Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.146 views

Kematian Tokoh Khorasan Sanafi al-Nasr, dan Perubahan Kekuatan di Suriah?

DAMASKUS (voa-islma.com) – Dikabarkan mantan pemimpin kelompok Al-Qaeda yaitu Kelompok Khorasan dinyatakan tewas oleh Washington dalam serangan udara koalisi di Suriah, ungkap pejabat Pentagon, Minggu, 18/10/2015.

Washington menyatakan keberhasilannya dalam serangan udara yang menewaskan Sanafi al-Nasr. Sanafi al-Nasr, pejuang Al-Qaeda, dan warga negara Arab Saudi, dinyatakan terwas dalam serangan udara di barat laut Suraiha, Kamis, tegas pejabat Pentagon.

Al-Nasr juga dikenal sebagai Abdul Mohsen Abdullah Ibrahim al-Sharikh.Sementara itu, Menteri Pertahanan Amerika, Carter : menyatakan, "Operasi ini memberikan pukulan yang signifikan terhadap rencana kelompok Khorasan yang bertujuan menyerang Amerika Serikat dan sekutu-sekutu kami," kata Ash Carter dalam sebuah pernyataan, Sabtu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau berbasis di Inggris, telah melaporkan kematian al-Nasr, Jumat. Obeservaorium memperefikasi atas kematian al-Nasr, dan mengatakan bahwa al-Nasr tewas dalam serangan di provinsi Aleppo.

Al-Nasr - juga dikenal sebagai Abdul Mohsen Abdullah Ibrahim al-Sharikh – masuk dalam daftar khusus sebagai "teroris global” oleh Departemen Keuangan AS pada tahun 2014.

Sebelumya, al-Nasr dilaporkan tewas beberapa waktu lalu, namun laporan itu palsu. "Amerika Serikat tidak akan menghentikan misinya menghancurkan Al-Qaeda dan sisa-sisa kekuatannya", tambah Carter.

Pentagon menjelaskan al-Nasr sebagai tokoh “jihad" yang paling terkemuka, dan membobilisasi pejuang Al-Qaeda dan mengatakan ia adalah anak kelima pemimpin senior kelompok Khorasan yang tewas dalam empat bulan terakhir.

Washington terus memburu dan memerangi kelompok Khorasan yang dikatakan sel Al-Qaeda, dan dituduh merencanakan serangan di Barat.

Para pejabat Pentagon mengatakan Khorasan adalah bagian dari cabang Al-Qaeda, termasuk Jabhah Al-Nusra, meskipun para ahli dan aktivis meragukan perbedaan antara kedua kelompok.

Dalam wawancara September, Presiden AS Barack Obama memasukan dalam daftar kelompok Khorasan sebagai "ancaman langsung pada Amerika Serikat," memperingatkan bahwa "orang-orang itu bisa membunuh orang Amerika."

Anggota Khorasan telah melakukan perjalanan dari Asia Tengah dan sampai ke Timur Tengah, serta masuk ke Suriah untuk merencanakan serangan terhadap Barat, Amerika Serikat mengatakan. Pentagon mengatakan al-Nasr terlibat dalam gerakan jihad yang sangat menakutkan.

Al-Nasr, tahun 2012, terlibat dalam pengelolaan pendanaan Al-Qaeda dan setahun kemudian pindah ke Suriah, kata AS. Dia juga bertanggung jawab memindahkan dana dari negara donor di Teluk untuk pemimpin Al-Qaeda, ungkap pejabat Pentagon.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan al-Nasr tewas bersama dua anggota senior Jabhah Al-Nusra senior, ketika serangan udara menghantam mobil mereka.

Pada bulan Juli, Pentagon mengatakan telah diambil Muhsin al-Fadhli, pemimpin kelompok Khorasan, dalam "serangan" yang bersifat rahasia, sementara ia sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan dekat kota Suriah barat laut Sarmada. Amerika sebagai pemimpin koalisi 'iblis' akan terus memerangi para jihadis.

Kematian al-Nasr tidak akan berdampak serius bagi gerakan jihad di Suriah, karena gerakan jihad di kawasan itu, memiliki kepemimpinan yang belapis. Amerika, Rusia, dan Iran berkomplot kelompok  jihad yang sekarang menjadi ancaman bagi kepentingan Rusia, Amerika, dan Iran di kawasan itu.

Maka Rusia, Amerika, dan Iran bersekutu melawan gerakan jihad yang terus berkembang, dan menggerakan seluruh mesin perangnya. Sekalipun upaya yang dilakukan oleh Rusia, Amerika, dan Iran tidak akan banyak mempengaruhi dan sprektrum gerakan jihad  yang semakin besar itu.  (afgh/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X