menghadapi  kelompok ISIS. Di mana ISIS sekarang menguasai sejumlah wilayah yang luasa di Suriah dan Irak .

Asad yang menyuarakan peringatan tentang ancamann  ISIS, sejak pada awal 2013, melalui sebuah wawancara dengan Sunday Times.

Bashar al-Assad  mencoba  mengusik “perasaan dan jiwa pemimpin Barat” dengan wawancara di surat kabar, stasiun TV Inggris dan Amerika. Ini  benar-benar membingungkan.

“Rezim Bashar al-Assad telah mengambil keuntungan dari eksisten ISIS, dan tidak diragukan lagi," Muddassar Ahmed, seorang analis hubungan politik dan publik yang berbasis di London, mengatakan kepada Al Arabiya News.

“Bashar al-Assad  ingin dunia melihat bahwa dia sekuler, moderat dan hanya dia adalah satu-satunya alternatif yang kredibel dalam menghadapi  ISIS”.

Sebelumnya, Assad telah dikenal menggunakan sejumlah pelobi di pusat-pusat kekuasaan ibukota Negara-negara  Barat, dan mendorong para penguasa Barat agar menjaga dia.

 Menurut laporan  yang ada, Assad  menggunakan Brown Lloyd James (BLJ),  untuk membantu memperbaiki citra rezim al-Assad di tengah kemarahan global. Hal ini, bersamaan tindakan Bashar al-Assad yang sangat brutal selama terjadikan pembrontakan rakyatanya ,  awal dari 2011.

Namun, kebrutalan Bashar al-Assad, tenggelam bersamaan kampanye Barat terhadap ISIS, sejak  tahun 2014, dan apa yang disebut oleh Barat tentang kebrutalan ISIS sekarang dalam sorotan oleh media internasional.

Serangan  dan pemenggalan terhadap  sandera asing, kelompok  oposisi dan minoritas, kemudian membuat ISIS menjadi  musuh koalisi pimpinan AS itu. AS menggerakkan 70  negara menghadapi ISIS.Ini sebuah kampanye yang paling besar sejarah dalam menghadapi kelompok ‘teroris’ yang dijalankan oleh AS.

Antara Dua ‘Iblis’ dan Barat.

Dunia dibikin geger sejak proklamasi Khilafah, pada 29 Juni, rezim Bashr al-Assad mulai tidak lagi dipandang sebagai ancaman, dan segala tindakan rezimm Syi’ah itu, dipandang bukan sebagai sebuah kejahatan, meskipun sekarang sudah lebih dari 300.000 rakyatnya yang tewas di tangan Assad.

"Assad dapat menampilkan dirinya sebagai rezim yang lebih lunak, dan bukan rezim yang melakukan kejahatan dan menjadi ancaman Barat, dibandingkan dengan ISIS. Justru Assad dipandang sebagai solusi”, ujar Dr. Joseph A. Kéchichian, sejarawan Barat.

Tahun 2014 ini, nampaknya Barast lebih  melihat ISIS sebagia ancaman yang sangat serius, sesudah kota Mosul dan sejumlah kota lainnya jatuh ke tangan ISIS.

Namun, rezim al-Assa berperan  dengna meningkatnya peran ISIS, sejak sebelum revolusi Suriah, karena  diduga Bashar al-Assad melepaskan banyak pemimpin ISIS dari penjara Assad.

"Pada tahun 2011, sebagian besar pimpinan ISIS dibebaskan dari penjara oleh Bashar al-Assad," ungkap Mohammed al-Saud, seorang oposisi Suriah dengan Koalisi Nasional untuk Revolusi Suriah dan Pasukan Oposisi kepada Newsweek awal tahun ini.

Aron Lund, editor Suriah dalam Krisis, sebuah situs yang digunakan oleh Carnegie Endowment untuk memantau perang, mengatakan kepada surat kabar: “Rezim Bashar al-Assad telah melakukan pekerjaan yang baik dalam mengubah revolusi Islam”, tehasnya.

Meminggirkan ancaman Assad

Sekarang dengan serangan udara koalisi yang menargetkan ISIS sejak Agustus, hanya menggambarkan perubahan sikap Barat terhadap Assad, dan mengesampingkan ancaman Bashar al-Asssa bagi Barat.

“Amerika Serikat dan sekutunya berkonsentrasi pada ISIS, sementara tidak secara signifikan mendukung alternatif yang moderat kelompok di Suriah," Dr Walid Phares, penasihat Kongres AS di Timur Tengah, mengatakan kepada Al Arabiya News.

Memang, dukungan AS terhadap oposisi moderat melawan Assad tampaknya mulai kurang jelas.  Awal bulan ini, Hadi al-Bahra, pemimpin Kolaisi  Nasional, kelompok oposisi Suriah, mengatakan rencana Barat untuk melatih dan melengkapi senjata para kelompok oposisi yang moderat di Suriah tidak akan dilaksanakan akhir Februari 2015. 

ISIS mencapai keberhasilan militer Maret 2013, ketika mengambil alih kota Suriah Raqqa. Pada Januari 2014 itu mengambil alih Fallujah, di provinsi Anbar, Irak barat. Namun, kemajuan ISIS menaklukan kota-kota Irak, seperti Mosul, Samarra dan Tikrit pada Juni 2014, membuat dunia internasional, khususnya Barat menggigil ketakutan.

“Sebelum 2014, Barat telah mengabaikan ISIS untuk waktu yang lama”, kata Ahmed. “Mereka tidak melihat mereka sebagai ancaman yang nyata. Butuh waktu lama bagi Barat mengalahkan  ISIS”.

Sebuah dorongan bagi Assad?

Berakhirnya tahun 2014, menurut analis mengatakan perang pimpinan AS terhadap ISIS,  dan dapat  menjadi dorongan pasukan rezim Suriah mengalahkan oposisi di Suriah. Karena kekuatan  oposisi, semakin melemah bersamaan dengan beralihnya perhatian Barat dari Bashar al-Assad kepada ISIs.

"Tidak diragukan lagi rezim Suriah akan mendapatkan keuntungan dari perang melawan ISIS, perang melawan ISIS oleh koalisi internasional,  dan Barat tidak lagi fokus  hanya kepada rezim Suriah”,  kata satu sumber keamanan Lebanon, yang telah melakukan kontak dekat dengan pejabat Suriah, kepada kantor berita Reuters.

Hal ini bersamaan dengan  pengundurun diri Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel. Pada bulan Oktober, ia memperingatkan bahwa Assad telah mengambil “manfaat” dari serangan udara yang dipimpin AS. Meskipun Hagel menambahkan bahwa Washington sedang mengejar strategi jangka panjang, menentang setiap peran Assad di Suriah masa depan. 

Chuck Hagel telah memperingatkan bahwa Assad akan mengambil  “manfaat” dari serangan udara yang dipimpin AS. (Reuters). Namun, sebulan kemudian bocornya kecaman Hagel terhadap strategi jangka panjang ini, dan menjadi berita utama dan diikuti oleh pengunduran dirinya.

Phares mengatakan jika "tidak segera ada perubahan signifikan terjadi dalam kebijakan luar negeri AS terhadap Suriah, maka tahun 2015, akan melihat perluasan yang terus menerus operasi ISIS di negara itu”.

Ini sebagian besar akan mengorbankan kaum moderat dari Tentara Suriah dan kelompok sukarelawan, dan sementara rezim Assad akan memperkuat posisinya di Damaskus dan timur laut”.

Bergabung?

Korban konflik dan perang di Suriah, hingga 2 Desember 2014, sudah lebih dari 300.000 jiwa yang tewas,  sejak protes anti-Assad meletus pertama pada Maret 2011.

Namun, para pejabat Suriah selalu mengangkat tentang ancaman ISIS yang menyebar di Irak dan Suriah sebagai “bukti” bahwa mereka telah berjuang melawan “teroris”, bukan melawan para  pengunjuk rasa atau kekuatan oposisi.

September 2014, pemerintah Suriah melakukan terobosan  pada prospek kemitraan ‘counterterror’ dengan Amerika Serikat, menyusul ancaman Presiden Barack Obama untuk "menurunkan dan menghancurkan" ISIS.

Dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan kelompok ooposisi di Suriah, Putin menyerukan kepada para pemimpin seluruh dunia untuk melawan ISIS dan Jabhah al-Nusrah.

Jadi seluruh dunia, berlangsung kolaborasi antara Barat, Rusia, Negara-negara Arab melawan ISIS, bukan lagi menghadapi rezim Bashal al-Assad yang  sudah melakukan kejahatan kemanusiaan. (dimas/aby/voa-islam.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X